Hindari Karat di Kolong Mobil, Jangan Lupa Lakukan Hal Ini

Hindari Karat di Kolong Mobil, Jangan Lupa Lakukan Hal Ini

13Sep
INTERSPORT.ID ON 13 September 2018
INTERSPORT.ID ON 13 Sep 2018

Bagian kolong mobil dikenal sebagai bagian mobil yang paling jarang disentuh, apalagi menerima perawatan dari Anda sebagai pemilik kendaraan. Di samping letaknya yang berada di bawah dan tidak mudah terlihat, bagian ini juga cukup sulit terjangkau dan sangat mudah kotor. Jadi tidak heran kalau bagian tersebut sering diabaikan, kecuali Anda mendatangi tempat cuci mobil khusus.

Parahnya lagi, pemilik kendaraan justru biasanya kurang peduli dengan kondisi kolong mobil di saat musim hujan. Padahal seperti kita ketahui, jalanan yang basah dan becek, akan membuat kolong mobil menjadi lembab dan banyak dihuni kotoran. Akibatnya, bisa saja bagian kolong mobil anda akan berkarat, dan akhirnya membuat mobil anda menjadi keropos.

Lalu, bagaimana cara mudah untuk mencegah karat pada bagian kolong mobil? Agar bagian mobil tidak cepat berkarat, Anda hanya perlu membersihkannya dengan rutin. Usahakan bersihkan bagian kolong mobil dengan menggunakan air bertekanan tinggi melalui kompresor. Cara ini biasa dilakukan pada tempat pencucian mobil yang menggunakan hidrolik.

Usahakan jangan terlalu lama membersihkan mobil saat terkena hujan atau melewati genangan air. Akan lebih baik jika Anda membersihkan bagian kolong mobil satu kali dalam satu bulan. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kolong mobil agar tetap bersih.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menyemprotkan anti karat di bengkel tertentu. Cara ini menjadi salah satu cara paling mudah untuk mencegah datangnya karat di bagian kolong. Namun, cara ini membutuhkan biaya karena cairan anti karat ini biasanya berharga lumayan mahal.

Jika mobil Anda terlanjur sudah mengandung karat di bagian kolongnya, Anda wajib segera membawanya ke bengkel body repair. Di bengkel khusus, bagian mobil yang terkena karat akan dipotong dan kemudian ditutup kembali dengan menggunakan pelat besi baru melalui proses pengelasan, setelah itu bagian tersebut kemudian dilapisi dengan antikarat.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN