Jangan Malas Bilas Body Mobil yang Terkena Hujan, Atau Ini Akibatnya
07
Dec
0 Comment Share Likes 65 View

Musim hujan sudah datang. Bagi para pemilik mobil wajib waspada, terutama yang peduli dengan kesehatan eksteriornya.

Sudah bukan rahasia lagi, air hujan bisa dikatakan menjadi momok cat mobil. Guyuran hujan, apalagi yang cuma selewat, bisa membuat mobil kotor dan kering. Air hujan banyak mengandung garam dan kotoran-kotoran berukuran mikro dan sangat halus. Komposisi tersebut dinilai akan membuat warna cat mobil jadi pudar bahkan berkarat.

Air hujan memiliki tingkat keasaman yang lumayan tinggi. Jika air hujan dibiarkan menempel berlarut-larut di body mobil, bisa menimbulkan korosi.

Oleh karena itu, untuk melakukan perawatan mobil di saat musim hujan begini sebenarnya cukup mudah. Ketika hendak dibersihkan, jangan lantas dilap kering. Pertama bilaslah mobil dengan menyiram atau menyemprotnya dengan air bersih. Ini dilakukan agar debu-debu halus bisa hilang lebih dulu sebelum dilap kering atau dicuci dengan sabun.

Tapi yang perlu diperhatikan lagi adalah jangan mencucinya setiap hari. Cukup luangkan waktu sekitar 15-30 menit untuk sekedar membilas dan mengelapnya hingga kering.

Soal pencucian total, disarankan untuk melakukannya maksimal sebulan sekali saat musim hujan. Pencucian total yang dimaksud di sini adalah cuci steam. Banyak yang salah kaprah, karena ingin mobilnya tetap kinclong, cuci steam bisa seminggu sekali.

Membersihkan mobil dari siraman air hujan tidak cukup hanya pada bodynya saja. Lakukan detailing pada bagian lekuk-lekuk body yang perlu sentuhan juga. Misalnya engsel mobil, tepi bagasi, tepi pintu mobil, tepi kap mesin dan lainnya. Karena justru bagian-bagian tersebut penyakit mulai mudah timbul mengingat air hujan atau bekas cucian sering tertinggal

Pada intinya, jangan biarkan air hujan menempel di body mobil terlampau lama. Apalagi jika pembiaran dilakukan lebih dari tiga hari, bekasnya akan meninggalkan bekas pada body mobil. Bekas ini bisa dalam bentuk jamur, noda air bahkan karat.

Usahakan air hujan enyah secepatnya saat mobil sampai di rumah. Jika tidak sempat mencuci, bisa cukup dengan menyediakan lap mobil yang kini dijual di mana-mana. Sayang, kan? Cuma karena malas, body mobil tidak terawat dan untuk memperbaikinya butuh dana yang tidak sedikit. Huft ...

SAMPAIKAN KOMENTAR