Freon AC Berkurang, Cek Dulu Beberapa Penyebabnya
06
Feb
0 Comment Share Likes 110 View

Salah satu fitur yang wajib ada di mobil penumpang adalah air conditioner (AC). Sistem pendingin udara ini letaknya di dalam mobil. Dengan adanya AC mampu memberikan rasa nyaman tambahan bagi pengemudi maupun penumpang di kabin, apalagi saat suhu diluar kabin sangat panas.

Udara dingin yang dikeluarkan oleh AC bisa membuat ruang kabin menjadi sejuk dengan cepat. Namun dengan catatan bila perangkat AC di mobil bekerja baik. Beda cerita jika kinerjanya tidak maksimal membuat tak betah berlama dalam kabin. Sebab suhu kabin panas atau lembab, bahkan sampai mengeluarkan bau tak sedap dari kisi-kisi AC.

Jika merasa kinerja AC tidak maksimal lagi, pasti telah terjadi kerusakan pada perangkat AC mobil. Menurut Kelvin Ong selaku Kepala Bengkel AC mobil Rotary Bintaro sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan AC mobil sudah tidak lagi mengeluarkan udara dingin.

Melihat Sumber Kerusakan

Bisa jadi sumber masalahnya ada pada freon AC mobil. Kurangnya freon bisa membuat kinerja AC tidak maksimal. Oleh karena itu selalu pastikan freon terisi sesuai dengan batas maksimal. Apabila sudah mengisi ulang freon, namun kinerja AC kembali menurun dalam waktu singkat berarti ada kebocoran dibagian selang atau komponen lainnya.

“Kalau tidak terjadi kebocoran freon itu tidak akan berkurang. Kebocoran itu bisa terjadi karena usia perangkat, bisa juga terjadi pada seal oring . Lama kelamaan yang namanya mesin mobil itu kan panas bisa menyebabkan seal oring menjadi gepeng atau robek. Lalu penyebab lain bisa saja dari komponen selang karet. Itu juga ada usianya, ya namanya komponen pasti ada usianya,” kata Kelvin.

Solusi pertama yang harus dilakukan pemilik kendaraan, lanjut Kelvin yaitu menghubungi bengkel spesialis AC mobil supaya dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Karena ini tak bisa dilakukan perbaikan sendiri, harus orang berpengalaman dan ahlinya. Mekanik bengkel akan menambal atau mengganti komponen yang menjadi penyebab freon AC berkurang.

Dirinya juga mengimbau kepada pemilik kendaraan supaya rutin melakukan pengecekan AC mobil. “Harus lakukan servis rutin, jangan menunggu sampai komponen AC mobil kelamaan kotor, dia bisa jadi bocor dan dapat merembet ke komponen yang lain,” tutup Kelvin

SAMPAIKAN KOMENTAR