Fitur Defogger dan Wiper di Musim Hujan, Mana yang Lebih Baik?
07
Dec
0 Comment Share Likes 145 View

Kalau disuruh pilih fitur defogger atau wiper tentu itu pertanyaan yang cukup aneh. Karena pada dasarnya kedua fitur ini berbeda penggunaannya apalagi di musim hujan. Memang ada persamaannya, yaitu menjaga visibilitas pengemudi agar tetap jelas melihat ke depan, samping atau ke belakang saat musim hujan.

Fungsi Defogger dan Wiper

Mulai dari defogger. Pada umumnya, kini mobil yang dipasarkan di Tanah Air sudah mulai dilengkapi fitur standar anti kabut alias defogger. Bagi yang belum tahu, garis-garis tipis yang melintang horizontal dari kedua sisi kaca itu yang disebut defogger. Defogger ini merupakan kawat tipis yang berperan sebagai pengantar panas sehingga suhu kaca bisa terjaga dan embun tidak muncul lantaran perbedaan suhu di dalam kabin dan di luar.

Di bagian kaca depan mobil defogger biasanya diciptakan dengan memanfaatkan udara yang masuk ke kabin melalui ventilasi dibagian dashboard. Sementara di kaca belakang biasanya menggunakan jenis defogger elektrik.

Untuk kaca bagian belakang, produsen mobil justru kini lebih banyak menggunakan wiper. Wiper dinilai lebih efisien ketika membersihkan kaca dibanding defogger. Wiper bisa melakukan apa yang tidak bisa dilakukan defogger yaitu menyingkirkan kotoran yang menempel di kaca. Padahal kebijakan produsen mobil tidak sepenuhnya tepat. Fitur defogger juga mampu menghilangkan embun yang tidak bisa disapu wiper di bagian luar kaca.

Cara Perawatannya Simpel

Perlu diingat, bagi yang kerap menggunakan defogger, jangan menggunakannya terus-menerus. Pengemudi disarankan untuk segera mematikan defogger ketika embun di kaca sudah hilang. Kecuali bagi defogger yang punya on-off otomatis. Hal ini bisa menjaga defogger alias fitur anti kabut bisa lebih awet dan tetap maksimal kinerjanya.

Lebih dari itu, seringnya penggunaan defogger bisa mengakibatkan kaca mobil menjadi retak. Hal ini dipicu dari karena memuainya kaca akibat perubahan suhu yang ditimbulkan garis-garis defogger itu. Ditambah lagi, bagi defogger elektrik akan menyedot tenaga aki yang tidak sedikit.

Untuk hasil yang maksimal, kondisi wiper depan maupun belakang pun perlu diperhatikan.  Mulai dari bagian material karetnya, jaga wiper dari kontak langsung matahari ketika parkir dalam waktu yang lama. Ini untuk menghindari karet cepat kering dan pecah. Selain itu, ada kebiasaan yang justru kerap dilakukan ketika menyuci wiper. Dalam membilas karet wiper harus dilakukan hati-hati karena pada karet wiper umumnya terdapat cairan khusus pelindung dan pelembap.

Sudah tergambarkan, bukan bagaimana fungsi dan perawatan defogger atau anti kabut serta wiper pada mobil tadi? Jawabannya adalah keduanya. Keduanya akan berfungsi baik bagi visibilitas berkendara. Maka tak heran, beberapa varian mobil teratas sudah menyematkan fitur ini sebagai nilai lebihnya.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR