Bukan Sekadar Modifikasi Bikin Ban Jadi Miring, Ini Loh Fungsi Camber, Caster, dan Toe
25
Dec
0 Comment Share Likes 727 View

Bagi orang awam banyak yang bertanya dan komentar, "Itu rodanya kok miring begitu? Modifikasi atau memang rusak?"

Perlu diketahui, hal ini disebut dengan Front Wheel Alignment (FWA). FWA ini yang kemudian memunculkan istilah Camber, Caster hingga Toe. Dengan kata lain, istilah-istilah tersebut menjadi patokan dalam mengatur sudut FWA mobil.

FWA merupakan sudut geometri roda yang mengatur posisi orientasi roda yang tidak pada sudut lurusnya. Modifikasi ini biasa dilakukan untuk mengoptimalkan handling kendaraan.

Jadi, bisa dipahami, ya kalau ban mobil miring itu bukan berarti rusak, tapi salah satu bentuk FWA. Nah, berikut ini penjelasan singkat apa itu Camber, Caster, dan Toe.

Camber

Camber adalah sudut kemiringan roda secara vertikal jika dilihat dari depan maupun belakang. Camber pun ada dua jenisnya, yakni Camber Positif dan Camber Negatif.

Untuk Camber Positif, sederhananya adalah sisi roda bagian atas akan tampak lebih keluar dibandingkan yang bawah. Efek dari Camber Positif ini adalah kendaraan akan lebih mudah dikendalikan karena masing-masing roda akan saling mendorong ke arah luar. Untuk membelokan roda kemudi pun tidak perlu tenaga yang besar.

Sedangkan Camber Negatif merupakan kebalikan dari Camber Positif. Posisi sisi roda bagian bawah akan lebih keluar dibanding sisi roda atasnya. Efek yang diberikan pun berbeda. Dengan modifikasi Camber Negatif ini, radius putar akan lebih kecil atau putaran lebih tajam. Hal tersebut dikarenakan permukaan roda yang menyentuh tanah saat belok telah diminimalisir.

Dari kedua jenis Camber ini, Camber Negatif lebih sering digunakan karena dinilai mampu meningkatkan stabilitas juga.

Caster

Caster adalah sudut kemiringan sumbu putar kemudi terhadap garis tengah roda secara vertikal jika dilihat dari samping kendaraan. Layaknya Camber, Caster juga ada jenis-jenisnya; Caster Negatif dan Caster Positif.

Caster Negatif memiliki sumbu vertikal yang kemiringannya ke arah sumbu negatif atau membentuk sudut tumpul terhadap posisi kendaraan. Caster Negatif dinilai kurang baik untuk stabilitas karena setir akan sulit dikendalikan.

Lain halnya Caster Positif, yakni memiliki sumbu vertikal yang miring ke arah sumbu positif atau membentuk sudut lancip terhadap posisi kendaraan. Dengan begitu, centering steer akan terpengaruhi atau memungkinkan setir bisa balik ke posisi tengah dengan sendirinya.

Toe

Toe adalah sudut kemiringan roda apabila dilihat dari atas kendaraan. Secara sederhana, kemiringan roda dari atas tidak terletak 0 derajat secara lurus.

Toe juga dibagi menjadi dua jenis, yakni Toe Out dan Toe In.

Untuk Toe Out, roda bagian depan lebih keluar dibandingkan roda bagian belakang. Toe In berarti sebaliknya, roda bagian belakang lebih keluar dibandingkan roda bagian depan.

SAMPAIKAN KOMENTAR