Datang ke Korea, Presiden Jokowi Punya Rencana Besar dengan Hyundai?
28
Nov
2019
0 Comment Share Likes 444 View

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Busan, Korea Selatan pada Sabtu (23/11/2019) kemarin. Kedatangan Presiden Jokowi di Negeri K-Pop itu untuk menghadiri serangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Republic of Korea (ROK). Tak cuma itu saja, Presiden Jokowi juga melakukan beragam kegiatan mulai dari makan bersama dengan pengusaha kelas kakap asal Korea Selatan, hingga megunjungi pabrik Hyundai Motor Company (HMC) yang terletak di Kota Ulsan, Korea Selatan, Selasa (26/11/2019).

Di pabrik Hyundai, Executive Vice Chairman Hyundai Motor Company, Chung Eui-sun menyambut hangat kedatangan Presiden Jokowi dan dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan. Presiden berkesempatan melihat mobil-mobil Hyundai yang ada di sana. Tak ketinggalan, sebagai penanda Presiden Jokowi pernah kunjungan ke pabrik HMC, mantan orang nomor satu di Jakarta itu membubuhkan tanda tangan di atas kap mesin mobil listrik Kona.



Kegiatan lain yang dilakukan Presiden Jokowi selama di pabrik Hyundai adalah menyaksikan video tentang rencana pembangunan pabrik Hyundai di Indonesia. Selain itu menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara pemerintah Indonesia dengan Hyundai Motor Company. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dan Chung Eui-sun.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana saat meninjau pabrik HMC antara lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Selain itu hadir pula Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi. Usai melakukan kegiatan di pabrik Hyundai, Kepala BPKM Bahlil Lahadalia menyampaikan, Hyundai akan berinvestasi di Indonesia dengan melakukan pembangunan pabrik yang berlokasi di Jawa Barat. Investasinya yang digelontorkan tidak sedikit, bila dikonversi menjadi Rupiah nilainya sekira Rp21,7 triliun.



“Hyundai akan melakukan investasi di Indonesia dengan membangun pabrik dengan investasi kurang lebih sekira USD 1,5 miliar. Mereka akan running pada Januari 2020, di Cikarang, Jawa Barat,” ucap Bahlil, seperti dilansir Carmudi dari laman resmi Sekretariat Presiden Republik Indonesia.

Sebelumnya diberitakan bahwa Hyundai mau investasi kira-kira USD 1 Miliar di industri mobil listrik. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut B. Pandjaitan beberapa hari sebelum mendampingi Presiden Jokowi ke Korea Selatan.

Rencana Hyundai yang akan berinvestasi di Indonesia sudah menjadi bahan pembicaraan sejak lama. Baik pemerintah maupun pihak Hyundai sudah sering sekali melakukan pertemuan. Bahkan Hyundai mulai mencari lokasi untuk mendirikan pabrik produksi mobil.

SAMPAIKAN KOMENTAR