Halo, Halo Pengguna Mesin Diesel, Jangan Lupa Lakuin Ini Sebelum Pakai B20 Yes!
05
Dec
0 Comment Share Likes 37 View

Saat ini Pemerintah telah resmi menetapkan bahan bakar Diesel dengan kandungan 20% minyak nabati yang dicampur dengan kandungan petroleum Diesel sebanyak 80%. Bahan bakar yang ditujukan untuk mobil bermesin Diesel ini sebenarnya merupakan hal yang baru di Indonesia. Sebab, bahan bakar Diesel yang sudah ada sebelumnya tidaklah mengandung kandungan seperti ini.

Hal ini dilakukan untuk menanggulangi hasil dari gas buang atau emisi yang pada mobil bermesin Diesel yang dianggap dapat mengotori lingkungan. Tapi, sebelum memakai bahan bakar B20 ini, ada beberapa hal yang sebenernya wajib mendapatkan perhatian dari sang pemilik mobil Diesel. Ada 3 hal yang paling penting banget sih sebelum lo benar-benar pakai bahan bakar mesin Diesel B20 ini, pria Intersport.

Mau tau apa aja? Okey kalo maksa, langsung dibahas aja. Yang pertama kali harus lo lakuin sebelum memakai bahan bakar ini adalah lo dipastikan sudah mengganti filter solar yang menempel di mobil. Ini karena biodiesel B20 ini memiliki senyawa ester yang mampu merontokkan kotoran dalam tangki bahan bakar dan saluran bahan bakar (fuel line).

Kotoran sisa solar lama yang menempel di tangki dan saluran, akan tergerus dan tertampung di filter bahan bakar. "Biodiesel B20 saat masuk ke tangki akan meng-flush sisa bahan bakar diesel biasa yang mengandung lebih banyak sulfur," jelas Didi Ahadi, Department Head Technical Support PT Toyota Astra Motor.

Poin kedua yang harus banget lo lakuin adalah lo harus menguras tangki bahan bakar. Biasanya nih ya, para pemilik mobil bermesin Diesel terlalu menyepelekan bahan bakar yang digunakan pada mobil. Banyak dari pemilik yang cukup sembarangan dalam mengisi bahan bakar yang tidak sesuai dengan mobilnya. Contoh nih, Pajero bermesin Diesel keluaran terbaru di tahun 2018 masih ada yang memakai bahan bakar Biosolar.

Halaman selanjutnya

Tentu aja hal ini berpengaruh sama kotornya tangki bahan bakar yang ada di mobil. Selain itu, spesifikasi bahan bakarnya ini juga lama-lama bisa ngerusak performa mesin commonrail dari mobil tersebut. Kembali ke poin kedua ya. Untuk itu lo mesti banget buat menguras tangki bahan bakar jika sudah mulai memakai biodiesel B20. Tujuannya untuk membuang endapan kotoran yang ada di dasar tangki bahan bakar. Kenapa? Baca lagi coba di poin pertama kenapa.

Langkah yang bisa lo lakuin sebelum memakai bahan bakar biodiesel B20 selanjutnya adalah sebisa mungkin lo kasih lapisan coating di tangki bahan bakar mobil kesayangan lo, pria Intersport. Ini buat mobil yang masih pakai tangki bahan bakar dari pelat besi. Jadi habis kuras tangki langsung kasih coating biar enggak cepat karatan. "Untuk tangki bahan bakar akan diperlukan coating untuk mencegah korosi," ucap Kyatmaja Lookman, Ketua Kompartemen Angkutan Darat Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI).

Contohnya bisa dilihat keputusan HMSI pada produk truk terbarunya, yaitu melapisi tangki bahan bakar dengan material chrome dan stannum-zync yang mampu menghambat laju korosi menjadi lebih lama. Sebenernya gampang kan langkah yang harus lo lakuin sebelum memakai bahan bakar B20 ini. Ibaratnya nih, lebih baik lo mempersiapkan di awal sebelum mobil kesayangan jajan lebih banyak gara-gara harus beradaptasi sama bahan bakar baru ini.

 

 

1 2
SAMPAIKAN KOMENTAR