Edan! Dari Setir hingga Dashboard, Mobil Listrik ini Dipenuhi Touchscreen
11
Jan
0 Comment Share Likes 165 View

Perusahaan startup asal Tiongkok, Byton, sukses mengejutkan dunia otomotif tahun lalu di ajang Consumer Electronics Show (CES), dimana mereka memamerkan mobil konsep M-Byte. Mobil listrik SUV ini dipenuhi dengan layar touchscreen yang besar untuk head unit yang terletak di dashboard-nya.

Paling menarik adalah ukurannya, bro. Dashboard-nya dipenuhi dengan satu layar touchscreen berukuran 48 inci. Mengalahkan Tesla yang ukurannya hanya 17 inci. Kalau dihitung-hitung, ukurannya 7 kali lebih besar dari iPad.

Disebut dengan Shared Experience Display (SED), layar touchscreen ini merupakan yang terbesar yang ada di mobil sejauh ini. Meskipun dimensinya terlihat seperti mengganggu, ternyata Byton mengklaim layar ini sama sekali tidak mengganggu visibilitas dari pengemudi. Bahkan, Byton juga menyebutkan bahwa SED sudah melewati semua tes standar kecelakaan dan keamanan di negara mana mobil ini akan dijual.

Masih kurang dengan layar 48 inci yang ada di dashboard? Byton juga menyelipkan satu layar touchscreen lagi di bagian setir. Kali ini, ukurannya hanya 7 inci, bro. Layar ini memudahkan pengemudi untuk melakukan pengaturan yang ada di SED.

Untuk penumpang juga bisa menggunakan layar touchscreen, karena di bagian belakang headrest juga sudah diaplikasikan. Total ada 5 unit layar touchscreen yang ada di mobil ini, bro.

Namun, ini masih versi awal dan kabarnya akan ada penyesuaian lagi. Byton M-Byte versi produksi direncanakan untuk rilis pertengahan tahun ini. Sementara untuk produksinya, baru akan dimulai akhir tahun 2019 di Nanjing, Cina. Selanjutnya, mobil listrik SUV ini akan dijual pertama di Cina, diikuti Amerika Utara pada 2020 mendatang.

Pembeli Byton M-Byte bisa memilih mobil yang menggunakan baterai 71 kWh dengan jarak tempuh 250 mil dengan harga mulai dari US$ 45.000 atau baterai 95 kWh dengan jarak tempuh 325 mil yang harganya jelas lebih mahal lagi.

SAMPAIKAN KOMENTAR