Jangan Ngaku Kolektor Kalau Belum Tahu 7 Merek Diecast Mobil Terbaik Ini
23
May
2019
0 Comment Share Likes 2320 View

Para car enthusiast yang menggemari mobil pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Diecast. Diecast bukan hanya sebuah mainan mobil-mobilan, tetapi juga sebuah miniatur mobil dengan detil yang menyerupai mobil aslinya, sehingga banyak orang menjadikannya barang koleksi. Harganya pun beragam, bahkan ada yang ratusan juta rupiah, lho! Bagi Mas bro yang ingin ikut mengoleksi diecast ini, mari simak terlebih dahulu beberapa merek diecast mobil terbaik yang bisa dijadikan koleksi!

  1. Hot Wheels

Hot Wheels adalah salah satu merek diecast yang paling terkenal di Indonesia. Diecast ini pertama kali diciptakan oleh Elliot Handler, salah satu pembuat mainan di perusahaan mainan terkemuka, Mattel, pada Januari 1968. Merek Hot Wheels ini sudah berumur 50 tahun, lho! Produk pertama yang dikeluarkan hot wheels adalah diecast model Custom Camaro, kemudian, muncul beberapa model hot wheels lainnya, seperti Barracuda, Corvette, Mustang, hingga Deora. 16 mobil pertama yang dikeluarkan oleh hot wheels ini disebut sebagai “the original 16” atau “sweet sixteen”.

Hot Wheels menyediakan berbagai diecast dengan berbagai ukuran, misalnya 1:64,1:24 hingga 1:18 dengan detil dan fitur yang menarik, seperti pintu dan kap mesin yang bisa dibuka. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp20 ribuan hingga ratusan juta rupiah, tergantung dari detil dan ukuran diecast itu sendiri. Hot wheels termahal yang pernah dijual adalah hot wheels dengan model Rear-loading Volkswagen Beach Bomb warna merah muda tahun 1969 yang dijual dengan harga US$72.000 atau sekitar 939 juta rupiah. Hot wheels termahal ini dibeli oleh Bruce Pascal, salah satu kolektor hot wheels paling terkenal di Amerika, yang diklaim memiliki sekitar 3.500 jenis hot wheels biasa dan sekitar 175 jenis hot wheels limited edition. Wow!

  1. Tomica

Selain Hot Wheels, ada juga diecast dengan merek Tomica. Diklaim memiliki kelas yang sama dengan hot wheels, Tomica adalah merek dari salah satu produsen mainan besar asal Jepang. Tomica pertama kali diluncurkan pada tahun 1970 oleh perusahaan mainan Tomy Kogyo Company Inc. yang memang khusus membuat mainan diecast untuk anak-anak. Sejak awal kemuculannya, mobil-mobil keluaran Tomica dikenal karena kemampuannya yang detail dalam membuat diecast mobil. Awalnya, mereka hanya membuat 6 jenis mobil, yaitu Toyota Corona Mark II, Datsun Bluebird SSS Coupe, sedan polisi Toyota Crown, Toyota Crown Super DL, Toyota 2000 GT, dan Datsun Fairlady.

Tak hanya menjadi favorit di Jepang, Tomica juga berhasi menembus pasar Amerika. Skala model yang dikeluarkan oleh Tomica kebanyakan adalah ukuran 1:65, meskipun mereka juga mengeluarkan beberapa model dengan skala ukuran 1:154 dan 1:25.

Mobil diecast yang dikeluarkan Tomica memang terlihat sedikit lebih detil dibandingkan dengan Hot Wheels, namun hal ini ternyata berdampak pada harga diecast-nya yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan hot wheels.

Tomica membagi seri-seri diecast-nya ke dalam beberapa jenis, seperti seri premium yang detilnya lebih bagus, seri Tomica Dream yang memunculkan mobil-mobil di anime semacam Initial D, Tomica Reguler yang membuat mobil-mobil yang umum seperti Honda Jazz, Suzuki Wagon R hingga Toyota Avanza, dan Tomica Limited Vintage yang menampilkan koleksi mobil-mobil vintage terkenal.

  1. Matchbox

Matchbox diproduksi dan dipasarkan pertama kalinya pada tahun 1953 oleh Lesney Products dan pertama kali diciptakan oleh Jack Odell. Mainan ini sendiri terinspirasi dari Anne, putri Odell. Di sekolah Anne ketika itu terdapat larangan untuk membawa mainan yang tidak bisa masuk ke dalam sebuah kotak korek api. Makanya, pada tahun 1952, Odell membuat sebuah miniatur road-roller dari Aveling Barford berwarna merah dan hijau mengkilap. Teman-teman sebaya Anne sangat tertarik dengan mainan ini dan akhirnya Odell memutuskan untuk memproduksi mainan ini secara massal bersama dengan Lesney Products.

Matchbox berada di bawah lisensi Inggris sebelum akhirnya dibeli dan diproduksi kembali oleh Mattel Inc., dan menjadi satu induk perusahaan dengan Hot Wheels. Harga yang ditawarkan oleh Matchbox, tidak jauh berbeda dari hot wheels, tetapi mobil-mobil matchbox memiliki ukuran yang relatif lebih kecil yaitu 1:75. Warna-warna yang dipilih untuk produk mobil Matchbox  sangat menarik, dan  salah satu hal yang mebedakan mereka dengan diecast merek lain adalah karena mereka juga mengeluarkan kendaraan berat seperti truk, Jeep, hingga mobil derek. Pada tahun 1999, ada beberapa model mobil Matchbox yang berhasil dijual dengan harga yang cukup fantastis, yaitu model Mercedes-Benz 250SL berwarna hijau apel yang dijual dengan harga 4100 Poundsterling dan model Vauxhall Victor berwarna merah yang dijual dengan harga 3000 Poundsterling.

Halaman selanjutnya

  1. Bburago

Pabrik Bburago sudah memproduksi diecast sejak tahun 1976 di Italia. Diecast ini pertama kali diperkenalkan oleh para penemu perusahaan Bburago, yaitu Mario, Ugo dan Martino Besana. Salah satu diecast keluaran Italia ini memang terkenal dengan presisi dan kedetilan produknya yang digadang-gadang hampir 100% menyerupai aslinya. Dalam membuat mainannya, Bburago juga menggunakan komposisi diecast metal dan plastik serta cat non-toxic yang ramah lingkungan dan aman bagi anak-anak.

Salah satu model mobil yang dikeluarkan Bburago pada awal kemunculannya adalah tru Fiat dengan skala 1:43. Terhitung sejak tahun 2015 hingga saat ini, Bburago memegang hak eksklusif untuk menggunakan model-model mobil Ferrari termasuk di dalamn ya tim balap Scuderia Ferrari.

  1. Autoart

Autoart adalah salah satu merek pembuat mainan diecast yang berasal dari Hongkong yang tergolong baru, karena baru berdiri pada tahun 1998. Seperti kebanyakan pembuat diecast, Autoart juga menawarkan diecast dengan presisi tinggi sehingga bentuknya mirip mobil aslinya. Memiliki kisaran ukuran 1:64 hingga 1:12, diecast merek ini membuat model mobil khusus, misalnya exotic car, sport car hingga super performance car.

Berbeda dengan diecast pada umumnya yang kebanyakan terbuat dari metal, mobil-mobil Autoart ini justru terbuat dari plastik khusus, walaupun rangka dan lapisan dalamnya tetap terbuat dari metal. Penggunaan plastik membuat cat menjadi lebih halus dan lebih tahan lama dibandingkan dengan penggunaan bahan metal.

Yang menarik, Autoart membuat beberapa diecast yang luar biasa detil hingga ke bagian dalam mesin dan detil-detil kecil seperti lubang grill yang dibuat berlubang seperti mobil aslinya. Namun hal ini tentu berdampak pada harga diecast yang bisa mencapai hingga jutaan rupiah.

  1. Maisto

Merek diecast yang tidak kalah keren tetapi memiliki harga yang tebilang murah adalah Maisto. Maisto pertama kali berdiri di tahun 1980-an dan awalnya memproduksi mainan sepeda motor. Maisto, yang saat ini termasuk bagian dari Grup May Cheong, salah satu grup yang memproduksi mainan replika atau miniatur, yang di dalamnya juga terdapat merek Bburago, adalah salah satu merek diecast yang patut diperhitungkan.

Pasalnya, Maisto diklaim memiliki detail mobil yang lebih baik dibandingkan dengan Bburago. Salah satu keunikan yang dimiliki Maisto adalah pada diecast ukuran besarnya yang rodanya bisa dibelokkan.

  1. Norev

Produk diecast merek Norev ini berasal dari Perancis dan pertama kali berdiri pada tahun 1946 oleh Veron bersaudara. Nama Norev sendiri diambil dari nama Veron yang dieja secara terbalik. Diecast buatan terlihat cukup rapi dalam produksinya. Kap mesin, pintu hingga bagasi di produk Norev bisa dibuka dan menarik para pecinta diecast dengan tampilan luarnya yang memukau. Bagi para kolektor yang menginginkan detil mobil yang cukup baik namun dengan harga dibawah Autoart, mobil-mobil Norev ini bisa menjadi salah satu pilihan.

Nah, itulah beberapa merek diecast mobil yang mendunia. Mas Bro mau koleksi juga?

1 2
SAMPAIKAN KOMENTAR