Ini Dia yang Bikin Mobil Listrik Mampu Menghasilkan Torsi Maksimum di 0 RPM

Ini Dia yang Bikin Mobil Listrik Mampu Menghasilkan Torsi Maksimum di 0 RPM

03Dec
INTERSPORT.ID ON 03 December 2017
INTERSPORT.ID ON 03 Dec 2017

Pada umumnya mobil listrik emang enggak diasosiasikan dengan performa tinggi. Meski begitu, mobil listrik sanggup mencapai sesuatu yang enggak mampu dilakukan oleh mobil konvensional: torsi maksimum di 0 RPM. Keunggulan inilah yang kemudian bikin mobil listrik nyaman dikendarai di perkotaan.

Tapi, gimana sih caranya mobil listrik melakukan hal tersebut?

Seperti yang dijelaskan Jason Fenske di Enginerring Explained, mobil listrik enggak punya mesin, melainkan generator motor dan baterai untuk menyuplai energi. Seiring dengan merambatnya arus listrik melalui motor di dalam medan magnet, gaya dorong pun dihasilkan. Jadi semakin banyak arus yang dialirkan, semakin banyak pula motor akan berputar.

Apa yang dilakukan generator pun mirip-mirip, tapi dengan arah aliran listrik yang terbalik. Bukannya mengambil arus untuk memutar angker dinamo, angker dinamo diputar oleh perlambatan kendaraan. Hal tersebut dapat menghasilkan listrik yang digunakan untuk mengisi ulang baterai. Alhasil, motor bisa beralih antara memberi tenaga untuk mobil atau meregenerasi listrik secepat pengemudi menginjak dan melepas pedal gas.

Di RPM 0, semua listrik yang dihasilkan motor saat tenaga listrik diaplikasikan akan berubah menjadi torsi instan tanpa adanya back electromotive force yang mengurangi output-nya. Inilah yang bikin mobil listrik bisa tancap gas dengan cepat.

Nah, sekarang udah paham kan kenapa mobil listrik bisa menghasilkan torsi maksimum di 0 RPM?

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN