Deretan Mobil Dengan Desain Terunik Di Dunia
07
Jun
0 Comment Share Likes 321 View

Saat mendengar kata “mobil”, hal yang akan muncul di pikiran kita pasti tidak jauh dari kendaraan roda empat dengan dua lampu depan dan belakang, spion, dasbor, jok, dan lain-lain. Tetapi ternyata di dunia otomotif yang penuh dengan segala kemungkinan ini ada saja pencipta-pencipta mobil yang membuat mobil dengan desain unik. Beberapa di antaranya bahkan bisa dibilang tidak masuk akal. Mas Bro pasti penasaran kan, seperti apa desain mobil tersebut? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

  1. General Motors Firebird XP-21

Mobil Firebird XP-21 ini adalah mobil keluaran General Motors di tahun 1953. Dilihat dari desain eksterior maupun interior, mobil ini terliht unik karena memiliki bentuk bodi yang persis dengan pesawat jet. Turbin mesin ini mampu berputar hingga 26.000 rpm untuk menghasilkan 370 tenaga kuda, yang tergolong sangat besar pada masanya.

 

  1. Peel P50

Mobil Peel P50 ini tercatat sebagai mobil produksi terkecil di dunia dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1962. Mobil ini memiliki 2 roda di depan dan satu roda di belakang, serta hanya memiliki satu pintu di sebelah kiri dan satu tempat duduk untuk pengemudi. Mobil ini tidak dilengkapi dengan reverse gear atau gigi mundur, jadi untuk memundurkan mobil ini kita harus keluar dan membalikkan mobilnya dengan mengangkat pegangan besi di bagian belakang. Untuk masuk ke dalam mobil ini ternyata dibutuhkan cara yang khusus, karena jika kita tidak mengikuti cara tersebut, mobil tersebut bisa membuat kita terjungkir, lho. Kendati memiliki desain yang aneh, mobil ini ternyata dibanderol dengan harga 1.400 poundsterling atau sekitar 26 juta rupiah.

 

  1. Colim

Mengangkat konsep mobil karavan, Colim memiliki desain yang tergolong unik karena bagian depan dan belakang mobilnya bisa dilepas. Bagian depan adalah bagian pengemudian dan bagian belakang adalah bagian yang berfungsi sebagai “rumah”. Tetapi sayangnya mobil ini masihlah konsep, karena masih dalam tahap pengembangan dan belum dirilis secara resmi. Wah, cocok buat mudik, nih!

 

  1. Pininfarina X

Mobil yang diproduksi di tahun 50 dan 60-an memang memiliki desain yang aneh-aneh karena mendapat pengaruh yang cukup besar dari Perang Dunia II. Salah satu contohnya adalah mobil Pininfarina X. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1960. Selain desain eksterior yang unik, mobil ini juga hanya memiliki satu roda depan, kebalikan dari Peel 50. Desain mobil ini kabarnya terinspirasi oleh Space Race.

 

  1. The Aurora

Meskipun namanya sangat cantik, The Aurora justru disebut-sebut sebagai salah satu mobil terjelek yang pernah diciptakan. Kendati demikian, kabarnya mobil ini merupakan mobil pertama yang menerapkan fitur ESV atau Experimental Safety Vehicle. Sayangnya, mobil ini dianggap sebagai produk gagal, karena sejak peluncurannya di tahun 1957, mobil ini hanya berhasil terjual sebanyak satu unit dengan harga 30.000 dollar Amerika.

 

  1. CitiCar

CitiCar, salah satu mobil yang memiliki desain yang nyentrik ini ternyata pernah populer di tahun 70-an. Produsen mobil ini, Sebring-Vanguard, bahkan sempat dinobatkan sebagai produsen mobil terbesar keenam berkat ciptaan uniknya tersebut. Hal ini ternyata dikarenakan oleh krisis minyak besar-besaran yang terjadi di sekitar tahun 1974 sampai 1975. Di tengah-tengah krisis minyak tersebut, Robert Beaunomert mengemukakan konsep mobil listrik sebagai pengganti bahan bakar minyak. Alhasil, diciptakanlah sebuah mobil yang mirip dengan kereta golf, dengan kecepatan dan jarak tempuh yang ditingkatkan. Ide ini ternyata meraup kesuksesan, karena CitiCar mampu terjual sebanyak 4.444 unit.

 

  1. American Dream

Mobil Limosin yang disebut dengan nama American Dream ini tercatat sebagai mobil terpanjang di dunia oleh Guinness World Records. Panjang mobil ini mencapai 100 kaki dan dilengkapi dengan 26 buah roda. Limosin berwarna putih ini dibuat di tahun 80-an. Mobil ini memiliki interior yang sangat mewah karena di dalamnya terdapat pemandian air hangat, papan loncat, water bed serta beberapa ruangan unruk rekreasi.

 

Halaman selanjutnya

  1. Bigfoot 5

Sesuai dengan namanya, Bigfoot 5 memiliki roda yang besarnya tidak masuk akal. Saking besarnya, lapisan roda di truk ini bisa ditempati oleh manusia, lho. Mobil ini tercatat sebagai monster truck terpanjang, tebesar, dan terluas sepanjang sejarah. Truk ini dirancang pada tahun 1986 dan memiliki tinggi sekitar 5 meter. Truk ini juga memiliki bobot yang luar biasa berat, yakni 17,2 ton.

 

  1. Thrust SSC

Kalau melihat mobil ini sekilas, sepertinya siapapun yang melihatnya tidak akan menyangka kalau kendaraan ini adalah mobil. Desain Thrust SSC memang sangat unik sampai rasanya tidak bisa ditemukan dimanapun lagi di dunia ini. Mobil ini ternyata mobil dengan kecepatan super, lho. Terbukti, saat dites di kawasan gurun di Paris pada 11 November 1997, mobil ini sanggup melaju hingga kecepatan 1.228 km/jam, melebihi kecepatan suara manusia.

 

  1. Mattracks Truck

Sebenarnya jika dilihat dari bagian bodi mobilnya saja, Mattracks Truck ini biasa saja. Hal yang menjadi keunikan dari mobil ini justru terletak pada bagian rodanya yang diganti dengan sabuk mattrack, mirip dengan yang kita temukan pada tank. Selain bisa digunakan untuk berkendara di jalan bersalju seperti papan ski, ternyata mobil ini juga lancar digunakan di kondisi jalan apapun.

 

  1. Dream Car 123

Desain mobil yang satu ini memang bisa membuat kita geleng-geleng kepala. Pasalnya, mobil elektrik bernama Dream Car 123 ini berbentuk layaknya piramida Mesir. Uniknya lagi, ternyata mobil ini adalah mobil buatan rumah. Mobil ini diciptakan oleh Greg Zanis dan diklaim sebagai mobil listrik yang sangat ekonomis. Setelah diisi daya selama 3,5 jam, mobil ini mampu menempuh jarak sejauh 240 mil dengan kecepatan 65 km/jam, dan hanya membutuhkan biaya sekitar 5 dollar saja. Wow!

 

  1. Davis Divan

Sama seperti Peel P50 dan Pininfarina X, Davis Divan ini juga hanya memiliki 3 buah roda. Mobil dengan desain yang sekilas mirip kapsul ini diproduksi oleh Davis Motor Company yang didirikan oleh Glen Davis. Sebelum akhirnya bangkrut, mobil ini sempat menerima preorder sebanyak 300 unit dengan harga masing-masing unit USD 1,5 juta.

 

  1. BMW Isetta

Memiliki bodi yang mungil, BMW Isetta sempat menjadi mobil yang cukup populer pada masanya. Selama enam tahun produksi, mobil ini terlah terjual sebanyak 161.728 unit dan telah disebar ke beberapa negara seperti Jerman, Spanyol, Agentina, Prancis, dan Belgia. Salah satu fitur yang membuat mobil ini begitu diminati adalah kemampuannya untuk menempuh jarak 100 km hanya dengan 3 liter bensin.

 

  1. ETV Electric Super Car

ETV Electric Super Car ini didesain oleh Mike Vetter, seorang spesialis kustomisasi mobil. Sekilas, mobil ini terlihat seperti kendaraan dari masa depan atau bahkan kendaraan alien. Roda mobil ini tersembunyi sehingga tidak terlihat dari luar. Harga mobil ini adalah sekitar USD 70.000. Sayangnya, mobil ini hanya dilengkapi mesin supercharged berkapasitas 2 liter bertenaga 270 dk sehingga performanya tidak terlalu dapat diandalkan.

 

  1. Messerschmit KR200

Satu lagi mobil beroda tiga dengan desain yang tak kalah unik. Messerschmit KR200 adalah mobil yang didesain oleh Fritz Frend, seorang aircraft engineer. Dari luar, mobil ini mirip dengan mobil golf yang ukurannya jauh lebih kecil. Masa produksi mobil ini hanya berlangsung dari tahun 1955 hingga tahun 1964. Kendati demikian, desainnya yang unik sempat menjadi perhatian dunia otomotif pada masa itu.

Ada-ada saja ya, ulah kreatif para pencipta-pencipta mobil yang keunikannya luar biasa ini. Ada yang berminat membuat mobil seperti ini juga untuk dipasarkan di Indonesia?

1 2
SAMPAIKAN KOMENTAR