Ford Patenkan Teknologi Drone Yang Bisa Lepas Landas Dari Bagasi
14
Oct
2019
0 Comment Share Likes 788 View

Perkembangan teknologi terus melaju dengan cepat, perangkat elektronik yang mungkin sulit untuk diperoleh pada 10 tahun lalu mungkin saat ini malah sering ditemui dimana-mana, salah satunya adalah drone. Drone saat ini lebih mudah dijangkau banyak kalangan dan kegunaannya pun bermacam-macam, fungsi yang paling banyak diketahui mungkin adalah kegunaannya sebagai alat dokumentasi, tapi sebenarnya manfaat drone bisa jauh lebih dari itu.

Melihat adanya peluang dan potensi yang mungkin tak terbatas pada teknologi drone, pada 10 Oktober lalu ternyata Ford telah mematenkan sebuah teknologi drone yang dapat dikeluarkan dari dalam mobil. Paten yang didaftarkan di Lembaga Paten Amerika memperlihatkan gambaran kasar sebuah drone berjenis quadcopter yang diterbangkan dari sebuah mobil  sedan Ford Fusion. Pihak Ford mengatakan bahwa pengaplikasiannya dapat memakai jenis mobil apa saja, entah itu sedan atau pun SUV.

Rancangan drone berbaling-baling 4 milik Ford ini rencananya akan diprogram untuk mempu mengikuti mobil sang pemilik atau pun dapat menjadi pengirim sinyal emergency jika terjadi sesuatu pada si mobil induk. Belum ada kepastian Ford akan memproduksi drone mereka sendiri, tetapi tak menutup kemungkinan mereka akan bekerjasama dengan produsen drone yang sudah ada. Penjelasan tambahan yang ada di deskripsi paten menyebutkan bahwa drone dapat tersimpan dan di-charge di dalam bagasi mobil.

Dari banyaknya kemungkinan fungsi yang ada nampaknya fungsi sebagai alat keselamatan adalah fitur yang sangat menarik perhatian. Ford menyebutkan bahwa drone dapat digunakan di situasi tak terduga yang bebahaya, misalnya ketika mobil yang bersangkutan terdampar ataupun jatuh ke jurang, drone dapat diterbangkan untuk menarik perhatian sekitar entah dengan menyalakan lampu terang yang mencolok ataupun dengan suara seperti sirine. Atau bahkan drone dapat digunakan untuk sarana komunikasi langsung ke pihak terkait seperti dengan mengirimkan koordinat mobil, rekaman lokasi mobil, atau mungkin dapat memandu langsung pihak terkait.

Salah satu poin lain dari paten milik Ford ini adalah proses pengoperasian drone yang dapat dikendalikan dari sistem onboard mobil. Nantinya pengemudi dapat mengendalikan dan melihat tangkapan visual dari drone langsung dari layar yang ada di konsol dashboard.

Untuk informasi kapan paten ini akan terealisasi, Ford belum bisa memberikan kepastian yang jelas. Yang pasti fitur ini amatlah menarik dan pantas untuk ditunggu kehadirannya di masa depan.

SAMPAIKAN KOMENTAR