Buat Mobil Dinas Presiden, BMW Tawarkan 7 Series
15
Jun
2019
0 Comment Share Likes 401 View

Menjelang periode baru kepemimpinan Presiden RI, yaitu periode 2019-2024, dunia otomotif juga diramaikan dengan perebutan tender untuk mobil dinas Presiden RI di periode yang akan datang. Seperti yang diketahui, saat ini jenis kendaraan yang masih dipakai Presiden Joko Widodo adalah Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Mobil ini bergerak dengan mengandalkan mesin dua belas silinder berkapasitas enam liter, dan meskipun agak berat, monil ini dapat dipacu hingga lebih dari 200 km/jam dalam kondisi normal. Mobil dinas Presiden yang satu ini tentu memiliki beberapa fitur pelengkap yang berbeda dengan model regulernya, seperti peranti keamanan baja tahan peluru yang melapisi mobil, serta bahan peledak ringan.

Tak mau kalah dengan sang kompetitor, BMW Group Indonesia juga mengikuti tender mobil kepresidenan periode 2019-2024. Perusahaan mobil kenamaan ini menawarkan mobil sedan 7 series yang diklaim memiliki fitur-fitur yang kurang lebih sama dengan mobil Mercedes Benz S600 Pullman Guard yang dipakai oleh Presiden saat ini. Beberapa tahun sebelumnya, BMW juga tidak pernah absen mengikuti tender serupa dan bersaing dengan Mercedes-Benz yang sudah langganan menjadi mobil dinas Presiden.

Vice President of Sales BMW Indonesia, Bayu Riyanto sempat menjelaskan bahwa untuk mobil dinas presiden kali ini BMW menawarkan BMW 7 Series model lama, tetapi dengan tipe FO3 atau high security. 7 Series juga merupakan model paling atas dari BMW, jadi setiap ada kesempatan, BMW selalu mengikuti tender tersebut.

Meskipun mobil yang ditawarkan untuk tender tersebut adalah mobil 7 series, spesifikasi mobil untuk Presiden sangatlah berbeda dari model 7 Series reguler, karena ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Mobil untuk Presiden ini dilengkapi dengan beberapa fitur utama untuk keamanan, seperti anti peluru dengan teknologi VR7 dan beberapa fitur rahasia lainnya.

BMW mengklaim bahwa untuk kebutuhan mobil kepresidenan, mobil model 7 Series sangat siap, contohnya saja dengan BMW 760 High Security. Mobil ini memiliki kecepatan maksimal yang bisa dibatasi secara elektronik, yaitu 210 km/jam dan dilengkapi dengan mesin V12 berkapasitas 6,0 liter bertransmisi otomatis delapan percepatan ZF yang menghasilkan tenaga 544 hp pada 5.250 rpm. Torsi puncaknya mencapai 750 Nm pada 1.500 rpm. Dengan mesin ini, BMW 760 High Security bisa melaju hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu 6,2 detik. Permukaan kaca juga diberi lapisan polikarbonat dengan ketebalan 6 cm. Selain itu, bodi mobil juga tak lupa diberi lapisan baja khusus agar penghuni kabin tetap aman.

  

SAMPAIKAN KOMENTAR