Deretan Mobil Lamborghini Tercepat
04
Jun
0 Comment Share Likes 294 View

Bicara soal supercar, Lamborghini memang selalu menjadi bahan pembicaraan. Siapa sangka kalau Lamborghini sudah menginjak usia lebih dari 50 tahun? Lucunya, setengah abad yang lalu, Lamborghini bukanlah produsen supercar, dan bahkan bukan produsen mobil sama sekali.  Pada masa awal didirikannya, Lamborghini adalah sebuah produsen traktor. Meski begitu, perusahaan mobil sport asal Italia ini nyatanya sukses menjadi salah satu produsen supercar kenamaan di seluruh dunia. Sudah sangat banyak model mobil hasil dari inovasi-inovasi brilian Lamborghini, tetapi di antara model-model mobil tersebut, ternyata ada beberapa mobil yang tercatat sebagai Lamborghini tercepat sepanjang sejarah perjalanan perusahaan supercar tersebut. Mau tahu? Ini dia ulasannya.

  1. Lamborghini Aventador

Lamborghini Aventador adalah mobil sport keluaran Lamborghini yang diluncurkan pada tanggal 28 Februari 2011 yang lalu. Mobil ini pertama kali diluncurkan secara resmi pada Geneva Motor Show, sekitar 5 bulan setelah pengenalan pertamanya di Sant’Agata Bolognese. Mobil ini memiliki kode LB834 sebagai kode mobilnya, dan disebut sebagai mobil yang menggantikan Murcielago sebagai mobil termahal yang pernah dijual Lamborghini. Beberapa waktu setelah peluncurannya, mobil ini menjadi salah satu supercar yang sangat populer, terlebih di kalangan pecinta sportcar dengan kecepatan tinggi.

Salah satu modelnya yang paling populer, yaitu Aventador LP700-4 Roadster, mulai diproduksi pada tanggal 27 Desember 2012. Mobil ini dilengkapi dengan mesin V12 berkapasitas 6,5 liter yang bisa menghasilkan tenaga hingga 700 hp. Mobil ini adalah mobil pertama yang kembali menggunakan mesin V12 sejak mesin serupa digunakan terakhir kali pada Lamborghini 350GT. Lamborghini mengklaim bahwa dengan mesin ini, Aventador LP700-4 Roadster bisa melaju dengan kecepatan hingga 100 km/h (62 mph) hanya dalam waktu 2,8 detik saja. Mobil ini juga memiliki kecepatan maksimal yang sama dengan versi coupe, yaitu 349 km/h atau setara 217 mph. Mobil dengan berat 1.625 kg ini dibanderol dengan harga USD 441.600 saat pertama kali diluncurkan.

 

  1. Lamborghini Veneno

Lamborghini Veneno kabarnya adalah salah satu produk mobil Lamborghini yang merupakan perkembangan dan penyempurnaan dari Aventador. Mobil ini pertama kali diluncurkan dalam acara Geneva Motor Show di tahun 2013. Mobil ini juga disebut-sebut sebagai produk spesial karena dibuat dalam rangka merayakan hari jadi Lamborghini yang ke 50 tahun. Saat pertama kali diperkenalkan, harga Lamborghini Veneno mencapai hingga USD 4,5 juta, menjadikannya salah satu dari jajaran mobil termahal yang pernah diproduksi di dunia.

Mesin yang digunakan pada Lamborghini Veneno adalah mesin V12 yang dikembangkan dari mesin yang dipakai pada Lamborghini Aventador. Mesin V12 ini berkapasitas 6,5 liter, tetapi bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar dari Aventador, yaitu hingga 740 hp. Sama dengan Aventador, Veneno bisa melaju dengan kecepatan hingga 100 km/h juga dalam waktu 2,8 detik. Bedanya, Veneno memiliki kecepatan maksimal hingga 221 mph.

Selain kecepatan yang mengagumkan, desain yang unik juga menjadi salah satu daya tarik dari Veneno. Desain mobil ini terinspirasi dari mobil-mobil LMP1, beberapa mobil balap, dan beberapa model Lamborghini terdahulu. Bodinya sendiri banyak mengadaptasi desain Aventador dan velgnya terinspirasi dari bentuk velg Lamborghini Countach.

 

  1. Lamborghini Sesto Elemento

Sesto Elemento jika diterjemahkan berarti Sixth Element atau Elemen Keenam. Nama ini merujuk pada nomor atom dari karbon, karena mobil ini menggunakan carbon fibre sebagai elemen di banyak bagian, baik bodi mobilnya, maupun kerangkanya. Mobil ini debut dalam acara Geneva Motor Show di tahun 2010, lebih awal dibandingkan dengan Aventador maupun Veneno. Penggunaan carbon fibre pada banyak komponen di mobil ini ternyata berpengaruh pada berat mobil yang menjadi relatif lebih ringan, yaitu hanya sekitar 999 kg saja.

Lamborghini Sesto Elemento dilengkapi dengan transmisi semi-otomatis enam percepatan, yang dikombinasikan dengan mesin V10 berkapasitas 5,2 liter yang diambil dari Gallardo Superleggera. Mesin ini diketahui bisa menghasilkan keluaran tenaga hingga 562 hp dan torsi 540 Nm. Dengan kombinasi mesin dan transmisi yang luar biasa, mobil ini bisa melaju hingga kecepatan 100 km/h hanya dalam waktu 2,5 detik, dan memiliki kecepatan maksimal hingga 220 mph atau setara 354 km/h.

Saat pertama kali diluncurkan, Lamborghini Sesto Elemento dibanderol dengan harga USD 2,2 juta. Harga yang fantastis tersebut dianggap sebanding dengan kualitas dan kecepatan yang ditawarkan oleh Sesto Elemento. Selain itu, mobil ini hanya diproduksi sebanyak 20 unit di seluruh dunia, menjadikannya salah satu Lamborghini yang cukup langka.

 

  1. Lamborghini Huracan

Soal memilih nama mobil, Lamborghini memang bisa dibilang selalu kreatif. Nama Huracan berasal dari bahasa Spanyol untuk Hurricane, yang berarti badai. Nama ini terinspirasi dari salah satu banteng asal Spanyol yang bertarung di tahun 1879.

Lamborghini Huracan melakukan debut internasionalnya di tahun 2014 pada Geneva Auto Show, menggantikan pendahulunya, Lamborghini Gallardo. Mobil ini mulai dipasarkan di pertengahan 2014 dan saat ini harganya diketahui mencapai USD 428.200 untuk seri LP 610-4 (AWD) dan USD 390.000 untuk seri LP 580-2 (RWD).

Untuk mesinnya, Lamborghini Huracan menggendong mesin V10 yang diambil dari Gallardo. Mesin ini berkapasitas 5,2 liter dan dimodifikasi sedemikian rupa hingga bisa menghasilkan tenaga hingga 610 hp. Demi memastikan keseimbangan dan performa mesin tersebut, Lamborghini melengkapi mesin tersebut dengan kombinasi sistem direct fuel injection dan multi-point fuel injection. Hal ini merupakan pertama kalinya kedua sistem injeksi tersebut dikombinasikan pada mesin V10. Adanya mesin ini juga memungkinkan Huracan untuk melaju hingga kecepatan 100 km/h hanya dalam 2,5 detik dan memiliki kecepatan maksimal 341 km/h atau setara 212 mph. Mobil Huracan seri LP 610-4 tercata menjadi salah satu mobil tercepat yang pernah diproduksi oleh Lamborghini.

 

  1. Lamborghini Murcielago

Satu lagi mobil Lamborghini yang dilengkapi dengan mesin V12, Lamborghini Murcielago. Murcielago adalah mobil sport yang diproduksi dengan jangka waktu yang cukup lama, yaitu dari tahun 2001, hingga tahun 2010. Mobil ini didesain oleh Luc Donckerwolke, dan diluncurkan untuk menggantikan Lamborghini pendahulunya, yaitu Lamborghini Diablo. Versi Roadster dari mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004.

Generasi pertama dari Lamborghini Murcielago adalah Murcielago VT yang pertama kali diperkenalkan di tahun 2001. Mobil ini menggunakan mesin V12 berkapasitas 6,2 liter dengan keluaran tenaga yang mencapai hingga 572 hp dan torsi 650 Nm. Seri LP 640 dari mobil ini bahkan bisa menghasilkan tenaga hingga 640 hp. Mobil ini diketahui bisa melaju hingga kecepatan 100 km/h dalam waktu 3,8 detik, satu detik lebih lambat jika dibandingkan dengan generasi penerusnya, Aventador. Tetapi Murcielago bisa mencapai kecepatan maksimal 330 km/h atau setara dengan 205 mph, mobil yang cukup cepat pada masanya. Mobil ini dibanderol dengan harga dasar USD 354.000.

 

  1. Lamborghini Centenario

Lamborghini Centenario ini bisa dibilang sebagai salah satu model Lamborghini yang cukup spesial, sebab mobil ini merupakan sportcar yang diproduksi secara terbatas oleh Lamborghini dalam rangka merayakan ulang tahun ke-100 pendiri perusahaan tersebut, yaitu Ferrucio Lamborghini.

Mobil ini bukan hanya supercar yang memiliki desain yang keren, tetapi juga salah satu yang tercepat dan termahal di antara model Lamborghini yang lainnya. Pertama kali diperkenalkan di Geneva Motor Show tahun 2016, mobil ini dibanderol dengan harga USD 2,5 juta. Tidak heran, mobil ini memang memiliki spesifikasi yang luar biasa. Dilengkapi dengan mesin V12 berkapasitas 6,5 liter yang menghasilkan 770 tenaga kuda dan torsi 690 Nm, mobil ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 217 mph dan bergerak dari kecepatan 0-100 km/h dalam waktu 2,8 detik, sama seperti pendahulunya yang legendaris, Lamborghini Aventador.

 

  1. Lamborghini Reventon

Satu lagi model mobil keluaran Lamborghini yang kecepatannya tidak perlu diragukan, Lamborghini Reventon. Mobil sport yang pertama kali diperkenalkan di Frankfurt Motor Show di tahun 2007 ini adalah mobil termahal yang pernah diproduksi oleh Lamborghini, sebelum akhirnya gelar tersebut dipegang oleh Lamborghini Veneno. Saat ini, Reventon dihargai sekitar USD 1,2 juta hingga USD 1,5 juta.

Sama seperti para pendahulu dan penerusnya, Lamborghini Reventon masih mempertahankan mesin V12 berkapasitas 6,5 liter sebagai mesin andalannya. Mesin ini menghasilkan 650 tenaga kuda dan mendorong mobil ini untuk memiliki kecepatan maksimal hingga 211 mph. Sayangnya, Reventon masih memiliki kecepatan yang relatif rendah jika dibandingkan dengan model yang lain. Mobil ini hanya mampu melaju hingga kecepatan 100 km/h dalam waktu 3,3 detik. Tetapi, sama seperti Sesto Elemento, mobil ini diproduksi secara terbatas, hanya tersedia sebanyak 20 unit di seluruh dunia.

 

Nah, sekarang Mas Bro sekalian sudah tahu kan, mobil-mobil Lamborghini yang tercepat yang pernah diproduksi oleh Lamborghini? Hebatnya, Lamborghini tidak pernah kehabisan akal untuk memperbarui produk-produknya mengikuti perkembangan zaman. Terbukti, dari tahun ke tahun, Lamborghini selalu berhasil mengeluarkan produk baru yang semakin keren. Salut!

SAMPAIKAN KOMENTAR