Chevrolet Camaro Dari Masa Ke Masa
16
Apr
0 Comment Share Likes 491 View

Chevrolet Camaro merupakan sebuah muscle car buatan Chevrolet yang cukup melegenda dan merupakan rival dari Ford Mustang. Nama Chevrolet Camaro sendiri semakin booming berkat film Transformer dimana mobil peran utama dalam film tersebut menggunakan mobil tersebut.

Chevrolet Camaro pertama kali diperkenalkan tahun 1967 silam dengan menggunakan platform yang sama dengan Pontiac Firebird. Sejak pertama keluar, mobil ini sudah lahir sebanyak 6 generasi. Mobil ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada 12 September 1966 di Detroit dan mulai hadir di dealer-dealer Chevrolet pada 29 September 1967.

Masa jaya Chevrolet Camaro Generasi Pertama bisa dibilang singkat yaitu tahun 1967 hingga 1969 saja. Mobil ini menggunakan GM F-Body Platform berpenggerak roda belakang yang hadir dalam dua pilihan model yaitu 2 pintu Coupe atau Convertible dengan kursi 2+2. Mobil ini ditawarkan dengan dua pilihan konfigurasi mesin yaitu enam silinder segaris dan V8. Untuk mesin enam silinder segaris ditawarkan dengan beberapa pilihan kubikasi yaitu 230 cu (3.8 L), 250 cu (4.1 L). Untuk mesin V8-nya juga ditawarkan dalam beberapa pilihan kubikasi yaitu 302 cu (4.9 L), 307 cu (5.0 L), 327 cu (5.4 L), 350 cu (5.7 L), dan 396 cu (6.5 L). Generasi pertama ini juga ditawarkan dalam beberapa pilhan varian yaitu standar, Super Sport dan Rally Sport Edition. Di tahun 1967, Chevrolet memperkenalkan varian Z/28 dengan beberapa penambahan seperti strip dibagian kap mesin dan bagasi serta velg bergaya Rally. Mesin yang digunakan pun berkapasitas 302 cu (4.9 L) V8.

Generasi kedua Camaro diperkenalkan pada tahun 1970 hingga tahun 1981. Mobil ini mengalami ubahan yang cukup signifikan pada sisi eksteriornya dimana lebih besar lebar dan menggunakan gaya yang baru namun masih menggunakan F-Body Platform. Mesin yang ditawarkan tak mengalami ubahan, masih sama dengan mesin yang digunakan pada generasi pertama.

Generasi ketiga Camaro diproduksi mulai dari tahun 1981 hingga 1992. Generasi ini merupakan Camaro pertama yang ditawarkan dengan menggunakan Fuel Injection, Turbo-Hydramatic 700R4, transmisi otomatis 4-kecepatan dan transmisi manual 5-kecepatan. Mobil ini menggunakan mesin 4 silinder segaris OHV dengan gaya body hatchback. Generasi ketiga Camaro ini ditawarkan dalam dua pilihan velg yaitu 15 inci dan 16 inci. Menariknya bobot mobil ini 227 kilogram lebih ringan dibandingkan generasi kedua.

Di tahun 1985, Chevrolet mengeluarkan Chevrolet IROC-Z Camaro dengan tampilan dan mesin yang sedikit berbeda dengan Camaro generasi ketiga. Mobil ini dibekali dengan mesin berkonfigurasi V6 berkapasitas 2.5 L OHV. Namun tak lama berselang, Chevrolet menambahkan pilihan mesin untuk IROC-Z yaitu 305 cu (5.0 L) Small Block berteknologi indirect injection.  Di tahun 1987 IROC-Z ditawarkan dengan mesin V8 berkapasitas 350 cu (5.7 L) yang dipadukan dengan transmisi otomatis.

Di generasi keempat Camaro diproduksi mulai tahun 1993 hingga 2002. Generasi ini sudah menggunakan desain yang sangat modern dan menghilangkan kesan klasiknya. Hal tersebut disebabkan karena garis tubuhnya yang dinamis dan membulat, berbeda dengan para pendahulunya yang masih kotak-kotak. Camaro yang ini mengambil konsep seperti generasi pertama yaitu model dua pintu coupe dan disusul model convertible pada 1994. Generasi ini menggunakan mesin berkapasitas 3.4L V6 sebgai standar pabrik, kemudian kapasitas 3.8L V6 sebagai pilihan pada 1995.

Generasi kelima dari Camaro merupakan penanda kebangkitan kembali rival dari Ford Mustang. Hal tersebut karena Chevrolet Camaro sempat vakum selama 8 tahun. Bisa dibilang generasi kelima ini merupakan Camaro tergarang dimana desainnya kembali mengotak namun memiliki garis yang lebih tajam. Produksinya dimulai pada 2009 untuk model coupe, dan sekitar 600 unit convertible diproduksi pada 2011. Camaro generasi kelima ditawarkan dalam dua pilihan mesin yaitu 3.6 L (220 cu in) V6 bertenaga 312 hp dan 6.2 L (376 cu in) LS3 V8 bertenaga 426 hp.

Generasi keenam Chevrolet Camaro diproduksi mulai dari tahun 2016 hingga 2018. Memang sangat sebentar, namun beragam ubahan dilakukan untuk menyempurnakan dari generasi sebelumnya. Di bagian depan sudah menggunakan tambahan DRL. Generasi ini ditawarkan dalam tiga pilhan mesin yaitu V6 yang memiliki tenaga 330 hp, V8 yang memiliki tenaga 440 hp dan mesin empat silinder segaris turbocharger bertenaga 270 hp.

 

Courtesy Photo : torqueaddict.com

SAMPAIKAN KOMENTAR