Honda: Satu Tahun Nggak Cukup Buat Kami Untuk Mengembangkan Konsep Mesin Baru

Honda: Satu Tahun Nggak Cukup Buat Kami Untuk Mengembangkan Konsep Mesin Baru

04Sep
INTERSPORT.ID ON 04 September 2017
INTERSPORT.ID ON 04 Sep 2017

Ajang Formula 1 2017 emang jadi musim yang bisa dibilang berat buat pabrikan asal Jepang, Honda. Gimana nggak, mesin yang mereka kembangkan sering banget mengalami masalah dan nggak punya cukup tenaga sehingga bikin dua pembalap mereka yaitu Fernando Alonso dan Stoffel Vandoorne tercecer di urutan 15 dan 18 klasemen sementara.

Meski udah menunjukkan perkembangan lewat konsep mesin “Spec 3”, Honda masih belum yakin elemen apa yang bakal mereka gunakan seterusnya karena masih butuh waktu untuk melakukan pengembangan lebih dalam lagi.

Sempat menganggap kalau perubahan konsep pada power unit sangat berisiko tinggi, bos Honda F1, Yusuke Hasegawa pun akhirnya mengakui kalau mereka butuh waktu lebih untuk melakukan hal tersebut.

Dari sudut pandang konsep, ya, kami memang meremehkannya. Meski butuh waktu sebentar agar lebih stabil, kami mengerti bahwa hal tersebut adalah tahapan yang harus kami atasi, dan itu sangat sulit. Kami pikir kami punya waktu untuk melakukan persiapan, itulah kenapa kami memulai pengembangan mesin tahun ini pada bulan Mei, tapi satu tahun tidaklah cukup,” ungkap Hasegawa seperti dilansir dari Motorsport.com.

Nggak cuma itu, Hasegawa pun mengatakan kalau Honda sebenarnya udah tau target yang pengen dicapai, tapi masih harus melakukan pengembangan lebih dalam lagi untuk menemukan solusi yang paling tepat.

Kami tau targetnya, hal yang udah dicapai oleh tim-tim lain. Kami tau kalau tim-tim lain menggunakan konsep yang sama dengan mesin kami, tapi kami benar-benar belum tau apa solusi dan desain yang paling tepat untuk mencapai performa yang kami inginkan. Kami memang berfokus pada pembakaran, tapi juga tetap memerhatikan area lain seperti konsumsi bahan bakar dan komponen lainnya yang bisa membantu kami meningkatkan horsepower,” tambah Hasegawa.

Kira-kira berhasil nggak ya pengembangan konsep mesin baru yang dilakukan Honda ini? Kita tunggu aja hasilnya di seri-seri Formula 1 mendatang!

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN