Custom Die-cast, Emangnya Mainan Bisa Dimodifikasi?
05
Oct
0 Comment Share Likes 298 View

Jaman dulu, mungkin orang-orang membeli die-cast hanya sekedar untuk koleksi aja, bro. Tapi seiring berkembangnya jaman dan kreatifitas, muncul juga yang namanya custom die-cast. Yap, mobil-mobilan mainan dengan berbagai skala ini bisa lho dimodifikasi.

Jika di dunia modifikasi otomotif pengertian custom itu bisa untuk mengubah performa kendaraan yang dimodif, berbeda untuk custom die-cast. Custom die-cast hanyalah proses mengubah kendaraan sehingga tidak sama lagi dengan kondisi awal. Prinsipnya sama, yakni menambah kesan estetika atau sebagai bentuk aktualisasi dari pemiliknya.

 

Bentuk modifikasinya bahkan cukup beragam, mirip dengan memodifikasi mobil yang asli, seperti penggantian velg, mengatur tinggi-rendah suspensi, pengecatan ulang, mengubah interior dan eksterior, dan lain-lainnya.

 

Die-cast sendiri memiliki beragam merek. Mungkin di Indonesia, orang-orang lebih familiar dengan merek-merek seperti Tomica, Hotwheels, Matchbox, Majorette, dan lainnya. Semua pabrikan ini juga mengeluarkan die-cast dengan beragam bentuk dan skala. Mulai dari skala terkecil 1:220 dengan panjang hanya 1 cm sampai skala terbesar 1:2 dengan ukuran setengah dari mobil asli.

 

Urutan skala dari paling besar hingga terkecil itu adalah 1:2, 1:4, 1:8, 1:12. 1:18, 1:20, 1: 24, 1:35, 1:43, 1:50, 1:64, 1:72, 1;87, 1:115, 1:150, dan 1:220. Sementara skala paling favorit atau yang banyak beredar adalah skala 1:64, seperti Hotwheels dan Tomica yang banyak dijual di toko-toko mainan. Skala 1:64 ini juga yang paling sering dimodif, bro. Karena ukurannya yang cukup kecil, memodifikasi die-cast dengan skala 1:64 juga memberikan kesulitan tersendiri.

 

Namun, kembali lagi ke selera Pria Intersport. Lebih suka yang mana, die-cast dengan skala besar atau yang skala kecil? Jangan lupa tulis komentar loe juga yaa..

SAMPAIKAN KOMENTAR