Gila! Bentley Continental GT Ini Siap Perang
21
Sep
2019
0 Comment Share Likes 364 View

Bentley yang dikenal sebagai merek mobil ultra mewah, tentu saja kalau dimodifikasi maka alirannya tidak akan jauh dari konsep modifikasi elegan dan juga minimalis. Tapi tidak untuk yang satu ini. Bentley Continental GT milik pria asal Rusia ini mendapat perlakuan tidak biasa di dunia modifikasi. Ya, sang builder telah berhasil mengubah Continental GT nan elegan dan ultra mewah jadi mobil tempur, ultra tank! Siap perang ini sih.

Mobil seharga kisaran Rp8 miliar berhasil dirombak habis-habisan -terutama di bagian kaki- sehingga seketika berubah menjadi sebuah tank. Kalau tidak arsip dokumentasi atau publikasi, mungkin saja modifikasi ini bisa dianggap sekadar mitos belaka. Tapi ya buktinya memang benar ada.

Dari Mobil Bekas

Diketahui, tim modifikator itu memang sengaja membuat proyek ini untuk kebutuhan konten mereka. Namun layak diacungin jempol lantaran mereka mencari Bentley Continental GT bekas yang sudah rusak dan kemudian divermak besar-besaran.

Menakar soal selera, sepertinya sang builder yang tidak diketahui namanya ini tidak mau mobil mahalnya itu terlihat "jinak". Atau kelewat liar? Bisa saja. Anggapan tersebut bukan tanpa alasan, lah wong keempat roda dimutilasi jadi penggerak tank, kok.

Sang builder yang cuma diketahui seorang Youtuber dengan channel AcademeG dengan 3,97 juta subscriber ini mengunggah video hasil kreasinya. Video yang diberi judul Bentley Ultratank ini pun sontak mengejutkan publik jagat maya. Alhasil hingga detik ini video sudah ditonton 6,9 juta kali. Dalam video berdurasi 12:42 terlihat Bentley Ultratank melahap jalanan tanah dan melompati gundukan dengan mudah. Tetapi yang lebih menarik adalah idenya dalam mewujudkan Bentley berkaki track tank.

Dari penjelasan video tersebut, bodi Bentley dipindah ke frame sasis yang mencakup dua rel. Dengan begitu, pintu asli Continental GT pun terpaksa harus dicopot. Ini dikarenakan agar si pintu tidak mengganggu jalannya roda rel tank. Sementara itu, di dalam kabin mobil komponen dan desain interiornya masih mewah sesuai dengan kodratnya. Dalam video, sebenarnya sang builder telah membuatkan pintu kustom yang sesuai untuk misi modifikasi gilanya itu. Pintu kustom itu memiliki konfigurasi terbuka ke atas seperti layaknya pintu Lamborgini. Tetapi, mungkin karena merasa memberi ruang 'kejinakan' pada uji coba ini, sang builder akhirnya tidak jadi memasangnya.

Meski Ultratank sudah tampak sangat 'bahagia' berlarian menakulukan medan tanah dengan kontur dinamis seperti turunan, gundukan hingga tanjakan, pihak modifikator mengakui masih mengalami beberapa masalah. Indikasi kendala hadir dari bagiaan mesin dan roda rel tank-nya. Meskipun begitu, mereka tetap bangga kalau rel roda tank bekerja dengan baik saat RPM mesin dalam putaran rendah. Rel awalnya tidak cukup ketat serta terjatuh.

Dibangun Tanpa Rem!

Namun, dari modifikasi gila ini, ada hal yang paling sinting. Entah luput dari perhatian atau sengaja. Apa itu? Ultratank Bentley Continental GT ini belum memiliki rem! Satu-satunya pedal yang berfungsi hanyalah pedal gas saja. Sinting, bukan?

Bogie depan dan belakang di setiap sisi memiliki bump stop untuk mencegah berputar terlalu jauh saat rel mencoba menariknya ke atas. Sementara center dua bogie tidak memerlukan bump stop. Pengaplikasian ini mungkin diasumsikan karena lintasannya datar, dengan demikian lintasan itu sendiri tidak memberikan beban vertikal yang signifikan. Sementara keempat suspensi arm tampak memiliki bump stop (warna kuning) untuk membatasi travel saat mobil melintasi gundukan.

Pakai Mesin V8 Toyota

Platform bagian belakang dibekali drive sprocket di tiap sisi yang terpasang pada solid axle. Gardan menerima tenaga dari transfercase low-range truk militer milik GAZ-66, di mana mendapat input dari semacam transmisi yang dihubungkan ke mesin Toyota V8.

Roda kemudi diklaim bekerja cukup baik meskipun perlu mengarahkan tenaga mobil bersamaan dengan open differential. Ketika roda berputar, open differential mengirimkan tenaga mobil ke set terluar rel dan set dalam terhenti. Sistem kerja penggerak ini memastikan bahwa mobil ini telah diubah seluruhnya menjadi kendaraan layaknya sebuah tank, namun tetap menggunakan masukan tenaga dan bentuk bodi mobil normal.

Demi mampu memutarkan roda-roda, tim YouTuber chanel AcademeG mengganti sumber tenaga dengan mesin Toyota V8 4,3-liter (JDM). Mesin ini adalah mesin yang sama seperti yang digunakan pada Toyota Crown Majesta, Celsior, Soarer, dan Lexus. Suara mesin yang riuh selalu pantas dimiliki Bentley. Test-drive Ultratank sejauh ini hanya memiliki kecepatan sekitar 50 km/jam. Capaian tersebut lantas membuka pikiran mereka. Bukan. Bukan untuk bertaubat, melainkan menegaskan bahwa mereka akan membuatnya hingga mampu mencapai kecepatan mentok di 100 km/jam. Tentunya dengan dilengkapi rem, ya.

Nah, bagaimana nih Mas Bro? Basi? Sudah banyak yang nonton? Tidak, Pria Intersport menolak itu. Perspektif lainnya adalah spirit dengan pikiran liar mampu menciptakan sebuah karya orisinal. Semoga modifikasi Ultratank Bentley Continental GT ini mampu menginspirasi Mas Bro sekalian, ya!

SAMPAIKAN KOMENTAR