Beware, Baby in Drive!

Beware, Baby in Drive!

16May
INTERSPORT.ID ON 16 May 2018
INTERSPORT.ID ON 16 May 2018

Membawa bayi untuk berkendara dengan mobil memang sudah menjadi hal yang biasa bagi keluarga yang memiliki anak kecil atau bayi. Namun, sebenarnya, kursi yang ada di mobil bukanlah kursi yang cocok untuk ukuran anak kecil. Kursi mobil dirancang untuk badan orang dewasa dan menyesuaikan kenyamanan badan orang dewasa termasuk pada faktor keamanannya.

Karena kursi mobil memang dirancang khusus untuk orang dewasa, maka untuk kenyamanan dan keselamatan bayi maupun anak kecil di mobil, sebaiknya pada mobil ditambahkan dengan kursi khusus bayi atau biasa disebut dengan baby car seat. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih baby car seat.

Dimensi yang Pas

Jangan pernah asal membeli karena suka dengan bentuk atau warnanya. Buah hati tercinta harus mendapatkan kursi dengan dimensi yang cocok dan sesuai dengan badannya. Coba perhatikan apakah bayi anda berpostur tinggi ramping atau lebar menggemaskan. Pastikan bayi mendapatkan kursi yang nyaman, bukan masalah bahan saja tetapi juga ukurannya memang pas.

Baby car seat memiliki dua tipe yaitu infant car seat dan convertible car seat. Infant car seat biasanya digunakan untuk anak yang masih bayi dengan berar dibawah 10 kilogram. Convertible car seat memiliki ukuran yang lebih besar dan berat.

Beware, Baby in Drive

Image source: http://www.warehousemold.com/

Keuntungan dari infant car seat adalah car seat ini bisa dipindahkan bersamaan dengan bayinya ke stroller. Sehingga ketika bayi masih terlelap tidur, bayi tak perlu diangkat dari car seat untuk dipindahkan ke stroller. Memindahkannya bisa dengan mengangkat sekaligus car seat dengan bayinya. Sayangnya, ukurannya yang kecil membuat ketika anak sudah cukup besar, maka harus menggantinya dengan convertible car seat.

Sebenarnya convertible car seat juga cukup untuk bayi baru lahir. Namun, lebih direkomendasikan untuk menggunakan infant car seat jika bayi masih kecil karena ukuran dan kenyamanannya bagi bayi tersebut.

Jangan membeli kursi yang terlalu kecil dan menyebabkan kepala atau kaki bayi menggantung dan keluar dari kursi. Jika memang tidak yakin, coba dahulu sebelum membelinya dengan meletakkan bayi di baby car seat yang ingin dibeli. Jangan pernah malu untuk benar-benar mencoba kursinya di toko. Ini juga demi kenyamanan dan keselamatan bayi.

Beware, Baby in Drive

Image source: https://mothersinsights.com/

Pengaman Pun Harus Nyaman

Kursi mobil untuk bayi memang didesain khusus untuk meredam getaran yang terjadi ketika mobil berjalan. Kursi tersebut juga dilengkapi dengan beragam pengaman. Setiap produsen akan memberikan bentuk pengaman yang berbeda-beda. Ada yang didesain dengan pengaman semacam baju sehingga bayi yang aktif tidak akan terjatuh karena banyak bergerak, ada yang hanya memberikan tali pengaman seperti sabuk pengaman pada orang dewasa dengan harapan bayi dapat bebas bergerak sampai batasan tertentu. Ada juga yang memberikan tali pengaman ekstra sehingga dapat diatur sendiri. Pada dasarnya fitur pengamanan ini berpengaruh juga pada kenyamanan bayi saat di dalam mobil sehingga pastikan model pengaman pada baby car seat nyaman bagi bayi.

Fitur Tambahan Lain

Beware, Baby in Drive

Image source: http://belaya.org/

Banyak produsen sekarang menambahkan fitur ekstra untuk baby car seat. Ada produsen yang memberikan kemudahan dengan membuat car seat yang bisa dipindahkan ke stroller atau melengkapi baby car seat dengan anti rebound bar yang membatasi gerakan bayi jika terjadi kecelakaan. Selan itu, ada juga yang menyediakan perlindungan benturan samping kepala bayi berupa busa tambahan atau bantalan udara. Pastikan juga ada fitur size adjustment yang membuat baby car seat anda lebih awet.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN