Deretan Mobil Paling Aman di Dunia

Deretan Mobil Paling Aman di Dunia

11Jul
INTERSPORT.ID ON 11 July 2018
INTERSPORT.ID ON 11 Jul 2018

Kecelakaan jalan raya terkadang sulit dihindari, entah karena diri sendiri yang kurang fit atau orang lain yang kurang waspada. Namun, potensi cedera dan kematian akibat kecelakaan sebenarnya bisa dikurangi dengan material ataupun fitur yang dipasangkan pada mobil.

Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) melakukan survey dan pengujian tabrak samping kepada mobil-mobil untuk mendapatkan hasil berupa daftar mobil-mobil yang paling aman. Totalnya ada 15 mobil yang termasuk dalam mobil paling aman versi IIHS. Mobil tersebut digolongkan dalam mobil sedan kecil, mobil sedan, mobil sedan besar, mobil SUV menengah, dan SUV mewah menengah. Mau tahu beberapa mobil yang termasuk di dalam kategori tersebut?

Kategori sedan kecil

Ada dua mobil buatan Kia dan dua mobil buatan Subaru yang termasuk dalam golongan kategori sedan kecil yang paling aman. Sedan buatan Kia yang mendapatkan gelar mobil teraman adalah Kia Forte dan Kia Soul.

Deretan Mobil Paling Aman di Dunia

Image source: https://www.kia.com/

Kia memasang airbag pada banyak lokasi di mobil Kia Forte dan Kia Soul. Ada air bag yang di pasang di depan pengemudi hingga bagian samping untuk mencegah cedera karena tabrakan dari samping. Selain itu, khusus pada Kia Soul, bagian depan dan samping mobil didesain untuk bisa menyerap dan menyebarkan energi dari tumbukan. Pantas saja kedua mobil dari Kia ini menjadi mobil paling aman.

Deretan Mobil Paling Aman di Dunia

Image source: https://www.caranddriver.com/

Sedangkan mobil sedan kecil teraman buatan Subaru adalah Subaru Impreza dan WRX. Keduanya memiliki fitur keamanan yang sama yaitu teknologi EyeSight Driver Assist Technology yaitu teknologi yang bisa membantu memonitor pergerakan mobil dan menjaga tetap pada jalurnya; Blind-Spot Detection and Rear Cross-Traffic Alert yang sangat membantu memudahkan parkir; SUBARU STARLINK Safety and Security yang mengintegrasikan antara pengguna dengan STARLINK customer care untuk urusan keamanan termasuk jika mobil dicuri; dan LED Steering Responsive Headlights and High Beam Assist untuk membantu pengelihatan di malam hari.

Kategori sedan

Dua mobil buatan Subaru kembali masuk ke dalam kategori mobil sedan yang paling aman yaitu Subaru Legacy dan Subaru Outback. Selain itu, ada satu mobil dari Toyota yaitu Toyota Camry yang masuk dalam kategori ini.

Deretan Mobil Paling Aman di Dunia

Image source: https://www.motorauthority.com/

Fitur keamanan yang ditanamkan pada Subaru Legacy dan Subaru Outback masih sama dengan Subaru Impreza dan WRX. Hal ini menunjukkan konsistensi dan dedikasi Subaru terhadap keamanan pengendara.

Sedangkan Toyota Camry menjadi salah satu mobil paling aman karena dilengkapi dengan fitur Pre-Collision System yang bisa mengetahui posisi pengendara dengan benda lain di jalanan untuk meminimalisir potensi kerusakan akibat kecelakaan dan pemilihan Halogen Headlights .

Kategori sedan besar

Sedangkan dalam kategori mobil sedan besar, ada lima mobil yang termasuk di dalamnya yaitu mobil BMW 5 Series, Genesis G80, Genesis G90, Lincoln Continental, dan Mercedes Benz E-Class.

Deretan Mobil Paling Aman di Dunia

Image source: https://www.autoevolution.com/

Contohnya saja BMW 5 Series yang memiliki banyak fitur keamanan dan lolos semua uji keamanan dari IIHS. Pada mobil tersebut terdapat air bag di depan dan samping mobil sehingga semua penumpang mobil aman. Fitur-fitur seperti Electronic Stability Control (ESC), child safety locks, cross traffic alert, blind spot monitor, night vision, dan juga lane departure warrning ikut menunjang mobil ini menjadi lebih aman.

Kategori SUV menengah

Deretan Mobil Paling Aman di Dunia

Image source: https://www.hyundaiusa.com/

Ada dua mobil buatan Hyundai yang masuk dalam kategori SUV menengah yaitu Hyundai Santa Fe dan juga versi sport-nya. Keduanya diunggulkan keselamatannya karena menggunakan teknologi Automatic Emergency Braking dan Pedestrian Detection yang bisa mengidentifikasi benda di sekitar lalu melakukan pengereman darurat jika diperlukan.

Kategori SUV mewah menengah

Deretan Mobil Paling Aman di Dunia

Image source: https://www.youtube.com/

Satu-satunya mobil yang paling aman dalam kategori SUV mewah menengah adalah Mercedes-Benz GLC. Mobil ini sangat sadar dengan keselamatan sehingga punya beberapa fitur yang khusus dipasangkan untuk menjamin penumpang dan pengemudinya aman selama berkendara. Bahkan, fiturnya dibagi menjadi empat bagian.

Yang pertama adalah keselamatan selama berkendara dengan fitur ESP dan sebagainya. Yang kedua adalah fitur saat berada pada kondisi darurat, salah satunya dengan ABS. Kemudian pada kondisi kecelakaan yaitu dengan air bag serta knee bag. Dan yang terakhir adalah keselamatan setelah kecelakaan yang meliputi kendaraan bisa secara otomatis mati, pintu mudah dibuka

Cover image source: https://www.thetorquereport.com/

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN