F1 GP China 2018: Daniel Ricciardo Posisi Pertama, Dimana Vettel?

F1 GP China 2018: Daniel Ricciardo Posisi Pertama, Dimana Vettel?

15Apr
INTERSPORT.ID ON 15 April 2018
INTERSPORT.ID ON 15 Apr 2018

Formula 1 kembali hadir lagi di Tiongkok tepatnya di Shanghai International Circuit hari Minggu, 15 April 2018 ini. Ini adalah Grand Prix ketiga dari Formula 1 tahun 2018 ini setelah sebelumnya telah berlangsung di Australia pada bulan Maret 2018 lalu dan di Bahrain pada awal bulan April 2018. Pada kedua Grand Prix tersebut, Sebastian Vettel terlihat terus mendominasi posisi pertama, namun kejutan terjadi di Grand Prix Tiongkok kali ini: Sebastian Vettel tidak terlihat naik podium. Dimanakah Vettel?

Penuh kejutan. Dua kata tersebut tampaknya cocok untuk menggambarkan jalannya GP di Tiongkok. Setelah sebelumnya pada babak kualifikasi, posisi pertama dirajai oleh Sebastian Vettel yang merupakan pemenang GP sebelumnya yang berlangsung di Bahrain, pada balapan hari Minggu, 15 April 2018, posisi pertama malah direbut oleh Daniel Ricciardo yang sebelumnya pada babak kualifikasi menempati posisi keenam.

Awalnya, Sebastian Vettel memang menguasai jalannya balapan. Vettel masih berada di posisi terdepan. Bahkan sampai lap ke-13, Vettel tampak makin menjauhkan diri dari lawannya. Posisi berubah ketika Vettel masuk ke pitstop untuk mengganti bannya. Vettel kemudian harus puas berada di posisi ketiga sedangkan posisi pertama ditempati oleh Raikkonen.

Pada kondisi seperti ini, persaingan sengit terjadi antara Raikkonen di posisi pertama, Bottas di posisi kedua, dan Vettel yang masih di posisi ketiga. Kemudian, Bottas berhasil menyalip Raikkonen dan menempati posisi terdepan. Setelah itu, Raikkonen masuk ke pitstop dan Vettel bisa berada pada posisi kedua.

Sayangnya, Vettel mengalami insiden dimana Vettel dan Verstappen bersinggunga di tikungan sehingga terjadi spin. Hal ini membuat posisi Vettel merosot ke posisi tujuh dan Verstappen mendapatkan pinalti sebanyak 10 detik.

Kondisi seperti ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Daniel Ricciardo yang memacu kecepatannya dan berhasil menyalip untuk memperoleh posisi kedua. Tak hanya puas disitu, Ricciardo kemudian bersaing ketat dengan Bottas yang masih tetap berjaya di posisi pertama.

Namun, meski berada di posisi pertama, Ricciardo akhirnya berhasil menyalip Bottas dan menjadikannya berada di posisi terdepan pada lap ke-46, menjauhi lawan-lawannya seperti Bottas, Vettel, dan yang lainnya. Posisi ini tidak goyah hingga lap terakhir yaitu lap ke-56 yang berhasil menjadikan Ricciardo sebagai juaranya. Bahkan, pada lima putaran terakhir, Ricciardo terlihat semakin memperkuat posisinya dan menjauh dari kejaran Bottas yang akhirnya finish di posisi kedua

Ini adalah kemenangan pertama Ricciardo dari tim Redbull di ajang Formula 1 tahun 2018 karena sebelumnya posisi pertama memang selalu ditempati oleh Sebastian Vettel. Namun, bagi Ricciardo, ini merupakan kemenangannya yang keenam di sepanjang karirnya. Kemenangan pembalap asal Australia ini terakhir terjadi pada tahun 2017 lalu di GP Azerbaijan. Sedangkan Vettel harus puas finish di posisi kedelapan karena kecelakaan yang terjadi di tengah balap berlangsung.

Berikut adalah hasil lengkap dari F1 seri ketiga GP China 2018

  1. Daniel Ricciardo AUS Aston Martin Red Bull Racing 56 laps
  2. Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Motorsport
  3. Kimi Raikkonen FIN Scuderia Ferrari
  4. Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Motorsport
  5. Max Verstappen NED Aston Martin Red Bull Racing*
  6. Nico Hulkenberg GER Renault Sport Formula One Team
  7. Fernando Alonso ESP McLaren F1 Team
  8. Sebastian Vettel GER Scuderia Ferrari
  9. Carlos Sainz Jr. ESP Renault Sport Formula One Team
  10. Kevin Magnussen DEN Haas F1 Team
  11. Esteban Ocon FRA Sahara Force India F1 Team
  12. Sergio Perez MEX Sahara Force India F1 Team
  13. Stoffel Vandoorne BEL McLaren F1 Team
  14. Lance Stroll CAN Williams Martini Racing
  15. Sergey Sirotkin RUS Williams Martini Racing
  16. Marcus Ericsson SWE Alfa Romeo Sauber F1 Team
  17. Romain Grosjean FRA Haas F1 Team
  18. Pierre Gasly FRA Red Bull Toro Rosso Honda
  19. Charles Leclerc MON Alfa Romeo Sauber F1 Team

Did not finish

Brendon Hartley NZL Red Bull Toro Rosso Honda

Image source: https://www.formula1.com/

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN