Deretan Mobil Favorit Keluarga Kerajaan Inggris
10
Jun
0 Comment Share Likes 103 View

Keluarga kerajaan Inggris memang identik dengan kemewahan dan sosok elegan yang ditampilkan oleh setiap anggotanya. Kerajaan Inggris memang tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu negara monarki yang paling menarik perhatian dunia saat ini. Kehidupan keluarga kerajaan Inggris memang selalu menjadi sorotan. Tetapi ternyata, dibalik kehidupan keluarga kerajaan tersebut, ternyata ada hal-hal yang tidak terlalu diliput oleh media, salah satunya adalah tentang kecintaan para anggota keluarga kerajaan terhadap mobil. Ratu Elizabeth II sendiri ternyata pernah menjadi montir truk tentara kerajaan Inggris di masa Perang dunia II, lho. Hal itu rupanya juga menjadi salah satu alasan sang Ratu menyukai mobil-mobil offroad. Tidak hanya sang Ratu, ternyata, anggota-anggota keluarga kerajaan Inggris yang lain juga mempunyai beberapa mobil favoritnya masing-masing. Apa saja, ya, kira-kira? Yuk, kita cari tahu!

  1. Land Rover Series I

Nah, mobil yang satu ini dipercaya sebagai mobil pertama yang membuat Ratu Elizabeth II jatuh cinta pada mobil-mobil offroad. Mobil Land Rover Series I ini dirilis pada tahun 1948, dan unit ke-100 dari model mobil ini kemudian dihadiahkan pada King George VI, yaitu ayah dari Ratu Elizabeth II. Barulah sekitar lima tahun kemudian, sang Ratu membeli Land Rover Series I keluaran tahun 1953, sesaat setelah dirinya dilantik menjadi Ratu. Kabarnya, meskipun mobil ini sudah cukup tua, tetapi sang Ratu masih suka menggunakannya hingga sekarang.

 

  1. Land Rover Defender

Kecintaan Ratu Elizabeth II pada mobil-mobil offroad memang tidak bisa disembunyikan. Terbukti, salah satu mobil favoritnya yang lain masih merupakan mobil offroad, yaitu Land Rover Defender. Salah satu alasan yang membuat sang Ratu sangat menyukai mobil ini adalah karena nuansa semi truk militer yang sangat terasa, mengingatkan sang Ratu pada masa-masa saat ia menjadi montir truk militer. Katanya, tipe favorit sang Ratu adalah Land Rover Defender 110 berwarna hitam keluaran tahun 2002.

 

  1. Rolls Royce Phantom IV

Rolls Royce dan kemewahan memang tidak bisa dipisahkan. Ternyata keluarga kerajaan Inggris juga menjadikan mobil-mobil keluaran Rolls Royce sebagai kendaraan favorit mereka. Salah satu koleksi mobil mereka yang kabarnya paling langka dan mewah adalah mobil Rolls Royce Phantom IV. Untuk model yang rilis di tahun 1950 ini, ternyata Rolls Royce hanya memproduksi sebanyak 17 unit dan seluruhnya dibuat untuk keluarga kerajaan. Mobil ini pernah terlihat digunakan sebagai iring-iringan mobil pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton.

 

  1. Rolls Royce Phantom VI

Selain Rolls Royce Phantom IV, seri mobil pabrikan Rolls Royce lainnya yang menjadi kendaraan andalan keluarga kerajaan Inggris adalah Rolls Royce Phantom VI. Mobil ini ternyata dihadiahkan oleh Asosiasi Produsen dan Pelaku Industri Otomotif Inggris saat baru saja dirilis dalam rangka memperingati perayaan Silver Jubilee atau peringatan 25 tahun bertakhtanya Ratu Elizabeth II pada tahun 1977. Mobil ini terus digunakan sebagai mobil kebesaran keluarga kerajaan Inggris, dan bahkan digunakan sebagai mobil pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton.

 

  1. Aston Martin DB6

Mas Bro yang suka menonton film-film James Bond pasti tidak asing dengan mobil Aston Martin DB6 ini. Mobil ini ternyata diproduksi secara terbatas, yaitu hanya ada sebanyak 140 unit saja di seluruh dunia, dan salah satunya dimiliki oleh Pangeran Charles. Mobil ini adalah hadiah ulang tahun ke-21 untuk Pangeran Charles dari Ratu Elizabeth. Pada tahun 2008, mobil ini sempat dimodifikasi agar bisa bergerak dengan bahan bakar wine Inggris. Hal ini merupakan upaya dari sang Pangeran agar mobil tersebut bisa lebih ramah lingkungan.

 

  1. Rover P5B

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kalau mobil Rover P58 ini adalah anak dari pabrikan Land Rover. Mobil bermesin V8 3,5 L berwarna Arden Green ini adalah mobil yang sering digunakan oleh Ratu Elizabeth II semasa mudanya dulu. Sayangnya, saat ini mobil tersebut sudah tidak lagi digunakan oleh sang Ratu, dan sudah dipajang di Heritage Motor Centre, Gaydon, Warwickshir, sejak tahun 2003 yang lalu.

 

Halaman selanjutnya

  1. Bentley State Limousine

Bentley memang jagonya membuat mobil-mobil mewah limited edition. Salah satu model limusinnya, yaitu Bentley State Limousine, dibuat secara khusus untuk keluarga kerajaan dan tidak diproduksi secara umum. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak dua unit dan desainnya disebut-sebut terinspirasi dari model Bentley Arnage R yang dianggap sebagai blueprint bagi model-model limusin keluaran Bentley. Mobil ini masih digunakan hingga saat ini dan telah mengalami modifikasi mesin bio-fuel pada tahun 2009.

 

  1. Bentley Mulsanne

Satu lagi seri mobil pabrikan Bentley yang digunakan oleh keluarga kerajaan, yaitu Bentley Mulsanne. Bentley secara khusus memproduksi 60 unit Bentley Mulsanne dalam rangka memperingati 60 tahun bertakhtanya Ratu Elizabeth II. Satu dari enam puluh unit mobil yang memiliki desain dan interior mewah tersebut dijadikan sebagai mobil pribadi sang Ratu. Sayangnya, di tahun 2016, mobil ini dijual dengan harga 285.000 dollar.

 

  1. Bentley Bentayga

Untuk mengembangkan Bentley Bentayga, SUV pertamanya ini, Bentley menghabiskan waktu bertahun-tahun dan biaya hingga miliaran dollar. Setelah mengalami pengembangan dalam waktu lama, Bentley akhirnya merilis Bentayga di tahun 2016. Ternyata pengembangan tersebut tidak sia-sia. Salah satu unit pertama dari Bentayga ini langsung dibeli oleh keluarga kerajaan dan diberikan khusus kepada Ratu Elizabeth II untuk keperluan penjelajahan di Skotlandia.

 

  1. Range Rover Landaulet

Meski sudah mengalami beberapa kali pergantian mobil, nyatanya hati sang Ratu masih tetap dimiliki oleh mobil Land Rover. Terbukti, di tahun ke-65 bertahktanya Ratu Elizabeth II, ia masih setia dengan produk Land Rover. Kali ini ia menggunakan mobil teranyar dari Land Rover, yaitu Range Rover Landaulet. Landaulet adalah salah satu mobil limusin dengan atap terbuka di bagian penumpangnya. Mobil ini sering terlihat digunakan oleh sang Ratu untuk menyapa rakyat-rakyat tercintanya. Seperti kebanyakan mobil kerajaan lainnya, mobil yang satu ini juga sudah dimodifikasi dengan teknologi bio-fuel agar ramah lingkungan.

 

  1. Audi A5

Walaupun keluarga kerajaan Inggris cenderung menggunakan mobil-mobil pabrikan Inggris, hal ini tidak berarti mereka anti dengan mobil-mobil dari luar Inggris, lho. Nyatanya, Pangeran William dan Pangeran Harry diketahui memiliki mobil Audi A5 sebagai mobil pribadi mereka. Tetapi ternyata, mereka menggunakannya bukan tanpa alasan. Keluarga kerajaan Inggris ternyata memiliki hubungan erat dengan Volkswagen Auto Group, induk perusahaan Audi.

 

  1. Jaguar Daimler V8 Super

Mobil Jaguar Daimler V8 yang mewah ini adalah mobil pribadi yang digunakan Ratu Elizabeth II sehari-hari setelah pengirimannya ke Istana Buckingham pada tahun 2001 yang lalu. Sang Ratu mengendarai mobilnya ini di sekitar perkebunannya di Kastil Windsor atau untuk mengunjungi teman dan pejabat kerajaan lainnya. Mobil ini dibuat custom untuk sang Ratu dan kabarnya memiliki tombol rahasia untuk menyalakan lampu saat dinas rahasia. Mobil ini juga dilengkapi dengan radio untuk menghubungi Home Office dan Downing Street. Sayangnya, mobil ini dilelang pada tahun 2013 dengan harga USD 40.500.

 

Tidak aneh memang kalau mobil-mobil favorit keluarga kerajaan Inggris semuanya memiliki kemewahan yang luar biasa. Keluarga bangsawan tersebut memang memiliki selera dan kecintaan yang sangat tinggi terhadap mobil. Bahkan katanya, hingga saat ini sang Ratu masih mampu mengendarai mobilnya sendiri, lho. Wow!

1 2
SAMPAIKAN KOMENTAR