Demi Kenyamanan Penumpang, Ford Gunakan 'Robot Bokong' untuk Uji Daya Tahan Jok Mobilnya
22
Nov
1 Comment Share Likes 743 View

Penggunaan robot uji di dunia otomotif emang bukan hal yang baru. Cara ini pula yang digunakan oleh Ford Eropa buat mengetes ketahanan jok di model Fiesta terbarunya.

Diberi nama ‘Robutt’, robot uji ini berfungsi untuk mensimulasikan tekanan dan friksi yang ditimbulkan bokong manusia pada jok saat masuk dan keluar mobil. Enggak tanggung-tanggung, robot ini harus mensimulasikan pergerakan masuk dan keluar mobil sebanyak 25.000 kali yang menggambarkan pemakaian selama 10 tahun. Tes ini sendiri membutuhkan waktu tiga minggu untuk diselesaikan.

Sumber

Menggunakan bokong logam, kami mengukur defleksi dan kelembutan jok saat seseorang mendudukinya,” kata insinyur ketahanan Ford Eropa, Svenja Froehlich seperti dilansir dari The Drive. Robot bokong itu sendiri dibuat berdasarkan ukuran rata-rata manusia besar.

Sebelumnya, kami menggunakan silinder pneumatik yang hanya bergerak naik turun. Tapi dengan Robutt, kini kami mampu meniru dengan sangat akurat bagaimana manusia dalam berperilaku,” tambah Froehlich.

Penasaran kayak apa cara kerja Robutt dari Ford? Tonton aja di video berikut ini!

SAMPAIKAN KOMENTAR