Ini Alasan Kenapa Mesin Mobil Asal Jepang Biasanya Punya Jarak Tempuh Rendah
10
May
2 Comment Share Likes 5389 View

Kalau lo termasuk penggila modifikasi mobil, pastinya udah nggak asing sama yang namanya JDM engine. Mesin mobil hasil impor dari Jepang ini emang banyak dipilih sama modifikator mobil karena punya jarak tempuh yang rendah. Tapi, apa sih yang bikin JDM engine jarak tempuhnya bisa rendah kayak gitu?

Alasannya banyak. Pertama, punya mobil di Jepang itu biayanya mahal banget. Harga mobilnya sih biasa aja, tapi biaya bensin, parkir, tol, asuransi, dan perbaikannya yang mahal. Kedua, orang Jepang biasanya pakai mobil cuma buat jalan-jalan pas weekend. Buat ke kantor, mereka lebih milih naik kereta subway atau bullet train yang terkenal nyaman, tepat waktu, dan tiketnya nggak mahal.

Alasan berikutnya, pemilik mobil di Jepang harus mengikuti pemeriksaan yang namanya Shaken tiap dua tahun sekali. Biaya tes ini mahal banget, bisa sampai 30% dari harga mobil. Nggak cuma mahal, pemeriksaannya juga super ketat. Kalau ada lecet dikit aja, mobil lo dianggap nggak aman dan nggak boleh jalan.

Ditambah karena orang-orang Jepang gengsi kalau nggak pakai mobil keluaran terbaru, nggak heran kalau mobil-mobil yang jarak tempuhnya masih rendah, akhirnya banyak yang diekspor lagi. Apalagi peminat mesin mobil asal Jepang ini banyak banget.

Gimana? Tertarik beli JDM engine buat mobil lo, nggak?

SAMPAIKAN KOMENTAR