Deretan Supercar Bermesin V8
21
May
0 Comment Share Likes 452 View

Bicara soal mesin V8, mesin tersebut memang begitu identik dengan sebuah mobil khas Amerika Serikat yang memiliki dimensi yang besar atau kerap disebut dengan muscle car. Tapi sebenarnya mesin V8 tersebut tidak hanya digunakan pada sebuah muscle car saja.

Ada banyak jenis mobil yang mempercayakan mesin V8 sebagai jantung penggerak mobil tersebut. Kita sebut saja Lexus LS400 atau Toyota Celsior yang menggunakan mesin V8 dengan kode 1UZ-FE. Selain mesin ini pun banyak digunakan untuk sebuah mobil dengan jenis SUV.

Nah bicara soal supercar, umumnya menggunakan mesin yang lebih besar dari V8. Ada V10, V12 hingga W12. Tapi ada juga loh supercar yang menggunakan mesin V8. Berikut deretannya

Koenigsegg CCR

Terlepas dari kenyataan bahwa Koenigsegg adalah produsen hypercar yang terkenal saat ini, pada awal 2000-an, perusahaan baru saja mulai membuat nama untuk dirinya sendiri. Salah satu mobil pertama yang diproduksi Koenigsegg adalah CCR, yang diperkenalkan pada 2004.

CCR terbukti menjadi model yang sangat penting dalam sejarah perusahaan sejak dijual dalam 14 contoh, berhasil memecahkan beberapa rekor kecepatan dan menunjukkan kepada dunia mobil bahwa perusahaan Koenigsegg adalah kekuatan yang harus diperhitungkan. Namun, di bawah kap CCR adalah hati Amerika, dalam bentuk mesin V8 4,6 liter modular Ford yang sepenuhnya disetel dan supercharged oleh para ahli Koenigsegg untuk menghasilkan 817 HP.

Saleen S7

Semua pecinta Ford Mustang pasti akan mengenali Steve Saleen karena ia adalah salah satu tuner terbaik dari Mustang model akhir dan salah satu nama yang paling dikenal dalam bisnis ini. Ada yang bilang dia ke '80-an atau Mustangs baru apa Carroll Shelby adalah untuk mobil otot 60-an. Either way, ia adalah pembangun mobil kinerja baru dan legenda dari adegan mobil Amerika.

Pada awal 2000-an, Steve Saleen memutuskan untuk keluar dan memasuki pasar supercar dengan model S7, model eksotis yang sangat cepat, tampan, dan kuat yang menampilkan teknologi terbaru dan kekuatan V8 yang terbukti. Saleen menginvestasikan banyak waktu dan uang untuk membangun S7 dan bahkan menggunakan perusahaan yang memproduksi suku cadang untuk mobil-mobil Formula Satu untuk membantunya dalam pengembangan mobil ini.

Ford GT

Supercar awal 2000-an memotivasi banyak produsen untuk menawarkan mobil-mobil eksotis, memperkenalkan model-model baru atau menghidupkan kembali beberapa nama legendaris lama. Ford ikut serta dengan supercar baru dan bergaya retro yang disebut sekadar GT yang merupakan penerus GT40 pemenang Le Mans yang fantastis dari akhir tahun 60an.

GT 2004 adalah mobil yang sempurna dalam banyak hal. Tidak hanya itu diperkenalkan pada ketinggian desain mobil retro-futuristik, tetapi juga sangat mampu, kuat dan cepat. Saat ini, itu adalah salah satu supercar terbaik di dunia dan pembeli menyukainya, bahkan di Eropa. Bahkan, hanya dalam dua tahun produksi, Ford berhasil menjual lebih dari 4000 contoh menjadikannya salah satu supercar paling sukses dalam hal popularitas.

Inti dari Ford GT adalah V8 supercharged 5,4 liter yang luar biasa dari Ford dengan 550 HP. GT mampu mencapai waktu 0 hingga 60 mph hanya dalam 3,4 detik dan kecepatan tertinggi 205 mph. Terlepas dari kenyataan bahwa Ford GT tidak dibangun atau dirancang dengan pemikiran balap, mobil ini terbukti cukup mampu di lintasan di tangan tim swasta.

Hennessey Venom GT

Jika Anda suka mobil performa domestik, Anda tentu tahu tentang Hennessey dari Texas. Dalam beberapa dekade terakhir, mereka telah menjadi salah satu nama terbesar dalam otot aftermarket dan performa mobil, kit konversi, mesin, dll. Dan sejak 2011, mereka juga merupakan produsen supercar dengan Venom GT.

Venom GT bukan mobil 100% Amerika tetapi jenis hibrida Inggris-Amerika. Ini didasarkan pada Lotus Elise tetapi dimodifikasi secara signifikan, diperlebar dan diregangkan dengan suspensi, rem, desain, dan drivetrain yang berbeda. Praktis semuanya baru dan berbeda dari mobil asli. Tenaga berasal dari mesin LS2 V8 a7.0 liter dengan tiga tingkat daya - 800 HP, 1000 HP, dan 1200 HP.

Venom GT tersedia sebagai coupe atau convertible dan memegang rekor dunia untuk mobil produksi tercepat dari 0–186 mph (0–300 km / jam) dengan waktu rata-rata 13,63 detik. Produksi berakhir pada 2017 setelah 13 mobil dibuat.

Zenvo ST1

Denmark bukan tempat di mana supercar biasanya dibuat tetapi Zenvo ST1 diatur untuk mengubahnya. Supercar Denmark memiliki semua bahan yang tepat untuk menjadi mobil sport sempurna abad ke-21 dengan desain modern, bahan ruang-usia dan LS7 V8 besar di bagian belakang. Mesin ini dipinjam dari Chevrolet Camaro dan memiliki hampir 1.100 HP dalam nada Zenvo. Dengan daya tembak seperti ini, diklaim kecepatan tertinggi 233 mph benar-benar dapat diterima.

 SCC Ultimate Aero TT

Nama Shelby sangat terkenal di seluruh dunia otomotif, dan Jerod Shelby memilih untuk memanggil perusahaannya SSC Amerika Utara hanya untuk menghindari koneksi dengan Carroll kepada siapa dia tidak terkait. Namun, kedua orang bernama Shelby memiliki kebutuhan besar untuk kecepatan dan Jerod `s terwujud dalam bentuk Ultimate Aero, diperkenalkan pada tahun 2006.

The Ultimate Aero dirancang untuk menjadi supercar tercepat dan terkuat di pasar dengan rekayasa yang mewakili perpaduan sempurna antara teknologi balap dan desain trem. Model Ultimate Aero pertama menggunakan mesin balap Corvette 6.2 liter dengan hampir 800 HP yang mendorong binatang ini ke 238 mph.

Mosler MT900

Orang di belakang mobil ini adalah konstruktor dan pengusaha mobil terkenal asal Amerika Warren Mosler. Dia sudah dikenal sebagai orang di balik GTP Konsulier yang aneh tapi mampu. Tapi, kreasi terbarunya yang disebut Mosler MT900 bahkan lebih sukses, dan bisa dibilang supercar yang lebih tampan.

Diperkenalkan pada tahun 2001, MT900 adalah produk dari proses pengembangan panjang dengan tujuan menghadirkan mobil seringan dan sekuat mungkin. Kita dapat mengatakan bahwa Warren Mosler berhasil, karena MT900 hanya berbobot 2.500 lb yang lebih rendah dari para pesaing. Mobil ini ditenagai oleh V8 5,7 liter dengan 350 HP atau 7,0 liter V8 dengan 435 HP dalam versi MT900 S.

Arash AF10

Perusahaan kecil Inggris Arash membuat berita dengan beberapa prototipe supercar di mana AF10 paling dekat dengan produksi skala penuh. Diperkenalkan pada 2009, ia menampilkan Chevrolet V8 dengan 500 HP.

Dalam beberapa tahun terakhir, mobil itu direvisi dan diberi powertrain hybrid baru dengan output daya diklaim 2080 HP. Angka gila ini mengangkat alis publik supercar tetapi tidak ada yang terdengar dari perusahaan sejak pengumuman itu.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR