BMW E36, Mobil Paling Pas Untuk Drifting
08
May
0 Comment Share Likes 672 View

BMW memang sebuah mobil yang sudah memiliki aura sporty sejak mobil ini ditawarkan ke pasaran. Selain memang mobil ini driver oriented, BMW memang bisa menyalurkan adrenalin sang pemiliknya lantaran sangat mumpuni untuk diajak ngebut.

Tapi sebenarnya kemampuan dari BMW itu tidak hanya sangat mampu untuk diajak ngebut. Tapi sebuah BMW sudah mampu untuk diajak menari diatas aspal alias drifting. Di Indonesia banyak para car enthusiast yang tertarik pada dunia drifting dan belajar drifting menggunakan BMW.

Banyak jenis dari BMW yang digunakan untuk drifting. Tapi mayoritas para drifter yang ada di Indonesia menggunakan BMW e36. Para drifter profesional pun menyarankan untuk menggunakan BMW e36 untuk belajar drifting.

Salah satu ajang edukasi drifting yang baru saja digelar adalah Intersport Drift Academy 2019. Disana para akademia belajar drifting menggunakan BMW e36. Pihak penyelenggara menyediakan empat buah BMW e36 sebagai sarana untuk para akademia belajar drifting.

Ada beberapa alasan yang memperkuat kenapa BMW e36 begitu mumpuni untuk belajar drifting. Sebenarnya ada banyak sekali alasan selain memiliki body yang enak dipandang, mobil ini juga memiliki tenaga yang cukup besar.

Nah bicara soal harga, harga second dari BMW e36 masih sangat terjangkau. Terlebih pilihannya pun cukup banyak di pasaran. Kita pun bisa memilih BMW e36 yang sesuai dengan kemampuan kita.

Di Indonesia BMW e36 ditawarkan dalam beberapa pilihan varian yaitu BMW 318i, 320i, dan 323i. Masing masing pilihan varian tersebut memiliki tenaga yang berbeda beda. Namun sejatinya semua tenaga mesin yang ditawarkan cukup mumpuni untuk digunakan belajar drifting.

Nah bicara soal mesin ada berbagai pilihan mesin yang ditawarkan oleh BMW e36. Untuk varian BMW 318i E36 standarnya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 115 ps atau sekitar 113,5 hp pada putaran mesin 5.500 rpm serta torsi sebesar 168 nm di kitiran mesin 3.900 rpm via mesin M43B18-nya. Dengan menggunakan mesin ini sebenarnya kita sudah bisa melakukan drifting. Hanya saja kita akan kerepotan karena harus terus mengontrol tenaga yang dikeluarkan karena memang sangat pas pasan.

Nah untuk varian 320i sudah menggunakan mesin enam silinder berkapasitas 2000 cc. Mesin ini menggunakan kode M50B20 dimana memiliki tenaga sebesar 148 hp pada putaran 5900 rpm.  Sedangkan torsi yang dihasilkan oleh mesin ini adalah sebesar 190 Nm pada putaran 4700 rpm. Nah untuk varian ini sudah pas untuk digunakan drifting bahkan dengan menggunakan spesifikasi ini, kita sudah bisa masuk kedalam kelas Max2000.

Nah sedangkan untuk varian 323i adalah tipe BMW seri 3 yang menggunakan mesin 2500 cc dengan kode mesin M52B25. Bisa dibilang varian ini adalah varian terkencang dari BMW e36. Diluar varian M series ya.

BMW e36 323i ini memiliki tenaga 168,5 hp pada putaran mesin 5.500 rpm, serta torsi 245 nm pada kitiran mesin 3.950 rpm. Tenaga tersebut sudah ada dalam kondisi standar dan belum mendapatkan tuning khusus. Jadi bisa dibilang, tenaga yang dimiliki cukup besar.

Tapi selain memiliki tenaga yang cukup mumpuni, keunggulan dari BMW e36 untuk drifting tidak hanya sampai disitu saja. Seperti yang kita ketahui bersama, jika kita mengikuti drifting, kita membutuhkan angle steer yang cukup besar. Salah satu alasannya adalah agar tidak mudah melintir saat melakukan drifting.

Nah salah satu keunggulan BMW e36 adalah kita tidak perlu repot memodifikasi angle steer supaya bisa drifting dengan mudah. Karena radius belok standarnya sudah cukup banyak. Jadi untuk para pemula tidak perlu memodifikasinya. Tapi kalaupun kita ingin merubahnya, kita hanya perlu melakukan sedikit sekali modifikasi.

Selain itu, keunggulan dari BMW e36 adalah mobil ini cukup bersahabat jika kita ingin memodifikasi lebih ekstrim lagi seperti mengganti mesin. Ya, hingga saat ini banyak orang yang memodifikasi BMW e36 dengan mesin lain. Dan semuanya bisa masuk kedalam engine bay dari BMW e36 tersebut. Hingga saat ini banyak para drifter yang menggunakan mesin 1JZ, 2JZ GTE, RB25, RB26, 1UZ-fe, 2UZ-FE, 3UZ0-FE bahkan mesin dengan kode LS. Selain itu jika kita ingin memasukkan mesin milik varian M series pun bisa masuk dengan mudahnya.

Selain mampu dimasukkan dengan mesin lain, ketersediaan part penunjang seperti kaki kaki mobil ini pun masih cukup banyak. Jadi para pemain juga enggak usah khawatir kesulitan untuk mencari parts bila terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan.

Selain itu, bicara soal desain dari BMW e36, mobil ini sudah cantik dari lahirnya. Kita tidak perlu melakukan modifikasi pada bagian body mobil ini lantaran memang sudah memiliki desain yang bagus.

Namun ketika kita ingin serius mendalami drifting dengan menggunakan BMW e36 ini untuk drifting, sebaiknya kita harus las gardan dulu. Agar semua putaran roda nya sama dan akan membuat kita semakin mudah melakukan drifting.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR