Ini Dia Komponen-komponen Utama Dari Kendaraan Listrik

Ini Dia Komponen-komponen Utama Dari Kendaraan Listrik

17Sep
INTERSPORT.ID ON 17 September 2017
INTERSPORT.ID ON 17 Sep 2017

Teknologi dasar yang memungkinkan adanya mobil bertenaga listrik sebenarnya udah ada sejak beberapa tahun lalu. Tapi, baru belakangan ini teknologi tersebut akhirnya bisa menghasilkan mobil yang aman, efisien, dan mampu menempuh jarak yang jauh. Dari sekian banyak komponen di mobil listrik, ini lima yang paling penting di antaranya!

  1. Baterai

Sebagai sumber energi utama, baterai tentu jadi bagian terpenting dalam mobil listrik. Selain lithium ion, senggaknya saat ini ada empat teknologi baterai listrik; yaitu solid state, aluminium ion, lithium sulfur, dan metal-air. Rata-rata baterai mobil listrik sekarang mampu bertahan sampai jarak 160 km dalam keadaan terisi penuh.

  1. Motor Controller

Motor controller mengatur pengoperasian mobil listrik sepenuhnya dan distribusi tenaga saat dibutuhkan. Sistem ini juga memonitor dan membantu menampilkan seluruh indikator performa; seperti operator kendaraan, motor, baterai, motor controller itu sendiri, pedal gas, dan lain-lain.

  1. Mesin Listrik

Mesin listrik bisa dirancang untuk menggunakan arus AC atau DC. Tapi, mesin listrik dengan arus AC cenderung lebih murah dan ringan dibanding yang menggunakan arus DC. Soal efisiensi, mesin listrik dengan arus AC juga lebih baik karena mampu mencapai 95% dibanding arus DC yang cuma 85% - 95%.

  1. Regenerative Braking

Dengan kapasitasnya yang mampu meningkatkan daya tempuh, regenerative braking udah diterapkan di mobil hybrid dan listrik yang ada saat ini. Saat regenerative braking bekerja, motor listrik bakal berada dalam mode reverse sehingga motor sendiri lah yang melakukan pengereman yang mencegah terbuangnya energi begitu aja.

  1. Sistem Gerak

Fungsi sistem gerak adalah mengirimkan energi mekanik ke traksi roda untuk membuat pergerakan. Jenis sistem gerak mobil listrik pun bermacam-macam, mulai dari menggabungkan motor listrik besar ke roda belakang, atau memasang motor-motor listrik kecil untuk menggerakkan masing-masing roda secara individual.

Nha, sekarang udah tau kan komponen-komponen dari mobil listrik? Lo sendiri lebih suka mobil listrik apa konvensional?

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN