Cara Merawat Mobil Yang Mudah Dan Hemat, Biar Mobil Awet
12
Jun
0 Comment Share Likes 155 View

Kalau sudah punya mobil, mau nggak mau kita harus tahu cara merawatnya. Kalau tidak mau repot, kadang kita langsung menyerahkan saja pada ahlinya, meskipun harus membayar biaya perawatan yang cenderung lebih mahal. Tetapi ternyata, Bro, kita juga bisa melakukan perawatan mobil dengan dimulai dari hal-hal kecil yang dapat kita lakukan sehari-hari. Selain mudah, hal-hal berikut ini juga relatif memakan biaya perawatan yang lebih kecil. Nah, berikut ini beberapa cara untuk merawat mobil kita dengan cara yang mudah dan hemat, agar mobil kita tetap awet.

 

  1. PILIH BAHAN BAKAR YANG TEPAT

Kondisi mobil sedikit banyak dipengaruhi oleh perawatan mobil yang dilakukan. Salah satu hal yang mempengaruhinya adalah pemilihan bahan bakar bagi kendaraan kita. Saat ini ada banyak sekali bahan bakar yang tersedia di pasaran. Bahan bakar yang kita gunakan sebaiknya kita sesuaikan dengan nilai oktan yang disarankan oleh pabrikan, karena semakin tinggi nilai oktannya, maka akan semakin lambat pula proses pembakaran BBM-nya. Pembakaran pun jadi lebih optimal dan tidak akan meninggalkan residu pada mesin yang bisa mengganggu kinerja mesin tersebut.

Selain itu, ada juga beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat bahan bakar, yaitu dengan menyesuaikan kecepatan saat berkendara, tidak terlalu sering menggunakan rem, mematikan AC dan seluruh perangkat elektronik di dalam mobil ketika mobil dimatikan, mengindari berhenti dalam waktu lama ketika mesin mobil masih menyala, serta melakukan tune-up secara berkala.

 

  1. TEPAT WAKTU MENGGANTI OLI MOBIL DAN OLI FILTER

Bro, masih ingat kapan terakhir kali mengganti oli mesin? Kalau oli filter? Nah, meskipun tampaknya sepele, tapi penggantian oli ini tidak bisa dianggap enteng. Kita harus selalu memastikan untuk mengecek kertas service yang ada di mobil kita untuk mengetahui kapan waktu berikutnya untuk mengganti oli. Kita semua pasti sudah tahu kalau oli mesin memiliki masa kedaluwarsanya sendiri. Oli yang berperan penting sebagai pelumas mesin dan menjaga agar tidak terjadi gesekan berlebihan saat mesin sedang bekerja ini harus kita perhatikan.

Selain melumasi mesin, oli juga berfungsi unruk mendinginkan mesin saat bekerja terlalu keras, dan juga membersihkan mesin dengan melarutkan kotoran akibat gesekan atau masuknya kotoran dari luar ke bagian dalam mesin. Hal ini biasanya menyebabkan oli filter menjadi penuh dan tersumbah sehingga mesin penuh dengan kotoran. Jika dibiarkan, hal ini akan menghambat sirkulasi oli, dan berpotensi menyebabkan kerusakan pada mesin, dan biaya yang dikeluarkan tentu akan lebih mahal. Makanya, selain oli mesin, oli filter juga harus diganti secara berkala. Biasanya oli mesin harus diganti setiap 5.000 km dan oli filter diganti setiap 10.000 km.

 

  1. MENGISI RADIATOR DENGAN RADIATOR COOLANT

Salah satu komponen mobil lain yang perawatannya tidak boleh ketinggalan adalah radiator. Radiator adalah salah satu komponen mobil yang fungsinya mendinginkan suhu mesin. Kita disarankan untuk sering-sering mengecek keadaan radiator mobil kita, terlebih jika mobil yang kita miliki tergolong baru.

Radiator tidak boleh sampai kekurangan air, karena kekurangan air pada radiator dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Sebaiknya, isi radiator mobil kita dengan cairan khusus yang bernama Radiator Coolant agar radiator lebih awet dan berfungsi dengan optimal.

 

  1. MENGECEK CAIRAN PENTING DI MOBIL

Tidak hanya oli mesin, oli filter, dan air radiator, kita juga tidak boleh lupa untuk mengecek beberapa komponen cairan lain yang terdapat pada mobil kita yang tentunya tidak kalah penting. Cairan-cairan tersebut misalnya air aki, minyak rem, air wiper, minyak power steering, dan juga oli gardan. Jika mobil kita menggunakan aki basah, sebaiknya kita mengecek air aki secara rutin, paling tidak satu sekali setiap dua minggu. Kemudian untuk minyak rem, kita harus rutin mengeceknya dan memastikan bahwa minyaknya berada di atas batas minimum, karena jika mobil kita kekurangan banyak minyak rem, dikhawatirkan rem akan menjadi blong dan mobil akan menjadi berbahaya untuk dikendarai. Sebaiknya ganti minyak rem setiap 50.000 km.

Lalu untuk air wiper, usahakan agar kita rutin mengisi air wiper agar wiper tetap licin dan dapat bekerja dengan baik, karena jika karet wiper kering, maka karet tersebut dapat merusak bagian kaca mobil. Selain itu, minyak power steering juga salah satu komponen yang harus diperhatikan karena sangat bermanfaat untuk power steering pada mobil kita. Untuk itu, sebaiknya minyak power steering diganti setiap 20.000 km. Kemudian jangan lupa juga untuk mengganti oli gardan secara rutin, setiap 10.000 km, karena oli gardan berfungsi untuk melumasi gardan yang bergesekan dengan komponen lainnya.

 

  1. MENGECEK KONDISI BAN, TIMING BELT, BUSI, LAMPU DAN SIGNAL

Ban merupakan komponen mobil yang sering dianggap sepele, padahal luar biasa pentingnya. Oleh karena itu, kita harus selalu memastikan bahwa keempat ban mobil kita berada di dalam kondisi yang baik, terlebih sebelum kita mengendarai mobil kesayangan kita.

Selain ban, beberapa komponen kecil lain yang sering terlupakan adalah timing belt, busi, lampu dan signal-signal. Untuk mencegah ternyadinya kerusakan pada komponen-komponen tersebut, sebaiknya kita melakukan pengecekan dan penggantian yang disarankan oleh bengkel resmi atau yang sudah kita percaya.

 

  1. RUTIN MEMANASKAN MOBIL SERTA MEMASTIKAN KELENGKAPAN MOBIL

Seringkali jika kita terburu-buru berangkat ke suatu tempat dengan mengendarai mobil kita, kita jadi lupa untuk memanaskan mobil kita. Padahal, rutin memanaskan mobil dapat menjaga mesin mobil kita agar kinerjanya tetap baik. Selain itu, kita juga sebaiknya rutin mengecek dan memastikan kelengkapan mobil, baik dari mesinnya maupun aksesoris lainnya, agar kondisi mobil kita tetap terjaga.

 

Wah, sebenarnya mudah, ya, menjaga dan merawat mobil kita. Yang harus kita terapkan memang adalah kedisiplinan untuk mengecek kondisi mobil secara berkala dan mengerti dengan baik apa kebutuhan mobil kita. Karena bukan hanya wanita, mobil juga ingin dimengerti, Bro!

SAMPAIKAN KOMENTAR