Hal-hal yang Menggugurkan Garansi Mobil, Apa Saja?
08
Feb
0 Comment Share Likes 77 View

Bagi pemilik mobil baru, Anda biasanya akan melakukan personalisasi terhadap mobil atau sering disebut dengan modifikasi. Modifikasi ini sebaiknya wajib menaati beberapa hal yang dapat menggugurkan garansi mobil baru sebelum Anda menyesal di kemudian hari. Karena masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai hal-hal yang dapat menggugurkan garansi mobil baru.

Kira-kira, apa saja hal-hal yang dapat menggugurkan garansi pada mobil baru?

  1. Penggantian ban, mesin, audio

Jika Anda hendak melakukan penggantian beberapa komponen di atas, Anda sebaiknya wajib memahami efek dari penggantian komponen tersebut. Dengan mengganti ban, velg atau kaki-kaki yang tidak sesuai dengan standardnya pada mobil, Anda sudah mengalami kerugian kehilangan masa garansi. Ketiga hal ini menyangkut keamanan dan keselamatan kendaraan dan penumpangnya. Secara otomatis, jika Anda melakukan penggantian tanpa sepengetahuan pihak diler, garansi akan lenyap.

Audio pun demikian. Pemasangan atau instalasi audio yang kurang baik juga memicu hilangnya garansi kendaraan pada mobil baru. Pemasangan audio yang salah berpotensi membuat kelistrikan menjadi korslet atau bahkan hal yang terburuk adalah kabel terbakar yang mampu membakar mobil. Kejadian ini kerap dialami oleh para pemilik mobil baru yang hendak mengganti speaker atau audio bawaan pada mobil.

  1. Faktor yang sulit dikontrol

Di dalam buku garansi, tercatat ada beberapa hal yang dapat menghilangkan garansi mobil baru. Yang cukup menarik, beberapa hal ini masuk ke dalam kategori ke dalam faktor kerusakan yang sulit dikontrol. Seperti cacatnya permukaan cat karena benturan atau batu kerikil dan goresan.

  1. Lalai

Kelalaian atau kesalahan dari si pemilik mobil juga bisa menghilangkan garansi pada mobil baru. Kelalaian ini tertuang dalam beberapa hal seperti saat memaksakan untuk melalui genangan atau banjir. Atau melakukan penyetelan dan perbaikan di luar bengkel resmi yang mengakibatkan mobil menjadi tidak sempurna juga bisa menghilangkan garansi pada mobil.

  1. Kesalahan perawatan

Faktor lain adalah kesalahan perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil. Dalam hal ini, pemilik dapat menghilangkan garansi jika memakai bahan bakar yang tidak sesuai dengan kebutuhan spesifikasi mobil, penggunaan minyak yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan juga memicu hilangnya garansi mobil.

Jika Anda tidak sengaja mereset odometer pada mobil Anda, siap-siap saja akan kehilangan masa garansi. Sebelum melakukan modifikasi kendaraan, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan sales advisor di bengkel resmi mobil Anda.

SAMPAIKAN KOMENTAR