FIA Akhirnya Umumkan Detail Uji Coba Pelindung Kokpit Kontroversial 'Halo'
27
Sep
2 Comment Share Likes 819 View

Diwajibkannya penggunaan pelindung kokpit Halo di ajang Formula 1 musim depan, tentunya menambah pekerjaan baru bagi tim-tim yang bakal berlaga. Soalnya mereka harus melakukan tes beban pada pelindung tersebut untuk mengetahui distribusi dampaknya terhadap sasis.

Tapi, belum jelasnya prosedur tes beban Halo dari FIA, membuat banyak tim jadi frustrasi, terutama mereka yang punya staf terbatas karena desain kunci dari perangkat tersebut tentu harus dipastikan sejak dini untuk pengembangan lebih lanjut.

Setelah berbicara dengan seluruh tim F1, akhirnya FIA udah menentukan prosedur teknis untuk melakukan tes beban Halo.

Peraturan pertama adalah menetapkan penggunaan struktur replika alias dummy saat melakukan tes, disusul dengan durasi beban maksimal yang harus diaplikasikan, yaitu senggaknya lima detik dan nggak lebih dari tiga menit. Setelah lima detik pengaplikasian beban maksimal, nggak boleh ada kerusakan sedikitpun pada sel keselamatan atau sambungan antara struktur dan sel keselamatan.

Selain itu, FIA juga menambahkan bahwa tes beban statis dan dinamis harus dilakukan dengan struktur roll sekunder yang dilepas.

Semoga dengan lebih jelasnya prosedur tes beban, perangkat Halo bisa dimaksimalkan fungsinya untuk melindungi pembalap dari risiko terkena serpihan benda saat terjadi kecelakaan.

SAMPAIKAN KOMENTAR