Jangan Ngaku Pecinta Hot Wheels Kalau Belum Tahu Fakta Ini
23
Jan
0 Comment Share Likes 102 View

Mobil-mobilan Hot Wheels (HW) sudah sangat terkenal dan mudah ditemui. Selain toko mainan, mobil-mobilan ini bahkan ada di toko buku, supermarket, dan mini market.

Pada tahun 1968, perusahaan mainan asal Amerika bernama Mattel adalah produsen dan yang pertama kali memperkenalkan HW. Umumnya mobil-mobilan ini merupakan replika dari mobil asli dengan skala 1:64, 1:43, 1:18 dan 1:50. Namun tak jarang HW juga memproduksi mobil-mobil khayalan atau fantasi.

Nah, bagi para kolektor HW, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu disimak.

Katalog Tahunan Hot Wheels

Kita tidak akan menemukan dua mobil mainan HW yang sama persis. Hal ini karena HW akan selalu memproduksi mobil mainan yang berbeda-beda tiap tahunnya. Perbedaan itu bisa kamu lihat pada warna cat atau ban yang digunakan. Karenanya, HW memutuskan selalu merilis katalog tahunan yang berisi model-model mobil mainan HW yang terbagi sesuai kategorinya.

Hot Wheels Limited Edition yang Dirilis dalam Momen Tertentu

Mobil mainan produksi HW yang dianggap spesial salah satunya adalah Hot Wheels 2011 Dan Wheldon. Mobil mainan ini dirilis untuk memperingati tewasnya pembalap Dan Wheldon. Selain itu kelebihannya yang membuat model ini unik adalah justru memiliki ban karet layaknya mobil asli.

Hot Wheels dengan Kesalahan/Cacat Produksi

Kecacatan produksi terkadang tidak dapat dihindari. Menariknya, kecacatan produksi ini malah diburu para kolektor HW karena dianggap unik. Cacat produksi pada HW misalnya tidak adanya tulisan, gambar, kaca, ban, dan lain-lain.

Hot Wheels Treasure Hunt

Tahun 1995, Hot Wheels mulai memproduksi seri Treasure Hunt (T-Hunt) dan menjadi tren mengoleksi HW. Seri ini hanya dirilis sebanyak 10.000 unit di seluruh dunia. Kemudian jumlah HW seri ini terus meningkat karena banyaknya permintaan.

Tiap tahunnya label HW seri ini dipasang berbeda-beda. Misalnya ada yang ditandai dengan garis hijau bertuliskan "T-Hunt" atau "Treasure Hunt" atau

ada gambar kotak harta karun di kemasannya. Sejak tahun 2013, seri Treasure Hunt dapat dikenali dengan adanya logo lingkaran lidah api khas Hot Wheels pada badan mobilnya.

Hot Wheels Super Treasure Hunt

Apa bedanya seri Super Treasure Hunt dengan seri Treasure Hunt? Perbedaannya ada pada ban mobil mainan ini. Seri Super Treasure Hunt atau THS berbahan karet dan menggunakan cat doff atau glossy yang lebih gelap. Velg roda juga terlihat lebih realistik. Sudah pasti, seri ini menjadi incaran yang lebih berharga bagi para kolektor HW.

Mengoleksi HW

Pemaparan sebelumnya tentang beberapa seri Hot Wheels adalah contoh-contoh yang dapat dikoleksi dari produk mobil mainan ini. Orang-orang yang mengoleksi Hot Wheels tidak hanya oleh anak-anak, bahkan orang dewasa juga. Harga mobil mainan ini umumnya berkisar dua puluhan ribu rupiah. Bisa segera meroket menjadi ratusan ribu  bahkan jutaan jika model tersebut unik, sudah tidak lagi diproduksi atau tidak lagi dipasarkan.

SAMPAIKAN KOMENTAR