Jangan Manasin Mesin Kelamaan Kalau Nggak Mau Hal Ini Menimpa Mobil Lo

Jangan Manasin Mesin Kelamaan Kalau Nggak Mau Hal Ini Menimpa Mobil Lo

27Apr
INTERSPORT.ID ON 27 April 2017
INTERSPORT.ID ON 27 Apr 2017

Karena udah dilakukan secara turun temurun, manasin mobil udah jadi kegiatan wajib yang dilakukan banyak orang sebelum berkendara. Katanya sih gunanya buat mengurangi kebocoran kompresi dan membuat proses pembakaran jadi lebih sempurna.

Tapi, hal ini udah nggak berlaku lagi di zaman sekarang. Soalnya, mesin-mesinnya udah dirancang sedemikian rupa biar bisa langsung dipakai sehabis dinyalakan. Kalau kebiasaan kayak gini masih lo lakuin, siap-siap aja mobil lo kenapa-kenapa.

Nggak cuma boros bensin, manasin mobil kelamaan juga bisa bikin mesin gampang overheating. Apalagi kalau mobil lo udah berstandar emisi Euro 2 yang dilengkapi catalytic converter. Soalnya kalo terlalu panas, komponen penurun emisi ini jadi nggak bisa bekerja secara maksimal.

Walaupun nggak perlu dipanaskan, bukan berarti lo bisa langsung ngebut. Biar mesin lebih awet, jalankan mobil secara perlahan sampai indikator temperatur mesin menunjukkan pada posisi normal.

Mulai sekarang, ilangin deh tuh kebiasaan manasin mobil apalagi sampai kelamaan biar mobil lo nggak jadi rewel dan minta jajan yang macam-macam.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN