Cara Mengetahui Jok Recaro Asli atau Palsu
30
Sep
2019
0 Comment Share Likes 151 View

Halo Pria Intersport pencinta modifikasi. Kali ini kita bakal mengulas bagaimana sih cara mengetahui jok Recaro asli atau palsu. Namun biar informasinya semakin lengkap, nanti kita juga bakal paparin tentang sejarah merek Recaro.

Check this out!

 

Sejarah Merek Recaro

Recaro sebenarnya merupakan sebuah perusahaan holding yang terdiri dari beberapa anak perusahaan. Perusahaan induk bernama Recaro GmbH & Co. KG didirikan oleh Wilhelm Reutter sebagai Reutter Carosserie-Werke pada tahun 1906. Wah, sudah lama banget, ya?

Perusahaan ini kemudian menjadi terkenal saat mulai membuat bodi limousine selama tahun 1920. Sepuluh tahun kemudian pada tahun 1930, perusahaan ini mulai memproduksi bodi untuk Volkswagen Beetle dan pada 1949 perusahaan ini resmi berkolaborasi untuk membangun bodi mobil sport, Porsche. Kala itu, adalah Porsche 356 yang pertama kali dibuat. Dari awal sejarahnya saja, Recaro sarat karisma dan kebutuhan mobil sport, bukan?

Singkat cerita, pada tahun 1963, perusahaan yang semula bernama Reutter Carosserie akhirnya berubah menjadi Recaro. Recaro sendiri merupakan akronim dari REutter dan CAROsserie (RECARO). Sejak transisi inilah perusahaan akhirnya lebih memilih fokus untuk menjadi produsen spesialis tempat duduk yang menjadi salah satu evolusi kursi otomotif pada tahun 1965 dengan sport seat yang diciptakannya.

Butuh waktu yang tidak sebentar. Menurut berbagai sumber, baru setelah belasan tahun berjalan, akhirnya Recaro sukses diterima dengan baik. Pangsa pasar yang positif membuat Recaro melebarkan sayap dengan mendirikan pabrik di beberapa Negara. Mulai dari Recaro Amerika, Recaro Inggris, Recaro Malaysia, Recaro Jepang, dan Recaro Perancis. Recaro Amerika Serikat berlokasi di Michigan, sedangkan Recaro Inggris berlokasi di Birmingham, Recaro Malaysia berlokasi di Kuala Lumpur, Recaro Jepang di Kyoto dan Recaro Perancis di La Rochelle.

 

Produk Lain Recaro di Luar Otomotif

Keberhasilan Recaro tak hanya berasal dari sektor otomotif saja, Mas Bro. Recaro juga memproduksi kursi roda, kursi pesawat terbang untuk beberapa maskapai dunia, kursi anak otomotif (car seat), dan kursi untuk kereta api cepat di Jepang, Shinkansen. Selain itu, Recaro juga bekerjasama dengan beberapa klub olahraga dunia untuk menggunakan kursi di ruang VIP, ruang ganti pemain, dan tempat official pemain di stadion sepak bola Eropa.

Jika Mas Bro bertanya merek apa sajakah yang menggunakan jok buatan Recaro? Jawabannya hampir seluruh produsen otomotif pernah menggunakan jok Recaro. Bahkan Daihatsu sekalipun yang seperti kita ketahui sebagai produsen mobil keluarga pun ternyata juga pernah menggunakan jok Recaro pada model Copen. KIA yang merupakan produsen asal Korea Selatan juga pernah menggunakan Recaro untuk model KIA Cee’d. Di Indonesia sendiri, jok Recaro menjadi salah satu item wajib bagi para pecinta otomotif sejati.

Bentuk yang klasik, nyaman dipakai menjadi alasan kuat untuk menggunakan jok ini pada mobil mereka. Salah satu model jok Recaro yang cukup populer di Indonesia adalah Recaro LS dan LX. Pada era 1970 akhir hingga 1980-an, kedua model ini menjadi jok paling favorit yang digunakan pada modifikator Tanah Air. Makanya tak heran jika saat ini banyak orang yang hendak bernostalgia dengan membangun mobil klasik yang juga memakai jok Recaro. Recaro juga menjadi incaran car enthusiast demi alasan nostalgia.

 

Cara Mengetahui Recaro Palsu

Seiring perkembangan pasar dan kemampuan daya beli pasar yang terbatas, ternyata dihimpun dari berbagai sumber, ternyata jok Recaro pun kini banyak beredar tiruannya alias palsu. Nah, biar tidak tertipu dengan jok Recaro palsu, Mas Bro bisa memperhatikan beberapa cara ini untuk mengetahui cara membedakan Recaro asli dan palsu.

Hal pertama yang bisa Mas Bro lakukan adalah memperhatikan secar rinci dari kenob yang ada pada jok Recaro. Jok Recaro asli punya kenob yang biasanya bermodel bulat atau putaran, sedangkan yang palsu biasanya bermodel tuas. Kedua, jangan lupa untuk mengecek bagian bawah jok. Jika setelah dicek bagian bawah jok ini, Recaro asli biasanya mempunyai tekstur serabut kelapa berwarna cokelat.

Pada jok tiruan, tekstur ini seperti ‘dihilangkan’ agar terlihat seperti baru. Karena jok Recaro kerap digunakan oleh mobil dua pintu, maka ia biasanya memiliki tombol pelipat di bagian samping jok. Yang terakhir adalah adanya emblem logo Recaro beserta negara asal pembuatnya, bro. Untuk pasar Asia Tenggara, jok Recaro diproduksi di Malaysia.

Makanya banyak sekali limbah jok Recaro yang berasal dari negeri Jiran. Model yang biasanya kerap menjadi tiruan mulai dari Recaro LX, LS, dan SR3. Ketiga model tersebut menjadi varian yang paling banyak dicari lantaran bentuknya yang simpel dan sederhana.

Untuk harga jok Recaro sendiri saat ini bervariasi. Bisa dibilang harganya saat ini cukup mahal. Harganya berkisar Rp8 hinga Rp40 jutaan tergantung tipe dan kondisi. Nah, bagi Mas Bro yang hendak meminang Recaro, sebaiknya harus tahu lebih dulu perihal sejarah jok tersebut ya. Biar dikira lebih paham dengan jok yang satu ini, langsung saja deh berseluncur di internet dan media sosial untuk melihat modelnya.

Nah, itu tadi sejarah tentang Recaro dan bagaimana caranya mengetahui produk aslinya atau palsu. Tetap hati-hati ya kalau mau beli jok Recaro. Jangan mudah tergiur harga miring di pasaran.

Satu lagi yang perlu diingatkan, Recaro itu "racun", hehehe...

 

SAMPAIKAN KOMENTAR