Black Box Dipasang di Mobil, Momok Buat Tukang Ngebut
06
Dec
0 Comment Share Likes 142 View

Seperti yang kita tahu, black box atau secara harfiah adalah kotak hitam, umumnya digunakan pada pesawat terbang sebagai alat perekam penerbangan. Namun kini dikabarkan, seluruh mobil baru di Eropa akan disematkan black box sesuai regulasi yang baru diterbitkan.

Secara umum, peraturan di Eropa mengatakan bahwa setiap mobil berpenumpang dan van buatan Eropa wajib memiliki black box. Komponen ini digunakan untuk merekam kecepatan setelah dan sebelum kecelakaan.

Spesifikasi black box sendiri disebutkan tidak akan bisa dimatikan oleh pengemudi atau hal apapun di sekitarnya semisal kecelakaan. Jadi jangan harap semua percakapan sekecil apapun dari dalam mobil akan luput.

Hasil rekam ini berguna untuk kebutuhan investigasi pihak berwajib ketika terjadi kecelakaan dan klaim asuransi. Lebih dari itu, jika data black box justru menunjukan mobil melaju di atas rata-rata kecepatan, maka sang pengemudi bisa langsung ditindak. Bukan rahasia lagi, untuk yang suka kebut-kebutan, fitur ini adalah mimpi buruk.

Dikutip dari express.co.uk, Norbert Hofer selaku Menteri Transportasi, Infrastruktur, dan Teknologi Austria mengatakan bahwa sudah kewajiban bersama untuk menciptakan jalanan yang aman untuk semua orang.

"Ini adalah peraturan baru yang menunjukan sebuah pengembangan teknis yang mampu menjaga dan menyelamatkan kehidupan." tuturnya.

Tapi bagaimana dengan di Indonesia? Wacana ini sama sekali belum terdengar. Konsumen lebih suka bahas fitur hiburan dalam mobil ketimbang alat perekam begini.

SAMPAIKAN KOMENTAR