Group Rally Paling Ekstrem Dan Bergengsi Di WRC

Group Rally Paling Ekstrem Dan Bergengsi Di WRC

13May
INTERSPORT.ID ON 13 May 2018
INTERSPORT.ID ON 13 May 2018

Pria Intersport! Rally adalah salah cabang olahraga motorsport dengan mengadu waktu tercepat dengan menggunakan mobil khusus balap rally. Pastinya setiap kendaraan yang digunakan di balap rally akan mempunyai spesifikasi khusus yang dirancang agar dapat melahap trek atau lintasan tertentu dengan waktu tercepat. Penyesuaian dari powertrain, transmission, undercarriage, sampai velg dan ban yang digunakan untuk dapat digunakan khusus di medan tertentu.

Asal tau bro! Rally merupakan perpaduan antara keahilan mengemudi, yang didukung oleh kendaraan yang memadai, juga kekompakan tim. Dimana dalam balap rally terdapat navigator atau penunjuk saat balapan. Berbeda dengan cabang motorsport lainnya, trek atau lintasan yang digunakan cukup beragam. Mulai dari aspal, salju, kerikil dan lumpur. Dimana setiap lintasan membutuhkan mobil yang berbeda-beda.

Salah satu event ternama di ajang balap rally adalah World Rally Championship atau disingkat dengan WRC. Dimana WRC merupakan event balap yang dibentik oleh organisasi FIA pada tahun 1973.

Selain itu, event ini juga merupakan merupakan bagian dari European Rally Championship dan Kejuaraan Internasional untuk Manufaktur atau pabrikan mobil di berbagai negara. Dimana terdapat 186 negara yang masuk dalam acara rally bergengsi ini. 

Sistem poin WRC diberikan untuk pembalap yang berada di 8 besar yakni poin 10-8-6-5-4-3-2-1. Sistem itu diperkenalkan pada tahun 2003, dan bertahan sampai tahun 2009. Pada tahun 2010 sistem poin baru diperkenalkan dengan skema 25-18-15-12-10-8-6-4-2-1.

Dimana itu berarti 10 pembalap tercepat yang mendapatkan poin. Setahun kemudian Power stage, yang merupakan modifikasi dari SS/Stage terakhir diperkenalkan. 3 pembalap tercepat di Power Stage berhak mendapatkan poin ekstra dengan skema 3-2-1.

Dalam WRC terdapat dua group atau dua kelas balap, yaitu group A dan group B. Dimana kedua group tersebut memiliki perbedaan masing-masing. Namun banyak yang mengatakan bahwa mobil yang digunakan pada group B tergolong ekstreme. Karena tenaga atau power yang dikeluarkan mobil tersebut besar dan melebihi yang diperlukan di balap rally.

Tidak hanya itu bro! Mobil yang digunakan sangat sulit untuk dikendalikan, karena kombinasi power mesin yang besar, chasis ringan dan sophisticated. Terlebih lagi standar keamanan yang sangat rendah waktu itu. Bahkan pembalap bisa melaju di SS tanpa helm. Nah, berikut beberapa mobil yang digunakan dalam ajang balap rally group B Pria Intersport.

Mazda RX-7

Mazda RX-7 ini merupakan bagian dari sejarah group B. Era ke-emasan dari manufaktur Mazda dengan memiliki salah satu mesin terbaiknya yaitu mesin Rotary. Mesin yang berdimensi kecil dan mempunyai tenaga yang besar, dengan putaran mesin yang tinggi dengan bodi yang ringan.

MG Metro 6R4

Ingin menggabungkan manfaat dari Audi Quattro (4WD) dan Renault 5 Turbo (Mid-Engined), Metro 6R4 yang merupakan jet mini yang berada di Group B. Karena terkena permasalahan mekanis, hasil pada WRC terbaiknya adalah podium ketiga pada Lombard RAC Rally di tahun 1985.

Ferrari 308 GTB

Anda tidak melihat banyak mobil rally Ferrari bukan? Hal tersebut dikarenakan Ferrari tidak mengikuti event rally. Hal itu tidak menghentikan tim balap asal Italia yaitu Michelotto untuk membangun belasan mobil 308 GTB ke regulasi grup 4 pada tahun 70-an.

Nissan 240 RS

Nissan 240RS yang merupakan versi dari Group B Violet GTS yang terlupakan. Yang memiliki kekurangan dalam performa, hal tersebut dibuat dalam realiabitias, dan di tangan seorang pereli Colin McRae, yang menghasilkan 200 mobil jalanan boxy arched yang cukup langka yang diproduksi sangat baik.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN