Ini Alasan Kenapa Lo Nggak Boleh Ngisi Ban Pakai Campuran Nitrogen dan Angin Biasa

Ini Alasan Kenapa Lo Nggak Boleh Ngisi Ban Pakai Campuran Nitrogen dan Angin Biasa

07Sep
INTERSPORT.ID ON 07 September 2017
INTERSPORT.ID ON 07 Sep 2017

Pengisian ban pakai nitrogen belakangan ini semakin populer di masyarakat. Makanya nggak heran kalau lo bisa dengan gampang nemuin stasiun pengisian nitrogen di pinggir jalan ataupun pom bensin.

Ngisi ban pakai nitrogen emang dianggap lebih baik daripada pakai oksigen atau angin biasa karena tekanan ban jadi lebih stabil sehingga cengkeramnya ke aspal pun lebih maksimal. Selain itu, nitrogen juga nggak menimbulkan oksidasi sehingga nggak bikin velg jadi karatan.

Tapi karena mungkin malas nyari stasiun pengisian nitrogen, banyak pengendara yang akhirnya mengisi bannya yang berisi nitrogen dengan angin biasa. Padahal, hal yang keliatannya sepele tersebut bisa berbahaya karena pencampuran nitrogen dan oksigen bakal bikin tekanan udara di dalam ban jadi nggak stabil.

Alhasil kalau mobil dipakai saat cuaca panas dengan jarak tempuh yang cukup jauh, tekanan udara dalam ban bisa tiba-tiba meningkat, sehingga risiko terburuknya ban mungkin aja meledak karena tekanan udara yang jauh melebihi standar, apalagi kalau dipacu dalam kecepatan tinggi.

Biar hal tersebut nggak menimpa lo, makanya hindari deh yang namanya nyampur nitrogen sama oksigen atau angin biasa!

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN