Enggak Usah Bingung, Ini Bedanya Supercar dan Hypercar

Enggak Usah Bingung, Ini Bedanya Supercar dan Hypercar

25Nov
INTERSPORT.ID ON 25 November 2017
INTERSPORT.ID ON 25 Nov 2017

Pertama kali digunakan tahun 1920 oleh surat kabar Inggris The Times untuk mendeskripsikan Ensign 6 bermesin 6,7 liter, istilah “supercar” kini diasosiasikan dengan mobil yang memiliki performa, teknologi, dan desain terbaik dibanding mobil pada umumnya.

Tapi, masih banyak orang yang bingung membedakan antara supercar dan hypercar. Apalagi keduanya sama-sama punya performa tinggi dan desain yang nyentrik. Pada dasarnya semua hypercar itu adalah supercar, tapi enggak semua supercar bisa disebut hypercar. Makin bingung kan lo? Nih simak penjelasan berikut ini.

Supercar biasanya bisa diliat dari beberapa karakteristik umum: performa, teknologi, desain, dan harga. Meski begitu, supercar enggak harus memenuhi semua karakteristik yang disebutkan tadi. Asalkan performa mesinnya terbilang tinggi, sebuah mobil layak dipanggil supercar.

Sumber

Kita ambil contoh Corvette C7 ZO6. Catatan waktu dan kecepatan mobil ini sangat luar biasa, tapi cuma dibanderol US$80.000 (sekitar Rp1,1 M) yang jauh lebih murah dibanding mobil lain dengan performa yang sama. Meski harganya murah, Corvette C7 ZO6 pantas disebut supercar karena performanya yang tinggi. Sama halnya dengan Ariel Atom V8. Meski desainnya enggak seheboh supercar lain (misalnya Lamborghini Aventador), performa mesin yang mampu memuntahkan tenaga 500 hp membuat mobil tanpa bodi ini juga termasuk kategori supercar.

Terus gimana dengan hypercar? Untuk disebut sebagai hypercar, sebuah mobil harus memenuhi semua kriteria supercar dan menembus batasan dari segi performa, teknologi, dan desain. Supercar seperti McLaren P1, La Ferrari, dan Porsche 918 termasuk dalam kategori hypercar karena punya tenaga menyentuh 1.000 hp, teknologi terbaru yang super canggih, desain yang gokil, serta harga yang mencapai jutaan dolar. Selain tiga nama tadi, ada juga Bugatti Chiron bertenaga 1.479 bhp seharga Rp35 miliar yang pastinya juga termasuk hypercar.

Nah, sekarang udah kebayang kan lo bedanya supercar sama hypercar?

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN