Cara Kerja Rem ABS

Cara Kerja Rem ABS

24Apr
INTERSPORT.ID ON 24 April 2018
INTERSPORT.ID ON 24 Apr 2018

Setiap mobil saat ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan unggulan. Salah satu fitur yang menjadi standar keselamatan pada sebuah mobil adalah Anti Lock Braking System atau lebih kita kenal dengan nama ABS.

ABS pertama kali diperkenalkan oleh french automobile & Aircraft Pioneer yang digawangi sijenius Gabriel Voisin untuk menahan laju pesawat ketika landing (1929). Tidak secanggih sekarang tentunya sebab sistem kerja masih sangat sederhana. Kemudian dikembangkan kembali oleh Dunlop’s Maxaret System pada tahun 1950an masih untuk pesawat. Nah untuk mobil sendiri pertama kali digunakan pada tahun 1960 pada mobil balap Ferguson P99 yaitu Jensen FF dan juga sebuah mobil experimen All Wheel Drive Ford Zodiac.

Rem ABS sangat membantu saat melakukan pengereman mendadak, di kecepatan tinggi atau saat hujan yang membuat jalan licin. Tentunya akan kesulitan dalam melakukan pengereman mendadak dalam kondisi tersebut sehingga membuat roda menjadi terkunci dan mobil susah untuk dikendalikan. Sistem anti-lock braking inilah, yang akan membantu dalam melakukan pengereman mendadak, dan membantu anda dalam mengendalikan mobil jika anda mengerem mendadak.

Jika mobil belum dilengkapi dengan sistem ABS, maka kempat roda akan terkunci. Hal ini mengakibatkan mobil tetap meluncur dan susah dikendalikan. Teknologi ini menghindari penguncian terhadap kempat roda, dengan roda yang tidak terkunci, mobil lebih mudah dikendalikan. Selain itu, semua bagian ban mobil akan melakukan pengereman, yang dapat menghidari ban panas. Semua ini akan membuat jarak pengereman menjadi lebih pendek dan daya cengkram ban masih anda dapatkan.

Lalu bagaimana cara kerja rem ABS? Sistem ini memiliki empat komponen utama yang saling terkait, satu sama lain dan memiliki fungsi yang berbeda beda. kompenen tersebut antara lain:

  1. Sensor Kecepatan

Sensor ini berfungsi untuk membaca kecepatan putaran roda, terdapat di setiap roda atapun di diferensial (tergantung dari pabrik).

  1. Katup Pengereman

Di setiap jalur minyak rem terdapat katup, dan katup ini dikendalikan oleh komputer / kontroler ABS. Secara umum, katup rem memiliki tiga posisi yang berbeda.

  • Katup Posisi Satu: Dalam posisi ini, katup dalam posisi terbuka penuh, sehingga tekanan minyak rem secara penuh, langsung diteruskan ke rem.
  • Katup Posisi Dua: Dalam posisi ini, katup akan menghalangi tekanan minyak rem, sehingga tekanan tidak akan diteruskan ke rem walaupun pengemudi menekan rem.
  • Katup Posisi Tiga: Dalam posisi ini, katup akan menghalangi sebagian dari tekanan minyak rem, sehingga tekanan hanya setengah yang diteruskan ke rem, walaupun pengemudi menekan rem secara penuh.
  1. Pompa

Fungsi dari pompa ini adalah mengembalikan tekanan pada jalur pengereman yang dilepaskan oleh katup ke rem.

  1. Controler

Fungsi dari alat ini adalah otak yang mengendalikan katup dan mengolah data dari sensor kecepatan.

Cara Kerja Rem ABS Mobil

Sensor kecepatan akan membaca kecepatan mobil setiap saat, dan menyampaikan data kecepatan tersebut ke pada kontroler. Untuk mobil berhenti secara normal di kecepatan 100 km/jam, akan diperlukan waktu selama 5 detik. Tentunya pada saat anda melakukan pengereman normal, tidak akan terjadi penguncian roda kendaraan. Lain ceritanya jika anda melakukan pengereman mendadak, maka roda akan terkunci. Waktu yang diperlukan untuk roda terkunci kurang lebih 1 detik.

Karena Controler telah di program, untuk dapat menghentikan kendaraan secara maksimal. Sebelum roda terkunci, controler akan mendapatkan data dari sensor kecepatan dan akan memerintahkan katup menghalangi tekanan. Caranya dengan mengambil katup posisi dua atau katup posisi 3, sesuai perintah dari kontroler. Setelah putaran roda terdeteksi oleh sensor kecepatan, controler akan memerintahkan katup untuk mengambil posisi satu, yang membuat tekanan minyak rem kembali dan diteruskan ke rem. Cara kerja rem ABS diatas terjadi sangat cepat, rata-rata sistem ABS pada mobil sekarang, mampu melakukan 15 kali proses tersebut dalam 1 detik.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN