Bersihkan Jok Mobil Berbahan Fabric Mudah Kok
04
Nov
2019
0 Comment Share Likes 356 View

Dalam perawatan mobil, tidak selalu tentang komponen mesinnya saja. Sisi interior pada mobil pun juga perlu diperhatikan. Jok mobil merupakan salah satu bagian dari interior mobil yang harus diperhatikan kondisinya. Jika jok mobil dibiarkan kotor dalam waktu lama, maka interior mobil jadi terlihat kusam dan kotorannya akan semakin susah dibersihkan, khususnya jok mobil berbahan kain.

Selain itu, jika kamu sering berada di dalam mobil tersebut, jok yang kotor tentu dapat mempengaruhi ketenangan dan kesehatan pikiran kamu. Oleh karena itu, sangat penting membersihkan jok mobil secara teratur, khususnya jika jok mobilnya kotor.

Jok mobil merupakan bagian penting dalam interior mobil karena bisa memperlihatkan karakter orang yang memiliki mobil tersebut. Selain itu, jok mobil juga bisa menjadi penilaian penting dalam memilih mobil sesuai kebutuhan.

Cara Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kain

Bahan yang digunakan pada jok mobil bermacam-macam jenisnya. Salah satunya adalah jok mobil berbahan kain. Untuk jok mobil berbahan kain, memang lebih sulit dibersihkan dibandingkan dengan bahan lainnya, termasuk bahan kulit. Namun, bukan berarti jok berbahan kain tidak bisa dibersihkan. Tidak harus ke salon mobil, kamu juga bisa membersihkannya sendiri di rumah. Ini ada beberapa cara untuk membersihkan jok mobil berbahan kain sebagai berikut.

Siapkan Perlengkapan untuk Membersihkan
Kebanyakan orang pasti suka membawa makanan dan minuman sambil berkendara dengan mobil. Khususnya dalam perjalanan jarak jauh. Jok mobil dinilai rentan pada noda dari kopi, kuah makanan, ataupun cairan lainnya.

Jika kamu ingin membersihkan jok mobil sendiri, maka harus mempersiapkan beberapa perlengkapan, khususnya jika jok mobilnya berbahan kain. kamu membutuhkan vacum cleaner, cairan pembersih, dan sikat.

Untuk sikat, sebaiknya menggunakan sikat gigi bayi. Hal ini dikarenakan sikat gigi bayi memiliki permukaan sikat yang lembut dan tidak akan merusak struktur jok mobil kamu.

Membersihkan dengan Vacum Cleaner

Sebelum mulai membersihkan jok mobil, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan jok dengan vacum cleaner. Hal ini dilakukan agar debu-debu dan partikel-partikel kotoran lainnya dapat terangkat terlebih dahulu. Selain itu, tahap ini harus pertama kali dilakukan agar debu ataupun partikel kotorannya tidak semakin menempel saat jok mobil sudah diberikan cairan pembersih.

Menggunakan Cairan Pembersih dan Sikat

Cairan yang bisa digunakan untuk membersihkan jok mobil ada beberapa jenis, mulai dari cairan pembersih khusus hingga deterjen. Jika tidak mendapatkan cairan pembersih khusus, Kamu bisa mencampurkan deterjen dengan air untuk membersihkannya.



Jika sudah memiliki cairan pembersih, Kamu bisa mengoleskan atau menyemprot cairan ke jok mobil yang kotor. Setelah itu, gosoklah secara perlahan dan usahakan menggosoknya secara searah dan perlahan, sehingga struktur kain jok mobilnya tidak akan rusak.

Lakukan Secara Berulang

Hal yang perlu diingat saat membersihkan kotoran pada jok mobil berbahan kain adalah Kamu harus melakukannya secara berulang. Menghilangkan kotoran pada jok berbahan kain memang tidaklah mudah. Oleh karena itu, Kamu harus melakukannya secara berulang. Dengan begitu, kotorannya bisa hilang secara total.

 
 

SAMPAIKAN KOMENTAR