Ganti Pelek Mobil, Sistem Kerja Airbag Ikut Berpengaruh?
06
Dec
0 Comment Share Likes 44 View

Untuk meningkatkan tampilan luar mobil, banyak pemilik mobil yang mengganti peleknya. Namun jangan salah, ternyata penggantian pelek pada mobil juga mempengaruhi sistem sensor kecepatan airbag untuk mengembang. Airbag atau kantung udara merupakan salah satu komponen keselamatan yang cukup penting pada mobil. Dengan adanya airbag, maka resiko cidera saat kecelakaan bisa diminimalisir, bro.

 

Cara kerja airbag bergantung pada sensor-sensor yang ada di beberapa bagian mobil, salah satunya di bagian ban. "Airbag akan mengembang pada batas kecepatan tertentu. Biasanya dalam kecepatan tinggi lalu mengalami benturan, dan airbag akan mengembang dengan sendirinya," buka Sukarmin, salah satu instruktur dari Indonesia Defensive Driving Center (IDDC).

 

Dirinya menegaskan bahwa dalam penggantian pelek, sistem sensor kecepatan airbag bisa saja mengalami kerancuan, bro. "Jika pelek yang dipakai pada mobil standar ring 15 inci, maka ketika diganti dengan pelek berukuran 22 inci misalnya, sensor kecepatan airbag akan menjadi rancu," imbuhnya.

Lanjut Sukarmin, dirinya menjelaskan untuk satu putaran roda ring 15 inci, hasilnya akan berbeda dengan satu putaran roda jika menggunakan pelek berukuran 22 inci.

"Kenapa jadi rancu, perumpamannya seperti ini. Jika kecepatan 60 km/h pada ring 15 inci akan berbeda dengan kecepatan 60 km/h pada pelek 22 inci. Belum tentu kecepatannya akan sama. Bisa jadi kurang dari 60 km/h, atau lebih dari 60 km/h. Maka airbag belum mengembang karena batas kecepatannya berbeda antara pelek ring 15 inci dengan 22 inci," pungkas Sukarmin.

Untuk lebih memberikan keselamatan, Pria Intersport disarankan untuk melakukan kalibrasi ulang pada airbag di bengkel resmi masing-masing pabrikan mobil Pria Intersport.

SAMPAIKAN KOMENTAR