Enggak Semuanya Sama, Ini Level Teknologi Mobil Autonomous

Enggak Semuanya Sama, Ini Level Teknologi Mobil Autonomous

24Nov
INTERSPORT.ID ON 24 November 2017
INTERSPORT.ID ON 24 Nov 2017

Pengembangan mobil autonomous atau yang bisa nyetir sendiri emang lagi gencar-gencarnya dilakukan sama banyak produsen otomotif dunia. Tapi, ternyata enggak semua mobil autonomous itu punya teknologi yang sama. Ada level tertentu yang ditentukan oleh SAE International untuk membedakan seberapa canggih dan majunya fitur autonomous yang ada pada sebuah mobil. Ini dia penjelasannya.

  • Level 0: Enggak Ada Otomatisasi

Mobil dengan Level 0 sama sekali enggak punya fitur otomatis sehingga pengaturan kecepatan, pengereman, dan kemudi mobil semua bergantung pada si pengemudi.

  • Level 1: Asistensi Pengemudi Dibutuhkan

Adaptive Cruise Control yang bisa mengurangi kecepatan secara otomatis saat terjadi perlambatan lalu lintas serta Lane Keeping Assistance yang mampu membantu menjaga mobil tetap di jalurnya termasuk ke dalam fitur autonomous Level 1. Di level ini pengemudi harus memerhatikan kondisi jalan dan mengendalikan mobil secara penuh.

  • Level 2: Pilihan Otomatisasi Sebagian Tersedia

Mulai dari Tesla Autopilot, Volvo Pilot Assist, Mercedes-Benz Drive Pilot, sampai Cadillac Super Cruise termasuk fitur autonomous yang ada di Level 2. Di Level ini, mobil udah mampu mengatur kecepatan dan kemudi di kondisi tertentu, misalnya di jalan bebas hambatan. Tapi karena kemampuannya masih terbatas, pengemudi tetap harus memperhatikan jalan dan siap untuk mengambil alih jika kondisi berkendara udah enggak mampu di-handle sama sistem autonomous.

  • Level 3: Otomatisasi Kondisional

Audi mengklaim bahwa model A8 terbarunya adalah mobil produksi pertama yang mampu mencapai fitur autonomous Level 3. Ketika sistem autonomous diaktifkan, mobil ini mampu memonitor lingkungan sekitar secara aktif. Ditambah dengan fitur Audi AI Traffic Jam Pilot, Audi A8 bisa mengambil alih kemudi saat kondisi macet dengan kecepatan lalu lintas di bawah 59,5 km/jam. Di level ini, pengemudi tetap harus siap menerima permintaan intervensi saat kondisi jalan kembali lancar dan kecepatan mobil berada di atas 59,5 km/jam.

  • Level 4: Otomatisasi Tinggi

Secara umum mobil dengan fitur autonomous Level 4 udah mampu nyetirin lo di kondisi normal. Tapi di kondisi tertentu misalnya cuaca buruk, pengemudi harus siap untuk mengambil alih kemudi. Waymo yang dulunya merupakan proyek self-driving Google pernah mengklaim bahwa mobil autonomous yang mereka kembangkan udah mengantongi Level 4 dan terus melakukan uji coba untuk menyempurnakannya.

  • Level 5: Otomatisasi Penuh

Kalau mobil autonomous udah mencapai Level 5, mobil tersebut layak dibilang “bisa nyetir sendiri”. Soalnya di level ini manusia cuma jadi penumpang yang nentuin ke mana tujuan mobil. Selebihnya, semua bakal diambil alih sama sistem autonomous.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN