Inilah Mobil Ramah Lingkungan Tahun 2018
04
Apr
0 Comment Share Likes 198 View

Pada Geneva Motor Show yang lalu, telah diumumkan mobil-mobil yang masuk ke dalam nominasi-nominasi yang diperlombakan salah satunya adalah nominasi untuk mobil paling ramah lingkungan atau disebut juga dengan World Green Car. Nominasi ini dipilih oleh 82 jurnalis dari 24 negara. Berikut adalah tiga mobil yang masuk dalam nominasi World Green Car 2018:

  1. BMW 530e iPerformance

Mobil ini memiliki teknologi hybrid dimana terdapat dua sumber energi yang digunakan untuk menjalankannya. Energi tersebut adalah energi listrik dan energi pembakaran bahan bakar menggunakan mesin empat silinder. Daya yang dihasilkan oleh mesin empat silinder turbochargednya adalah 180 hp sedangkan penggerak listriknya menghasilkan daya sebesar 95 hp. Namun, daya yang dihasilkan dari penggabungan keduanya adalah 250 hp.

Salah satu hal yang paling menarik dari mobil ini adalah memiliki tiga mode untuk mengendarainya. Yang pertama adalah mode Max eDrive dimana mobil dibuat menjadi murni mode elektrik yang bisa digunakan untuk jalan-jalan di jalanan kota tanpa adanya emisi lokal. Kecepatan maksimalnya terbatas hingga 140 km/jam.

Mode kedua adalah Auto eDrive dimana mobil bisa mengatur sumber energinya berdasarkan isi baterainya dengan parameter tenaga yang dibutuhkan pengemudi serta arah anginnya.

Mode ketiga adalah mode Battery Control. Pada mode ini, mobil menggunakan bensin sebagai energinya dan mengisi baterai mobil sekaligus. Mode ini yang paling jarang digunakan.

  1. Chrysler Pacifica Hybrid

Memiliki banyak anggota keluarga? Mobil Chrysler Pacifica Hybrid ini adalah mobil keluarga jenis mini van yang memiliki tenaga hybrid dimana teknologi ini mengkombinasikan tenaga listrik dengan tenaga dari bensin. Mobil ini dilengkapi dengan mesin V6 yang memiliki kapasitas 3.6 liter.

Bukan hanya karena mesinnya yang ramah lingkungan, besarnya kapasitas orang yang bisa masuk ke dalam mobil ini juga menjadi salah satu pertimbangan orang dalam membeli mobil ini. Ya, Chrysler Pacifica Hybrid ini mampu menampung hingga 7 orang di dalamnya dengan model 4 pintu.

Hanya dengan energi listrik saja, mobil ini bisa menempuh perjalanan hingga 30 mil atau sekitar 48 km jauhnya sebelum akhirnya membutuhkan bensin untuk bahan bakar mesin. Namun, kecepatan maksimal dari Chrysler Pacifica Hybrid ini hanya 110 mph

  1. Nissan LEAF

Nissan LEAF ini dikabarkan menjadi mobil listrik paling laris di planet Bumi sejak generasi pertamanya diluncurkan pada tahun 2010. Yang paling menarik dari mobil ini adalah jarak tempuhnya sekali baterai penuh hingga habis. Nissan LEAF mengklaim dirinya bisa menempuh jarak hingga 378 km dalam satu kali pengisian daya sampai penuh. Namun, ketika dicoba langsung pada kondisi suhu udara yang dingin, Nissan LEAF hanya bisa menempuh 174 km sekali pengisian daya. Bila tes dilakukan pada suhu udara yang normal, tentu saja jarak tempuhnya akan bisa lebih jauh lagi.

Hebatnya lagi, karena merupakan mobil listrik, maka Nissan LEAF tidak berisik dibandingkan dengan mobil bertenaga bensin yang biasa digunakan di Indonesia. Tidak ada sistem dimana mesin membakar bahan bakar dan memompa silindernya.

Mobil yang menggunakan energi listrik memang bisa dibilang jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan yang menggunakan bensin terutama karena tidak menghasilkan buangan berupa gas karbon seperti layaknya hasil pembakaran bensin. Namun sayangnya, jarak tempuh sekali pengisian daya masih terbatas. Jika diantara ketiganya dijual di Indonesia, kalian akan membeli yang mana?

Image source: https://www.nissan.ie

SAMPAIKAN KOMENTAR