Cek Bagian-Bagian Ini Kalau Mobil Tidak Bisa Distarter
12
Jun
0 Comment Share Likes 186 View

Saat mobil tidak bisa distarter, pada umumnya orang pasti langsung mengecek bagian akinya. Lalu bagaimana kalau ternyata Aki mobil masih dalam keadaan prima, atau malah kondisinya masih sangat baru. Ini tentu perlu pemeriksaan lebih lanjut ke bagian mobil yang lain. Pasalnya, penyebab mobil tidak bisa distarter ada banyak faktornya.

Nah, agar ke depannya tidak perlu panik saat mobil tidak bisa distarter alias dinyalakan, berikut adalah beberapa komponen yang perlu dicek kondisinya.

Oya, komponen penyebab mobil tidak bisa distarter berikut dibuat tidak berurutan. Jadi pemeriksaan bisa dimulai dari mana saja.

 

Koil Terlampau Panas

Faktor pertama bisa diduga dari bagian koil. Koil pun punya andil untuk mobil bisa di starter. Fungsi koil sendiri adalah untuk menggandakan tegangan listrik dalam jumlah sangat besar ke aki. Bahkan penggandaannya bisa mencapai ribuan volt. Dengan begitu, arus listrik pun bisa mengalir ke busi sehingga memantik pijaran bunga api.

 

Nah, kalau bagian koil ini terlalu panas, mobil pun tidak bisa distarter. Simpelnya, kalau koil terlampau panas itu artinya sudah rusak. Satu-satunya jalan untuk mengatasi masalah ini ya cuma menggantinya drngan yang baru di bengkel terdekat atau langganan Mas Bro sekalian. Segera lakukan penggantian komponen satu ini agar sistem mobil Mas Bro dapat berjalan normal kembali.

 

Busi Rusak atau Kotor

Busi merupakan salah satu komponen yang digunakan dalam sistem starter mobil. Kalau bagian ini bermasalah, maka starter mobil pun tentu akan terkena dampaknya juga. Faktor mobil tidak bisa di strater di bagian busi di antaranya karena kotor atau sudah usang.

 

Busi yang kotor bisa menghambat percikan bunga api. Padahal bubga api inilah yang dibutuhkan agar starter mobil bisa bekerja. Saat mobil tidak bisa distarter, coba lihat busi yang ada di dalam ruang mesin.

Jadi, sebelum memutuskan pergi ke bengkel cuma untuk membersihkan busi mobil yang kotor, berikut 3 langkah sederhana yang bisa dilakukan sendiri.

 

  1. Lepaskan Busi.

Pertama, tentu saja busi harus dilwpaskan dari rumahnya. Usahakan untuk melepas busi dalam keadaan mesin yang dingin, ya Mas Bro. Jangan lupa juga pastikan posisi kunci businya lurus.

 

  1. Rendam di Dalam Bensin

Setelah busi berhasil dilepas, rendam busi selama beberapa menit ke dalam wadah berisi bensin. Bensin diketahui mampu memudahkan kotoran untuk terangkat.

 

  1. Bersihkan Kotoran

Setelah dirasa cukup, sikat busi pada bagian elektroda yang dipenuhi karbon menggunakan sikat kawat. Setelah itu semprotkan dengan kompresor untuk mengangkat kotoran-kotoran yang berukuran mikro dan mengeringkan busi dari sisa bensin. Jika Mas Bro tidak punya kompresor, bisa juga menggunakan kain micro fiber atau kain perca untuk mengeringkannya.

Penyebab kedua adalah karena busi sudah tidak dalam kondisi yang baik lagi. Kondisi seperti itu membuat mobil susah distarter ketika masih dalam keadaan panas. Saat mesin sudah dingin, barulah starter bisa dilakukan. Busi seperti ini lebih baik diganti agar tak menghambat kinerja mobil kesayangan Mas Bro sekalian.

 

Alternator Rusak

Alternator atau dinamo ampere juga merupakan komponen penting yang berfungsi mengalirkan listrik ke aki. Kalau bagian ini rusak, maka mobil juga pasti tidak bisa menyala meski aki dalam kondisi baik sekalipun.

Pada umumnya, bagian alternator ini sebetulnya merupajan bagian yang tidak musah mengalami kerusakan. Kerusakan alternator biasa terjadi di mobil-mobil yang telah berusia lebih dari 8 tahun ke atas. Jika Pria Intersport menemui kerusakan pada bagian ini, penanganan yang bisa dilakukan adalah segera melakukan perbaikan ke bengkel.

 

Tapi ingat, usahakan ke bengkel langganan ya. Demi terhindar dari praktik nakal oknum bengkel.

 

Aliran BBM Tersendat

Kondisi mobil sulit distarter sering terjadi waktu mobil sedang dalam keadaan panas. Nah, salah satu penyebabnya bisa dikarenakan faktor aliran bahan bakar yang tidak terdistribusi sempurna dari tangki ke mesin. Selain itu, tidak tercampurnya bahan bakar dengan udara juga bisa jadi penyebab lain mobil tidak bisa distarter dalam kondisi ini, Mas Bro.

Bukan cuma waktu mobil panas saja, potensi mobil susah distarter akibat bahan bakar juga bisa terjadi di pagi hari. Masalah tersebut terjadi akibat pompa bahan bakar (fuel pump) dari tangki menuju karburator melemah akibat kondisi dingin. Cukup hentak fuel pump di dalam ruang mesin maka akan kembali berfungsi normal.

 

WTS Bermasalah

WTS (water temperature sensor) atau sensor suhu juga berpotensi bikin mobil kita sulit atau bahkan tidak bisa distarter, loh Mas Bro. Jika terjadi kerusakan pada sensor tersebut, maka sistem injeksi pun akan terganggu. Kondisi ini membuat mobil tidak bisa dinyalakan. Lakukan pengecekan ke bengkel untuk memastikan kondisinya.

 

Kendala mobil tidak bisa distarter mungkin bisa ditanggulangi lebih awal dengan perawatan rutin setiap bulannya. Jangan sampai mobil yang susah dinyalakan akan berdampak buruk bagi kita. Tetap kantongi nomor hubung bengkel atau jasa derek mobil untuk mengantisipasi keadaan darurat semisal di jalan tol. Utamakan selamat, dan jangan malas merawat mobil kamu ya, Bro.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR