Halo Orang Kaya... Ferrari 488 Pista Sudah Masuk ke Indonesia
10
May
0 Comment Share Likes 104 View

Sudah bukan rahasia lagi, Ferrari dikenal sebagai salah satu merek otomotif dengan harga mobilnya yang tinggi. Produsen mobil sport asal Italia ini pun terus menghadirkan deretan produk-produk terbaru mereka, termasuk di Indonesia.

Ferrari Jakarta akhirnya memperkenalkan unit pertama Ferrari Pista 488 untuk Indonesia, Kamis (9/5) kemarin di Stadion Utama GBK. Sekilas tentangnya, 488 Pista sendiri sudah melucur secara global sejak 2017 silam. Indraguna Sutowo selaku CEO Ferrari Jakarta pun tidak mengungkapkan alasan mengapa 488 Pista baru masuk ke Tanah Air sekarang.

Ferrari 488 Pista merupakan penerus seri spesial Ferrari bermesin V8. Sebelumnya, mesin V8 lebih dulu tersematkan di 360 Challenge Stradale, 430 Scuderia, dan 458 Speciale. Di dunia otomotif internasional, mesin V8 banyak mendulang apresiasi tinggi terkait performa dan juga handling-nya.

Ferrari 488 Pista disebut telah mengusung spesifikasi baru, 488 Pista ini diklaim memiliki bobot yang lebih ringan hingga 90 kg dibanding model Ferrari 488 GTB yang notabene sudah lebih dulu mengaspal di Indonesia. Indraguna menuturkan bahwa pemangkasan bobot tersebut terjadi berkat penggunaan material serat karbon di banyak bagian 488 Pista.

"Spesifikasi Ferrari 488 Pista disesuaikan secara regional Asia Tenggara, pengurangan bobot itu karena beberapa bagian sudah pakai serat karbon," ujar Indraguna.

Bobot ringan yang dikombinasikan dengan kenaikan tenaga mesin terbesar untuk mobil special series (+50 Hp), maka akan menghasilkan standar performa baru dari mobil sport bermesin V8. Sebelumnya, dari ajang International Engine of The Year (IEOTY) Awards pada 2018 kemarin, mesin V8 Ferrari ini mampu hasilkan daya garang sebesar 711 Hp dengan torsi maksimal 770 Nm. Akselerasinya sendiri, dari 0-100 km/jam hanya perlu tempo 2,85 detik saja. Terdengar makin galak, mesin V8 mampu tembus kecepatan maksimal hingga 340 km/jam.

Tidak melulu bicara mesin saja, Ferrari Pista 488 juga memanfaatkan performa aerodinamika. Menurut keterangan yang dihimpun dari siaran pers Ferrari, 488 Pista mengadopsi desain S-Duct yang digunakan untuk mobil F1 dan desain diffuser tradisional. Selain itu, spoiler belakang juga dibuat lebih tinggi dan lebih panjang. Secara kolektif, intervensi tersebut membuat Ferrari 488 Pista punya downforce lebih baik sebesar 20%.

Di sektor kaki-kaki, Ferrari 488 Pista dibekali suspensi mantap guna menunjang performa kencangnya. Pemilihan suspensi kemudian didukung dengan ban baru yang dikembangkan oleh Michelin secara khusus. Ban disebut semakin tampak ganteng dengan membalut pelek karbon berukuran 20 inci.

SAMPAIKAN KOMENTAR