Ganti Velg, Jangan Lupakan Center Ring
07
Feb
0 Comment Share Likes 283 View

Center Ring merupakan komponen penting yang harus ada pada kendaraan Anda. Dalam pemanfaatannya center ring berfungsi untuk menumpu tempat velg sebagai presisi. Jika kita perhatikan tidak ada velg tanpa center ring, begitu juga sebaliknya.

Seperti namanya, komponen tersebut berbentuk seperti cincin. Fungsi dari komponen ini sangat signifikan. Letak komponen center ringbiasanya terdapat diantara tromol dan velg. Biasanya ukuran kompenen center ring disesuaikan dengan ukuran velg agar dapat berfungsi sesuai kegunaannya.

Tetapi tidak jarang terdapat ukuran center ring yang tidak sesuai dengan ukuran velg, yang menjadi perbedaan yakni ukuran center ring dapat lebih besar ataupun lebih kecil. Biasanya velg memiliki ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan jenis mobil tersebut, oleh karena itu ukuran komponen tersebutpun berbeda pula.

Jika ukuran komponen center ring tersebut tidak pas/sesuai dengan velg dapat membabahayakan. Mengapa..? karena sangat mungkin membuat mobil terasa sekali getarannya  dan menimbulkan mobil tidak stabil saat melaju. Dan umumnya getaran tersebut akan terasa jika mobil melaju dalam kecepatan 80 km/jam.

Bahaya lain yang dapat ditimbulkan jika ukuran center ring berbeda dengan velg adalah umur bearing roda akan lebih pendek. Umur bearing yang singkat tersebut disebabkan karena titik tumpu kendaraan jauh lebih berat dari sewajarnya. Bukan hanya itu saja, mobil jadi lebih boros BBM, penurunan performa, serta kemampuan pengereman akan menurun drastis. Hal ini disebabkan karena bobot roda yang bertambah sehingga torsi yang dibutuhkan untuk memutarpun semakin besar.

Jika keadaan center ring tidak sesuai dengan velg dan dibiarkan saja, maka bukan hanya menimbulkan bahaya, namun dapat merusak velg dan komponen berkaitan lainya.

Disamping bahaya yang dapat ditimbulkan karena ukuran velg yang tidak sesuai dengan center ring, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui fungsi velg dengan benar. Jika Anda salah satunya,  maka tidak perlu terlalu khawatir, karena kami akan memberikan informasi mengenai fungsi velg kendaraan yang benar. Untuk lebih lengkapnya Anda dapat menyimak informasi dibawah ini.

Fungsi Center Ring Velg Dan Jenis-Jenisnya

Center ring yang biasanya digunakan bersamaan dengan velg ternyata memiliki jenis yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis-jenis center ring yang dapat Anda gunakan.

Center Ring Yang Terbuat Dari Besi

Center ring jenis ini menggunakan besi sebagai komponen utama pembuatannya. Untuk kelebihan center ring berbahan besi yakni dari harganya yang murah, center ring jenis ini juga jauh lebih kuat dari center ring berbhan alumunium . Untuk perawatannya Anda dapat mengolesi center ring tersebut dengan grease atau menyemprot dengan cairan khusus.

Center Ring yang Terbuat dari Aluminium

Center ring yang terbuat dari aluminium ini merupakan center ring yang memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan center ring yang terbuat dari besi. Kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari center ring berbahan aluminium ini adalah center ring tidak akan lengket. Namun kelemahannya adalah bahan yang digunakan tidak begitu kuat dan cepat retak.

Center Ring yang Terbuat dari Thermoplastic

Center ring yang terbuat dari bahan thermoplastic ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan center ring berbahan besi dan alumunium. Material bahan yang digunakan ini sudah banyak digunakan pada mobil Eropa.  Kelebihan center ring dengan bahan thermoplastic juga lebih lentur jika dibandingkan bahan aluminium.

Fungsi Center ring sejatinya berguna sebagai tumpuan pada velg. Namun ternyata center ring memiliki fungsi lain yaitu untuk membuat velg bekerja dengan semestinya dan maksimal.

Letak Center Ring Mobil

Center ring yang terdapat pada velg juga memiliki fungsi lain yaitu membuat velg agar tidak bertumpu pada baut roda. Jika velg bertumpu pada baut roda maka beban tumpuan tersebut dapat lebih besar dan dapat menyebabkan keausan cepat dan kerusakan lainnya.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR