Daftar Mobil Low Budget di Akhir Tahun, Bingung Pilih yang Mana
06
Dec
0 Comment Share Likes 213 View

Kebutuhan akan mobil semakin meningkat tiap tahunnya. Sebagian besar orang yang sebelumnya menggunakan sepeda motor, kini beralih mengendarai mobil untuk melakukan aktivitas harian. Biasanya mobil-mobil dengan harga murah menjadi incaran para bikers yang ingin naik kelas dalam urusan bertransportasi. Saat ini ada beberapa produsen mobil di Tanah Air yang memasarkan mobil baru dengan harga terjangkau.

Bagi Anda yang mungkin saja berencana untuk beralih dari sepeda motor ke mobil, atau ingin membeli mobil kedua, ada lima referensi pilihan mobil murah di bawah Rp140 juta. Berikut uraian singkatnya:

  1. Daihatsu Ayla

Posisi teratas pilihan mobil murah di Indonesia adalah Daihatsu Ayla. Mobil yang masuk segmen Low Cost Green Car (LCGC) ini terakhir kali mendapat penyegaran pada April 2017. Kehadiran Daihatsu Ayla mengusung tiga unique selling point: performance, styling dan driving comfort. Ketiganya diaplikasikan dalam tampilan Ayla yang sekarang terlihat semakin segar, stylish dan juga sporti.

Daihatsu Ayla hadir dalam dua pilihan mesin, 1.0L dan 1.2L VVTi. Untuk varian 1.0L kini punya 5 tipe berbeda, D, D+, M, X, X Airbag, dan tertinggi adalah X Deluxe. Sementara mesin 1.2L Dual VVTi hadir dalam 3 tipe berbeda, X, R dan paling tinggi R Deluxe. Seluruhnya ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.

Dari semua varian hanya ada satu yang paling murah yaitu Ayla 1.0 D MT seharga Rp95,65 juta. Untuk informasi harga varian Daihatsu Ayla lainnya bisa cari di sini.

  1. Datsun GO

Datsun GO menempati posisi kedua sebagai pilihan mobil murah di Indonesia. Memanfaatkan momentum jelang lebaran, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku pemegang merek Datsun di Indonesia secara resmi meluncurkan New Datsun GO pada Mei 2018. Datsun GO terbaru mendapat sejumlah perubahan baik di sektor eksterior maupun interior. Model baru ini mengusung desain eksterior lebih berkelas dan menarik.

Datsun GO tersedia dalam tujuh varian seperti Datsun GO D – MT, GO A – MT, GO T – MT, GO T-ACTIVE – MT, GO A – CVT, GO T – CVT, dan GO T-ACTIVE CVT. Varian paling murah di antara lainnya adalah GO D – MT seharga Rp102,99 juta.

Dengan harga tersebut, Datsun GO D – MT sudah dibekali mesin 1.2 liter DOHC tiga silinder. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sekuat 68 PS pada 5.000 rpm. Kemudian torsi maksimalnya 104 Nm pada 4.000 rpm untuk varian manual lima percetapan.

Halaman selanjutnya

  1. Karimun Wagon R

Karimun Wagon R bisa menjadi pilihan berikutnya bagi Carmudian yang tengah mencari pilihan mobil murah di bawah Rp140 juta. Mobil yang bermain di segmen LCGC ini terakhir kali mendapat pembaruan kecil pada 2017 bersamaan dengan digelarnya Indonesia International Motor Show (IIMS).

Meskipun mengalami perubahan, mesin mobil tak ada perubahan. Suzuki masih membenamkan mesin yang lama tipe K10B pada mobil andalan Suzuki ini. Mesin tersebut merupakan jenis mesin DOHC 12 katup, 3 silinder segaris 998 cc bertenaga 68 PS pada 6200 rpm serta torsi maksimal 90 Nm pada 3500 rpm.

Dari enam varian yang ditawarkan, hanya Wagon R GA dibanderol paling murah yaitu Rp110 juta.

  1. Toyota Agya

Sama seperti Ayla, Toyota Agya mendapatkan pembaruan pada 2017. Toyota Agya dibekali dengan mesin berkapasitas 1.200cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 88 ps setiap putaran ke 6.000 rpm dan torsi maksimum hingga 11.0 Kg.m per putaran ke 4.200 rpm.

Untuk menekan penggunaan bahan bakar, mesin ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi EFI yang siap membuat pembuangan bahan bakar menjadi lebih irit. Setidaknya ada lima varian yang dimiliki Toyota Agya mulai dari 1.0 G M/T, 1.2 G M/T, 1.2 M/T TRD, 1.2 G A/T, dan 1.2 A/T TRD. Toyota Agya varian termurah dibanderol Rp135,15 juta.

  1. Honda Brio Satya

Di posisi paling bawah pilihan mobil murah ada Honda Brio Satya. Mobil yang baru meluncur pada Agustus lalu ini punya wajah serba baru dibandingkan generasi sebelumnya. Honda Prospect motor menjual hatchback andalannya itu dengan harga termurah Rp139 juta untuk varian Satya S M/T. Varian satu ini dilengkapi mesin 1.2L i-VTEC yang dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan. Tenaga yang dikeluarkan 90 ps.

1 2
SAMPAIKAN KOMENTAR