Deretan 10 Mobil dengan Mesin Pesawat
10
Mar
0 Comment Share Likes 310 View

Selalu ada hubungan antara pesawat terbang dan mobil. BMW pada awalnya adalah produsen mesin pesawat, khususnya untuk militer di Perang Dunia I dan II. Fiat juga membangun pesawat untuk kedua Perang Dunia tersebut, sementara Mitsubishi membuat pesawat tempur Zero di Perang Dunia II. Rolls-Royce juga membangun mesin untuk pesawat tempur di Perang Dunia II dan masih membangunnya untuk penerbangan sipil hingga saat ini. Saab suka mengaitkan jet tempurnya dengan mobil-mobilnya dalam iklan, meskipun mobil-mobil itu tidak ada hubungannya dengan perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan. Lalu Honda, sudah memproduksi jet pribadinya sendiri. Bahkan, Ford ikut terjun ke dalam bisnis ini dengan memproduksi pesawat angkut, beberapa di antaranya sekarang masih beroperasi.

Mesin pesawat sudah pasti kuat dan sangat bertenaga. Untuk itu, beberapa car enthusiast ada yang sengaja menggunakan mesin pesawat ini ke dalam mobilnya. Berikut ini ada deretan mobil-mobil yang sengaja menggunakan mesin pesawat untuk mencatat rekor tercepat!

 

  1. The Beast of Turin

The Beast of Turin adalah mobil balap yang menggunakan sasis Fiat 1907-08 yang dilengkapi dengan mesin 28,4 liter 6 silinder yang menghasilkan tenaga hingga 300 hp. Untuk sedikit perspektif, pada awal abad ke-20 mesin otomotif memuncak sekitar 3.000 rpm dan 100 mph sudah dibilang cepat. Ada harapan The Beast of Turin bisa menantang rekor kecepatan darat pada angka 125,95 mph tetapi, mobil ini hanya sanggup menembus angka 90 mph.

 

  1. Brutus

The Beast of Turin adalah mobil yang mengasyikkan, tetapi itu belum bisa dibilang mobil tercepat, bro. Brutus menggunakan kerangka yang dibuat pada tahun 1908 oleh American LaFrance, sebuah perusahaan Amerika yang dikenal khususnya dengan mesin pemadam kebakarannya, dan sebuah pesawat V12 46 liter yang dibangun oleh BMW pada tahun 1924. Brutus menghasilkan suara yang luar biasa bising, serta getaran yang hebat, dan 500 hp hanya dengan 1500 rpm sambil mengkonsumsi satu liter bahan bakar per kilometer.

 

  1. Sunbeam 1000-hp Mystery

Sunbeam adalah perusahaan mobil yang berbasis di United Kingdom yang pada tahun 1972 membuat mobil pertamanya yang sanggup menembus 200 mph. Mobil tersebut juga dikenal dengan nama "The Slug", output tenaganya bukan main, mampu mencapai 900 hp yang didapat dari dua mesin pesawat Sunbeam Matabele 22,4 liter.

 

  1. Lotus 56

Mesin pesawat tidak hanya digunakan untuk melaju kencang di mobil-mobil rekor kecepatan darat. Pada tahun 1968, Lotus 56 berkompetisi di Indy 500 yang menggunakan mesin pesawat turbin gas Pratt & Whitney ST6 yang dimodifikasi. Indy melarang mobil turbin, sehingga Lotus membawa mobil ke sirkuit Formula 1 dan meskipun tidak pernah memenangkan perlombaan, desainnya memiliki efek mendalam pada desain mobil F1.

Halaman selanjutnya

  1. Tucker 48

Amerika telah memberi kita beberapa mobil bermesin pesawat yang kencang, tapi tidak ada yang sekreatif Tucker 48 yang terkenal. Kisah Tucker luar biasa, dan kematian awalnya telah meninggalkan kita dengan hanya 47 unit yang ada. Tapi yang menarik adalah karena Tucker kehabisan waktu untuk mengembangkan mesin inovatifnya sendiri, bro. Sebanyak 48 unit dibuat menggunakan mesin pesawat flat-6 Franklin 6 Series yang dimodifikasi dan mesin helikopter yang dipasang di bagian belakang mobil.

 

  1. Plymouth Air Radial Truck

Colorado Auto Parts membuat truk pickup Plymouth 1939 yang gila ini menggunakan mesin radial berpendingin udara 7 silinder 12,4 liter dari pesawat Cessna 195. Gary Corns telah membeli truk itu tetapi meninggalkannya selama 30 tahun hingga dia dan ayahnya punya waktu dan tahu apa yang harus dilakukan dengan mobil tersebut. Gagasan itu datang dalam bentuk pesawat amfibi tua yang ditemukan ayah Corns di halaman untuk pesawat terbang yang dibuang. Mereka pun berhasil mewujudkan ide gila mereka, bro.

 

  1. Allison V12 Hot Rod

Pada tahun 1950-an, ketika Cliff H berusia 16 tahun, dia melihat sebuah mobil dengan mesin pesawat terbang dan itu menempel terus di kepalanya. Dia merancang dan membuat suspensi dan membuat frame sendiri, lalu memasang mesin V12 dari pesawat tempur P-38 Lightning. Mesin tersebut mendorong 1.840 tenaga kuda yang menakjubkan pada 3.000 rpm. Mesinnya mampu mendorong P-38 lebih dari 400 mph di udara dan mobil Hix hanya berbobot 3.200 lbs, sehingga loe bisa membayangkan betapa mengerikannya mengemudikan mobil dengan kekuatan seperti itu.

 

  1. V12 Rover SD1

Rover SD1 secara umum dianggap sebagai Rover terakhir yang "tepat" sebelum perusahaan Inggris tersebut jatuh ke dalam kegelapan. Mobil ini adalah sedan eksekutif yang dikemas dengan mesin Rover V8 yang sudah berjalan lama, tetapi Charley Broomfield berhasil memeras mesin tank Rolls-Royce 27 liter di bawah kapnya. The Rolls-Royce Meteor adalah mesin tank, yang kemudian dibangun oleh Rover, berdasarkan pada mesin pesawat Merlin. Broomfield menggunakan transmisi dari bus dan menggerakkan mesin untuk membuat torsi dapat digunakan dan ketika di-dyno, mesinnya dapat mengembangkan hingga 650 tenaga kuda.

 

  1. Radial MR2 “Crushed Red Pepper"

The 24 Hours of Lemon adalah seri balapan Amerika yang merayakan kreativitas balap dengan harga murah. MR2 ini mempertahankan konfigurasi rear-mid engine, tetapi mengganti 4-silinder untuk motor Kinner R-55 yang ditarik dari pesawat pelatihan Ryan PT-22 Recruit tahun 1940-an. Mesin pesawat radial 8,8 liter hanya menghasilkan 160 tenaga kuda, dimana masih kurang dari mesin MR2. The 24 Hours of Lemons telah menghasilkan beberapa mobil gila, tetapi Crushed Red Pepper pasti merupakan pesaing untuk menjadi yang terbesar sejauh ini.

 

  1. Jet Propelled Beetle

Mesin radial memang hebat, tetapi bagaimana jika Pria Intersport ingin membakar idiot yang tidak sabar yang berada di dalam mobil di belakang loe saat di lampu lalu lintas? Warga California Ron Patrick menyelesaikan masalah ini dengan memasang mesin turbin gas pesawat jet yang dimodifikasi dari helikopter Sea King ke VW Beetle-nya. Dengan 1.350 tenaga kuda, mobil ini mungkin menjadi New Beetle tercepat di jalan. Mobil tersebut juga tetap legal, karena Ron tetap mempertahankan mesin asli VW.

1 2
SAMPAIKAN KOMENTAR