Fakta Dodge Deora, Mobil Pickup yang Dikira Cuma Model Fantasi Hot Wheels
16
Dec
0 Comment Share Likes 342 View

Bagi kolektor miniatur mobil Hot Wheels, Dodge Deora mungkin cukup sering ditemukan. Bentuknya yang unik jadi daya tarik tersendiri untuk sekedar dipajang.

Namun ternyata, Dodge Deora ini bukanlah varian fantasi dari Hot Wheels. Desain futuristik sebuah pickup ini nyatanya memang benar-benar ada wujud aslinya. Tapi memang, Dodge Deora tidak diproduksi masal, pickup ini adalah sebuah mobil konsep modifikasi.

Harry Bentley Bradley adalah biang keladinya. Seorang desainer kendaraan asal Amerika Serikat tersebut lantas bekerja sama dengan Mike & Larry Alexander untuk mewujudkannya pada tahun 1964.

Butuh waktu yang tidak sebentar karena menurut kabar, Deora sendiri baru rampung pada tahun 1966. Modifikasi Deora ini sendiri menggunakan basis pickup Dodge A100 tahun 1965.

Dodge A100 kemudian dipotong atapnya dan mulai mewujudkan desain pickup yang tidak biasa. Keunikan tersebut diciptakan dengan cara menggabungkan potongan atap dengan panel jendela belakang kepunyaan Ford 1960 jenis station wagon. Jadi sekilas agak bingung melihat Dodge Deora ini, lantaran jendela belakang dipakai untuk bagian facia.

Tapi hasil ini dinilai luar biasa karena bisa sesuai dengan sketsa yang Bradley usung. Proses pengerjaan layaknya permainan puzzle patut diapresiasi tinggi.

Keunikan belum selesai.

Untuk masuk ke dalam kabin tidak ada pintu samping. Ya, satu-satunya akses masuk dari bagian muka mobil. Pertama, bingkai kaca windshield bisa dibuka ke atas, lalu panel apron depan dijadikan pintu yang dibuka ke samping dengan model engsel. Setir Deora juga dirancang agar bisa bergeser ke samping ketika pintu dibuka.

Di bagian interiornya, keunikan bisa dilihat dari panel-panel instrumen yang justru ada di samping kiri pengemudi. Agak repot ya. Tapi unik.

Di sektor dapur pacunya, Deora dibekali mesin bawaan Dodge A100 - mesin 6 silinder segaris 2,8 liter. Berkat mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebear 102 hp dan dikawinkan dengan transmisi manual 3-percepatan.

Penempatan mesinnya sendiri disesuaikan letaknya. Hal tersebut lantaran bentuk kabin yang berbeda. Posisi mesin dimundurkan sekitar 15 inci dan dimodifikasi guna pemasangan intake manifold dan dua karburator.

Nama Deora sendiri merupakan hasil sayembara pemberian nama oleh perusahaan mainan AMT (Aluminium Model Toy). Saat itu, AMT berencana membuat miniatur mobil ini.

Dodge Deora hadir pertama kali di tahun 1967. Selama 30 tahun lebih, Deora dimiliki Al Davis sebelum akhirnya direstorasi pada tahun 1998 oleh empunya Harry Bantley Bradley.

Di tahun 2002, tepatnya pada acara 50 tahun Anniversary Detroit Autorama, Deora hadir untuk kedua kalinya sebagai special display. Baru pada 2009 silam, Deora dijual senilai 324.500 Dolar AS (Rp4,7 miliar) melalui sebuah acara di California.

SAMPAIKAN KOMENTAR