Bukan Cuma Manusia, Perjalanan Jauh Pas Mudik Juga Bisa Bikin Mobil Jadi ‘Capek’

Bukan Cuma Manusia, Perjalanan Jauh Pas Mudik Juga Bisa Bikin Mobil Jadi ‘Capek’

01Jul
INTERSPORT.ID ON 01 July 2017
INTERSPORT.ID ON 01 Jul 2017

Sebelum mudik, hampir setiap pemilik mobil berinisiatif untuk mengecek kondisi kendaraannya supaya siap digunakan ke kampung halaman. Sayangnya setelah dipakai mudik, mobil suka dibiarkan begitu aja. Padahal setelah menempuh perjalanan jauh, mobil juga bisa “capek” sehingga lo harus mengecek beberapa bagiannya berikut ini.

  1. Oli Mesin

Meski mobil menempuh perjalanan nggak sampai ribuan kilometer, lo tetap harus ngecek kondisi oli mesinnya. Soalnya mesin mobil yang dipacu di kondisi ekstrem misalnya jalanan menanjak atau macet, bisa memengaruhi kondisi oli.

  1. Rem

Selain oli, cek juga kondisi rem apakah masih pakem dan kanvasnya masih OK. Soalnya, fungsi rem kan emang penting banget buat keselamatan berkendara.

  1. Ban & Kaki-kaki

Buat mastiin kondisi ban nggak botak atau rusak, jangan lupa cek bagian yang satu ini juga, ya. Terus kalau perlu, lo juga bisa melakukan spooring buat kaki-kaki terutama kalau pas mudik kemarin mobil lo sering dipakai ngelewatin jalanan yang rusak.

  1. Kopling

Sama kayak rem, lo juga harus ngecek kopling setelah mobil dipakai mudik. Hal ini buat mastiin kalau fungsinya masih bagus dan kanvasnya belum tipis.

Setelah baca info di atas, jangan lupa buat mempraktekannya abis lo mudik nanti, ya!

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN