Deretan Mobil Sport Dibawah 1M
13
Jun
0 Comment Share Likes 163 View

Kalau bicara soal mobil sport alias sport car, pasti yang kita pikirkan adalah mobil-mobil mewah yang harganya selangit, bahkan mencapai hingga miliaran rupiah. Desain mewah dan mesin-mesin dengan performa tinggi membuat mobil sport tetap digandrungi oleh para car enthusiast walaupun harganya terkadang bikin geleng-geleng kepala. Tapi ternyata, di Indonesia ada beberapa merek mobil sport yang bisa dibilang lebih murah jika dibandingkan dengan mobil-mobil sport lain yang sejenis, bahkan katanya dibanderol dengan harga di bawah 1 miliar rupiah. Apa saja, ya? Berikut ulasannya.

  1. TOYOTA 86 (Rp716,5 juta)

Toyota 86 versi teranyar diluncurkan oleh Toyota di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di tahun 2017 lalu. Mobil sport ini memang memiliki desain yang sederhana, tetapi performanya cukup agresif. Mobil ini dilengkapi dengan mesin Boxer berkapasitas 1.998 cc dengan gerakan piston yang menyamping.

Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan oleh Toyota 86 adalah 197 tenaga kuda dan diklaim memiliki handling yang nyaman ketika dipacu dengan kecepatan tinggi. Konsumen juga tidak perlu khawatir soal perawatan karena suku cadang mobil-mobil Toyota, bahkan mobil sport-nya sekalipun dapat ditemukan dengan mudah. Konsumsi bensinnya juga bisa dibilang cukup irit untuk ukuran mobil sport, yaitu kurang lebih 9,4 kilometer per liter bensin.

 

  1. MAZDA MX 5 RF SKYACTIV-G 2.0 (Rp779,8 juta)

Tidak mau kalah dari Toyota, Mazda juga sempat mengeluarkan model mobil sport, yaitu Mazda MX 5 RF Skyactiv G 2.0. Mobil Mazda MX 5 RF ini juga dikenal dengan nama Mazda Miata. Pria Intersport yang hobi bermain game konsol Need For Speed pasti sudah sangat akrab dengan nama Miata.

Mazda MX 5 RF adalah model versi Roadster, atau memiliki atap yang bisa dibuka. Mobil ini memiiki bobot yang bisa dibilang cukup ringan, tetapi hal ini ternyata berdampak pada interiornya yang menjadi lebih sempit. Bagi yang memiliki tinggi badan lebih dari 185 cm sepertinya tidak akan merasa nyaman mengenadarai mobil yang satu ini.

Untuk mesinnya, Mazda MX 5 RF ini dilengkapi dengan mesin empat silinder dengan kapasitas yang sama dengan Toyota 86, yaitu 1.998 cc. Mobil ini menggunakan teknologi Skyactiv tetapi tanpa turbo, makanya tenaga maksimum yang bisa dikeluarkannya terbatas hanya sampai 155 tenaga kuda.

 

  1. VW SCIROCCO TSI (Rp600 jutaan)

Volkswagen Scirocco TSI merupakan salah satu mobil sport murah yang memiliki desain ciamik. Mobil Scirocco TSI ini mempunyai tampilan yang lumayan agresif, dengan bodi lebar dan bagian belakang yang agak “gemuk”. Kendati memiliki desain interior yang rapi dan cukup nyaman, sayangnya desain interiornya tidak seatrakif eksteriornya. Untuk ukuran mobil sport, mobil ini memiiki bagasi yang terbilang cukup luas, dan bisa menunjang kebutuhan penggunaan sehari-hari.

Scirocco TSI dilengkapi dengan mesin turbo berkapasitas 1.500 cc dan bisa menghasilkan tenaga maksima hingga 160 hp. Mesin dari mobil Scirocco ini ternyata pernah menyabet penghargaan International Engine of The Year sebanyak dua kali. Mesin ini membuat suara di putaran atas VW Scirocco memiliki raungan mesin yang mirip dengan mobil balap. Sayangnya, hal ini berdampak pada konsumsi bensin yang menjadi lebih boros.

  

  1. MINI COOPER JCW (Rp865 juta)

Mobil imut asal Inggris yang satu ini juga ternyata memiliki model mobil sport yang dibanderol dengan harga di bawah 1 miliar rupiah. Hadir dengan nama Mini Cooper JCW, produsen mobil Mini Cooper mendesain mobil ini sehingga tersedia dalam dua versi, yaitu versi lima pintu dan versi tiga pintu. Desain mobil ini mempertahankan nuansa klasik khas mobil-mobil Mini Cooper. JCW sendiri adalah singkatan dari John Cooper Works, dan label ini digunakan sebagai penghormatan bagi seorang perancang mobil balap legendaris. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2015 lalu.

Mobil Mini Cooper JCW ini memiliki desain interior yang membawa kesan sporty, tetapi juga menampilkan sisi elegannya tersendiri. Ruang bagasinya juga cukup luas, mencapai kapasitas 221 liter. Mobil ini juga dilengkapi dengan mesin turbo berkapasitas 2,0 liter yang menghasilkan keluaran tenaga hingga 231 tenaga kuda, dan juga dilengkapi dengan transmisi enam percepatan. Mini Cooper juga mengklaim bahwa mobil ini cukup irit bensin dan menjamin pengalaman berkendara dengan handling yang nyaman dan ringan.

 

  1. SUBARU BRZ (Rp400 jutaan)

Motor Image, dealer resmi mobil Subaru di Indonesia memang diketahui sudah tidak memperjualbelikan mobil-mobil merek Subaru lagi sejak sekitar tahun 2015 sampai 2016. Tetapi seri mobil Subaru BRZ ini masih dijual di pasaran meskipun dalam kondisi bekas.

Subaru BRZ ini disebut sebagai kembaran dari mobil Toyota 86 karena memiliki desain dan fitur yang nyaris identik. Perbedaan mendasar yang dimiliki kedua jenis mobil ini terletak pada Front grill-nya dan bentuk lampu utamanya. Katanya, handling Subaru BRZ juga tidak senyaman Toyota 86, terlebih saat melintasi polisi tidur. Tetapi bagi para pehobi slalom atau drift, Subaru BRZ dinilai lebih unggul dibandingkan dengan kembarannya.

 

  1. HONDA CRZ (Rp300 jutaan)

Mengalami nasib yang sama dengan mobil Subaru BRZ, mobil Honda CRZ ini juga sudah tidak diproduksi lagi sejak tahun 2015 yang lalu. Walaupun begitu, mobil ini masih beredar di pasaran dalam kondisi bekas. Mobil yang memiliki desain yang terlihat agresif ini diketahui sering menjadi andalan sebagai mobil pengawas atau safety car di setiap ajang balapan mobil di Sirkuit Sentul.

Banyak yang belum tahu bahwa Honda CRZ adalah mobil sport hybrid atau perpaduan motor listrik dan mesin pembakaran dalam yang dilengkapi dengan mesin i-VTEC 1,5 SOHC dengan Integrated Motor Assist (IMA). Mesin ini membuat performa mobil ini lebih responsif dan powerful, tetapi tetap hemat bahan bakar. Sayangnya, mesin hybrid ini membuat perawatannya agak sulit, sehingga jika kita tidak terbiasa menangani mesin semacam ini, lebih baik menyerahkan perawatannya pada ahlinya.

 

  1. DAIHATSU COPEN (Rp427,5 juta)

Daihatsu Copen memang dapat dikategorikan sebagai mobil sport, tetapi sayangnya belum memiliki performa sebaik mobil sport lain di kelasnya. Kapasitas mesin dengan tiga silinder yang terpasang pada mobil ini tidak sampai 1.000 cc, yaitu hanya sekitar 658 cc saja. Tenaga yang dihasilkan juga tidak terlalu besar, yaitu hanya 64 tenaga kuda. Tetapi karena bodinya banyak menggunakan material resin, mobil ini memiliki bobot yang cukup ringan, yaitu sekitar 800 kg.

Mobil Daihatsu Copen ini bisa menjadi pilihan yang cocok bagi para konsumen yang ingin merasakan sensasi mobil sport, tapi belum mau untuk merogoh kocek terlalu dalam. Biaya perawatannya juga dapat dipastikan lebih murah jika dibandingkan dengan mobil sport lainnya.

Itu dia ulasan mengenai mobil-mobil sport dengan harga di bawah 1 miliar rupiah yang ada di Indonesia. Meskipun untuk ukuran mobil sport mobil-mobil tersebut bisa disebut murah, tetapi tentu sebagian besar harganya masih lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil-mobil hatchback yang umum digunakan di Indonesia.

SAMPAIKAN KOMENTAR